Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Kimia => Topik dimulai oleh: bonghew pada Maret 28, 2010, 06:21:22 AM

Judul: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: bonghew pada Maret 28, 2010, 06:21:22 AM
Salam kenal tuk momod dan all sains member. Saya posting diforum ini bukan untuk berjualan tapi untuk saling berbagi pengetahuan tentang parfum. Saya bukanlah seorang ahli kimia, tapi saya berkeinginan untuk belajar dan background saya adalah IT beginner. Kedepannya seandainya saya mempunyai modal, saya akan membuka toko parfum sendiri berbekal sumbangsih pengetahuan yg saya dapatkan diforum ini.
Ok saya mulai..


Siapa tak menyukai Parfum? Hampir semua orang menyemprotkan keharumannya sebagai penunjang aktivitas. Daya tarik parfum membuat orang-orang rela merogoh ratusan ribu rupiah untuk mendapatkan parfum-parfum bermerek dengan keharumannya yang memikat.

Sudah bukan rahasia kalau Eropa adalah benua yang populer dengan racikan parfumnya. Ratusan parfum hasil racikan negara-negara Eropa pun seringkali menjadi incaran karena menawarkan kualitas parfum yang berkelas.
bibit-bibit parfum tersebut berasal dari ekstraksi berbagi jenis tumbuhan, bunga, buah-buahan juga rempah-rempah. Bibit-bibit tersebut dicampurkan agar bisa mendekati wangi asli dari parfum yang diinginkan. Tapi tak semua orang mampu membeli parfum-parfum original yang harganya ratusan ribu rupiah. Maka sebagian besar masyarakat banyak yang memilih membeli parfum di tempat-tempat isi ulang parfum yang kini tersebar di berbagi penjuru kota Bandung termasuk pusat-pusat perbelanjaan.Meski secara kualitas tidak sama dengan parfum original tapi tastenya mendekati parfum original bahkan mungkin saja menyamai. sumber :: detik bandung.

hati-hati sebelum membeli parfum. mungkin ini bisa menjadi sedikit pegangan untuk anda..
parfum original
sebenarnya tidak hanya merupakan campuran bibit parfum dan alkohol saja, melainkan menggunakan cairan pengawet, dan minyak nilam..
setelah parfum tersebut dicampur, parfum harus diendapkan di lemari pendingin selama kurang lebih 3 BULAN..
proses yang cukup lama ini pula yang membuat parfum memiliki harga yang tinggi..^^
(tau nggak siiih??? sebenernya dalam parfum original, kandungan bibit cuma 20%, dan diperkuat oleh minyak nilam.)

parfum kw2 (yang diseller lain disebut kw1)
parfum ini merupakan produksi lokal, botol dan dus dibuat seperti asli, begitu pula dengan aromanya. campuran parfum ini menggunakan bibit parfum dan metanol, bukan alkohol. hal inilah yang menyebabkan aroma parfum ini mudah hilang, karena metanol lebih cepat menguap daripada alkohol.

parfum kw1 (ada seller yang menyebutnya kw super)
parfum ini menggunakan campuran alkohol dan bibit sebagai bahannya, dengan takaran yang telah diatur sedemikian rupa, parfum ini mampu bertahan hingga 6 jam atau bahkan lebih.

parfum kw SS
parfum ini menggunakan campuran alhokol dan bibit, tetapi dengan perbandingan bibit yang lebih tinggi. parfum ini dapet bertahan hingga 12 jam bahkan lebih, tergantung akitifitas anda..

parfum kw super
masih sama seperti parfum kw I dan kw SS, hanya saja parfum ini menggunkan campuran bibit yang sangat dominan, sehingga ketahanannya pun sama seperti original.

ada beberapa parfum yang memang dapat dijual lebih murah,
akan tetapi tidak murni merupakan campuran bibit parfum dan alkohol.
melainkan dapat ditambah bahan2 lain seperti solvior yang sebenarnya digunakan untuk campuran parfum roll on, dan dapat membuat bau sedikit berbeda,
atau dengan solfitine dan aqua denate yang dapat membuat noda di pakaian.
bahan2 tersebut bila dicampurkan dalam parfum, akan menimbulkan rasa panas di kulit, apabila terkena sinar matahari.
dan menyebabkan noda ketika kering di pakaian..
semoga informasi ini cukup membantu anda..
jangan lupa, simpan parfum anda di tempat dingin (lemari es), dan jauhkan dari matahari supaya aromanya tetap awet!
Sumber ::: COPAS (maaf saya lupa save linknya)

So, sebenarnya bibit parfum-parfum sekarang yg beredar penjuru kota besar berasal dari eropa, hanya kualitasnya berubah berdasarkan hasil kreasi racikan pedagang parfum.

Kutip
"Meracik parfum itu seperti meracik masakan. Jika tidak diramu dengan baik maka tidak akan jadi," demikian pendapat dari Indra (40) pemilik In Parfume yang meracik setiap bibit parfumnya sendiri

Indra mengaku, masalah komposisi menjadi salah satu yang harus diperhatikan meskipun dalam akhirnya Indra pun bisa menyelesaikan setiap racikannya. Waktu yang dibutuhkan untuk meracik bibit bisa dikatakan relatif. Bisa hanya beberapa menit sampai beberapa jam.

Kutip
"Lagipula secara kualitas mendekati. Dalam 2-3 hari saja wanginya masih melekat walaupun pakaian sudah dicuci. Wanginya mengalahkan detergen," pengakuan Weni (25) karyawan sebuah Bank di Bandung (pelanggan In Parfum).

sumber :: http://bandung.detik.com/read/2008/10/31/090751/1028893/486/tv/

 http://bandung.detik.com/read/2008/10/31/145025/1029173/486/tv/
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: bonghew pada Maret 28, 2010, 06:54:36 AM
ok sekarang, kita beranjak dalam pembahasan formula parfum.
setelah ngubek2 om gugel. saya mendapatkan bahan-bahan untuk meracik parfum.

1. Alcohol 96% deodorized  :: alcohol yang sudah dihilangkan baunya sehingga parfum yg di racik lebih tajam tanpa ada bau sampingan dari alcohol.

2. Aguadest ::  air hasil destilasi  

3. MPG/Mono Propylene Glycol :: pelembab, karena apabila kita hanya memakai pelarut parfum, kulit bisa menjadi kering.

4. fixolite  :: solubilizer pada  campuran air, minyak & alcohol, fungsinya agar mendapatkan hasil yg bening.

5. pearl fix  :: untuk memperpanjang daya long lasting dari parfum, sehingga baunya bisa tahan lama, untuk semua bahan baku, belilah yang .
COSMETIC/PHARMACEUTICAL GRADE, sehingga aman untuk kulit.

6. Vitri ini pengawet bau yg paling baik tapi ... biasanya parfum refill pada umumnya memakai FISATIVE seperti gliserin atau Propilin glikol.

untuk komposisinya tidak dicantumkan di websitenya.
ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan pada rekan2 dsini.

1. apakah "Alcohol 96% deodorized" ini sama dengan "alcohol absolut" ?  sebenarnya ada berapa macam jenis alcohol ??

2. dari pengawet parfum yg disebtukan diatas, bagaimana perbedaannya menurut pengalaman rekan2 dsini ??  sebenarnya pengawet wangi parfum ada berapa macam, ?? dan manakah yg lebih murah dan lebih baik mutunya serta tidak menimbulkan efeksamping??

saya cuba cari info mengenai takaran racikan parfum tapi saya tidak menemukannya. Mungkin rekan2 dsini bisa memberikan solusi formula yang tepat dan takaran yang ideal. mohon pencerahnnya.
   
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: bonghew pada Maret 29, 2010, 12:14:09 AM
Hukum alkohol pada parfum     

1. Bagaimanakah hukumnya memakai Parfum yang beralkohol, apakah boleh digunakan untuk sholat juga?
2. Bagaimana pula dengan tissu yang beralkohol? biasanya kalau beli air galon kan suka disertai tissu untuk membersihkan pangkal galonnya Ustadz, alasannya agar bakteri-bakterinya bisa mati. dan kalo kita gunakan pasti terminum?

JAWABAN:

Terdapat perbedaan di antara ulama tentang hukum parfum dan banda yang mengandung bahan alcohol

1. Pendapat pertama menyatakan, bahwa alcohol adalah najis, sehingga setiap benda yang mengadung alcohol adalah najis

2. Pendapat Kedua menyatakan, bahwa alcohol adalah bukan najis jika terbuat dari bahan yang bukan najis. Oleh karena itu, penggunaan benda yang mengandung alcohol bukanlah najis.

3.Kenajisan suatu benda termasuk di dalamnya alkohol dipengaruhi oleh bahan dasar pembuatannya. Jika bahan pembuatannya menggunakan bahan yang najis, maka alkohol tersebut pun najis, namun jika bahan pembuatannya dari bahan yang tidak najis, maka alkohol itu pun suci dan tidak najis

4.Dr. Ahmad Asy-Syarbasyi dalam kitabnya, Yas'alunaka, jilid 2 halaman 30 sebagai berikut mengutip dari lajnah fatwa Al-Azhar Mesir. Lengkapnya demikian: "Lajnah Fatwa AL-Azhar telah ditanya dengan masalah ini (hukum kenajisan alkohol). Maka Al-Azhar menjawab bahwa alkohol (spiritus) atas pendapat bukan hanya satu dari para ulama bukan benda najis. Dan atas ketidak-najisannya, maka benda-benda yang dicampur dengan alkohol hukumnya pun tidak najis. Pendapat inilah yang kami pilih karena kekuatan dalilnya serta sebagai penolak kebimbangan atas pendapat yang menajiskannya."

5.Perintah menjauhi khomr pada ayat di atas bukan pada najisnya, meskipun menjauhi najis itu dianjurkan. Namun perintah menjauhi khomr itu lebih kepada karena khomr itu memabukkan. Seperti halnya ganja yang memabukkan, namun memegang daun ganja tidaklah najis, namun tidak boleh dikonsumsi karena memabukkan.

Kesimpulan:
Dari penjelasan di atas, maka dapat diambil jawaban dari dua pertanyaan yang diajukan di atas:

1.Bila mengikuti pendapat pertama, maka menggunakan parfum, tissue untuk botol air isi ulang galon dan benda lain yang mengandung alcohol adalah tidak diperbolehkan karena hal itu adalah najis sehingga mengenai pakaian atau minuman/makanan yang kita gunakan.

2.Bila mengikuti pendapat kedua, maka menggunakan parfum, tissue untuk botol air isi ulang galon dan benda lainnya yang mengandung alkohol dari bahan suci adalah mubah dan diperbolehkan, karena alkohol yang terbuat dari bahan suci adalah suci.Karena di Indonesia, kebanyakan alkohol dibuat dari larutan gula dengan peragian dan penyulingan. Atau dari bahan yang mengandung zat pati (amilum) seperti kentang, jagung dan lainnya. Atau dari bahan yang mengandung selulosa seperti ampas-ampas kayu, atau dari umbi-umbian yang mengandung froktosa dan lignin.

Dan menurut akal dan logika saya, pendapat kedua lebih kuat dan dapat diterima.

sumber :: http://pks-kotatangerang.or.id/index.php?option=com_content&task=view&id=526&Itemid=57


Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: syx pada Maret 30, 2010, 07:02:13 AM
1. apakah "Alcohol 96% deodorized" ini sama dengan "alcohol absolut" ?  sebenarnya ada berapa macam jenis alcohol ??
alkohol absolut adalah alkohol 100% atau anhydrous. biasanya setelah kemasannya dibuka harus segera dipakai dan dihabiskan karena alkohol gini bersifat menyerap air dari atmosfer menjadi komposisi stabil 96%. dengan kata lain kalo alkohol absolut dibiarin dalam kemasan terbuka lama-kelamaan bisa jadi alkohol 96%.
yang umum lagi adalah alkohol 70%. biasanya untuk antiseptik dan desinfektan. ini kadar optimum bisa efektif jadi antiseptik.

Hukum alkohol pada parfum     

1. Bagaimanakah hukumnya memakai Parfum yang beralkohol, apakah boleh digunakan untuk sholat juga?
2. Bagaimana pula dengan tissu yang beralkohol? biasanya kalau beli air galon kan suka disertai tissu untuk membersihkan pangkal galonnya Ustadz, alasannya agar bakteri-bakterinya bisa mati. dan kalo kita gunakan pasti terminum?
alkohol kan sifatnya volatil banget alias sangat mudah menguap. jadi setelah diusapkan jangan harap lama dia bakal nangkring di suatu permukaan. kalo kita olesin alkohol di kulit kita maka kulit kita akan terasa adem karena alkohol mengambil panas tubuh kita untuk menguap. jadi mustinya ga ada alasan kalo alkohol sebagai desinfektan galon air sampe diharamkan... kalo ga percaya periksa aja kadar alkohol dalam air minum yang digituin.
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: nandaz pada Maret 30, 2010, 08:31:59 AM
...dalam jumatan disunankan untuk memakai harum2an, kebanyakan orang make parfum sebagai harum2an tersebut..tetapi disini kelihatannya ada kekeliruan, alkohol parfum dan khamar disamain saja. bila mengonsumsi alkohol dan minuman memabukkan lainnya baru haram, tetapi apa itu termasuk mengonsumsi alkohol sebagai alat berhias?
kalo alkohol haram, cuba pikirkan dahulu bahwa banyak peralatan yang membutuhkan alkohol sebagai bahan baku... bahkan alkohol sering digunakan sebagai antiseptik dan sterilisasi...
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: syx pada Maret 30, 2010, 08:36:28 AM
... sebaiknya diskusi ini jangan diarahkan ke debat terkait agama deh.
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: nandaz pada Maret 30, 2010, 08:38:16 AM
glek, sorry deh..kalo gitu jangan ditanggepin deh posku barusan...next ;D
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: bonghew pada Maret 31, 2010, 01:13:14 AM
@bro syx ::trims atas balasannya. semakin jelas tentang pengenalan terhadap alkohol. :D.

gan, pengawet yg bagus apa ya ?? terus berapa dengan ukuran/takaran antara pengawet dan alkohol dan bibit parfum ??
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: syx pada Maret 31, 2010, 06:00:23 AM
pengawet ini untuk apa ya? pengertian saya tentang pengawet adalah bahan untuk meningkatkan penerimaan produk dengan mencegah perusakan secara mikrobiologis.
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: bonghew pada Maret 31, 2010, 07:47:20 AM
"pengawet adalah bahan untuk meningkatkan penerimaan produk dengan mencegah perusakan secara mikrobiologis"

nah...nah dapat ilmu baru (maklum gak ngerti ilmu kimia)

dalam racikan parfum yang spray. terdapat bahan-bahan kimia yang dapat memperpanjang long lasting parfum.
setelah searching di gugel inilah yang saya dapatkan.
1. Alcohol 96% deodorized  :: alcohol yang sudah dihilangkan baunya sehingga parfum yg di racik lebih tajam tanpa ada bau sampingan dari alcohol.

2. Aguadest ::  air hasil destilasi  

3. MPG/Mono Propylene Glycol :: pelembab, karena apabila kita hanya memakai pelarut parfum, kulit bisa menjadi kering.

4. fixolite  :: solubilizer pada  campuran air, minyak & alcohol, fungsinya agar mendapatkan hasil yg bening.

5. pearl fix  :: untuk memperpanjang daya long lasting dari parfum, sehingga baunya bisa tahan lama, untuk semua bahan baku, belilah yang .
COSMETIC/PHARMACEUTICAL GRADE, sehingga aman untuk kulit.

6. Vitri ini pengawet bau yg paling baik tapi ... biasanya parfum refill pada umumnya memakai FISATIVE seperti gliserin atau Propilin glikol.

gan, menurut bahan2 kimia diatas manakah yg pilihan terbaik untuk meracik parfum refill.
contoh :: hasil penelusuran saya ke toko2 parfum refill. dalam botol spray isi 100ml, rata-rata memakai perbandingan 50:50 , 50 bibit parfum dan 50 alkohol.
ada yang 40:60 atau 60:40.  saya sedang mencari2 komposisi yang ideal dalam meracik parfum. mungkin agan pernah ada pengalaman dalam bahan2 yg saya sebutkan diatas, atau adakah bahan lain yg lebih bagus ??

maaf gan terlalu banyak tanya. butuh pencerahan nie. :D
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: nandaz pada Maret 31, 2010, 11:39:55 AM

4. fixolite  :: solubilizer pada  campuran air, minyak & alcohol, fungsinya agar mendapatkan hasil yg bening.

5. pearl fix  :: untuk memperpanjang daya long lasting dari parfum, sehingga baunya bisa tahan lama, untuk semua bahan baku, belilah yang .
COSMETIC/PHARMACEUTICAL GRADE, sehingga aman untuk kulit.

6. Vitri ini pengawet bau yg paling baik tapi ... biasanya parfum refill pada umumnya memakai FISATIVE seperti gliserin atau Propilin glikol.



lebih baik hindari bahan racikan yang mengandung senyawa cicin benzen karena bersifat karsinogenik dan juga kalo jika memakai aldehid setidaknya dijaga, karena senyawa itu sangat mudak teroksidasi...Btw baru tau ada nama pengawet yang namanya Vitri?
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: syx pada Maret 31, 2010, 10:24:37 PM
tidak semua senyawa dengan cincin benzena bersifat karsinogenik kan? yang karsinogenik benzena itu sendiri.
vitri mungkin merek dagang... ga pernah denger juga nama bahan seperti itu.
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: nandaz pada Maret 31, 2010, 11:23:19 PM
..lebih mirip nama cewek
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: bonghew pada April 01, 2010, 01:46:51 AM
wahh, nambah  ilmu lagi nih. hihihi...

jadi menurut agan pengawet long lasting parfum, lebih baik menggunakan gliserin atau MPG. githu gan ?? berapa perbandingan yg ideal menurut agan ??

soalnya saya yakin seyakin yakinnya, klu dalam racikan parfum spray, tidak hanya bibit parfum dan alkohol saja tapi ada bahan lainnya.
lanjut gan.....
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: syx pada April 01, 2010, 02:47:41 AM
spray dalam botol spray? itu pake nambah propelan juga untuk mendorong parfumnya keluar plus sistem katup khusus. beda dengan yang sistem syringe ato sistem pompa biasa. propelan ini akan memberikan tekanan yang membawa isi tabung keluar dan didispersikan sebagai titik-titik cairan halus dan rata melalui nozzle.

saya ga punya buku tentang parfum. tapi kalo ga salah feromone bisa ditambahkan ke parfum untuk meningkatkan daya tarik. feromone ini bisa diekstraksi dari tubuh wanita. ada filmnya tentang itu.
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: nandaz pada April 01, 2010, 10:21:16 AM
aerosol propelan bukannya ngga ramah lingkungan...apa lagi nantinya parfumnya pake metil bromida bisa jadi doubel pest bagi lingkungan
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: syx pada April 01, 2010, 10:03:49 PM
tergantung propelannya kan?
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: nandaz pada April 02, 2010, 03:07:29 AM
...aku suka yang ramah lingkungan, ada yang tau ngga parfum yang ramah lingkungan...kalo parfum kecil2 itu katanya non alkohol, (parfum dari arab itu lho) apa sih kandungannya?
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: kansai_set pada April 22, 2010, 05:13:11 AM
apa vitri sifatnya sama dengan pearl fix boz? dan penggunaa aquadest dan mpg itu untuk apa pada parfum refill( parfum bibit)
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: lacoga pada Mei 15, 2010, 02:13:56 PM
ok sekarang, kita beranjak dalam pembahasan formula parfum.
setelah ngubek2 om gugel. saya mendapatkan bahan-bahan untuk meracik parfum.

1. Alcohol 96% deodorized  :: alcohol yang sudah dihilangkan baunya sehingga parfum yg di racik lebih tajam tanpa ada bau sampingan dari alcohol.

2. Aguadest ::  air hasil destilasi 

3. MPG/Mono Propylene Glycol :: pelembab, karena apabila kita hanya memakai pelarut parfum, kulit bisa menjadi kering.

4. fixolite  :: solubilizer pada  campuran air, minyak & alcohol, fungsinya agar mendapatkan hasil yg bening.

5. pearl fix  :: untuk memperpanjang daya long lasting dari parfum, sehingga baunya bisa tahan lama, untuk semua bahan baku, belilah yang .
COSMETIC/PHARMACEUTICAL GRADE, sehingga aman untuk kulit.

6. Vitri ini pengawet bau yg paling baik tapi ... biasanya parfum refill pada umumnya memakai FISATIVE seperti gliserin atau Propilin glikol.

untuk komposisinya tidak dicantumkan di websitenya.
ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan pada rekan2 dsini.

1. apakah "Alcohol 96% deodorized" ini sama dengan "alcohol absolut" ?  sebenarnya ada berapa macam jenis alcohol ??

2. dari pengawet parfum yg disebtukan diatas, bagaimana perbedaannya menurut pengalaman rekan2 dsini ??  sebenarnya pengawet wangi parfum ada berapa macam, ?? dan manakah yg lebih murah dan lebih baik mutunya serta tidak menimbulkan efeksamping??

saya cuba cari info mengenai takaran racikan parfum tapi saya tidak menemukannya. Mungkin rekan2 dsini bisa memberikan solusi formula yang tepat dan takaran yang ideal. mohon pencerahnnya.
   

  bahan kimia nya kalo saya mu beli di manaya..?tims
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: kansai_set pada Mei 21, 2010, 02:58:27 PM
di toko kimia terutama yang juga menjual kimia kosmetik bos.. kalo alcohol deodorisernya banyak dijual tapi pake aja alkohol denat gpp juga.. terus aquadest di bengkel pada banyak jual.. itu untuk isi air aki, tapi bukan yang melepuh kalo kena tangan loh ya karena aquadest itu air murni alias bener2 h2o.
kalo propylene glycol cari di toko kimia banyak yang jual, kalo fixolite ini kalo sya ndak salah nama kimianya cari aja di situ marck ada nama kimianya disitu.. kalo pearl fix aku rasa ndak perlu karena udah ada propilin glikol ato gyserin ato vitri.. lalu yang terakhir ini fixative kalo propilin glikol banyak dijual di toko kimia, kalo glycerin yang agak susah dicari karena takut dibuat bom dengan turunan dari gliserin alias nitro gliserin.. kalo dari pengalaman saya pake propilin glikol aja udah sebagai pengawet bau kok.. karena saya punya dari propilin glikol juga gliserin sampe vitri.. kalo glyserin terlalu kental,, bagusnya dicampur dengan parfum kayak model misik.. tapi kalo parfum eropa pake aja propilin glikol...
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: kansai_set pada Mei 21, 2010, 03:06:55 PM
alkohol 96% deodorise ini sama aja dengan alkohol 96% cuma ditambah dengan cairan kimia khusus agar kualitasnya emang bener2 terjamin untuk dipake ke parfum.. sedang absolute ini alkohol 100% kata orang sih tetapi sebenarnya sih 99% lebih, ada yang 99.7% ada juga yang 99,5%tetapi ada satu kejelekan dari absolut yaitu kalo dia terbuka lama2 dia akan mengikat air di udara menjadi kimia stabilnya yaitu 96% hahaha.. dan pengawet parfum semuanya berefek samping selama dia merupakan bahan kimia hanya saja tidak seextreme itu.. yang bagus sih yang alami aja gak usah ditambah pengawet2an...
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: lacoga pada Mei 21, 2010, 04:11:08 PM
 THANKS PAK..INFORMASI NYA MANTAAAAABB....
alkohol 96% deodorise ini sama aja dengan alkohol 96% cuma ditambah dengan cairan kimia khusus agar kualitasnya emang bener2 terjamin untuk dipake ke parfum.. sedang absolute ini alkohol 100% kata orang sih tetapi sebenarnya sih 99% lebih, ada yang 99.7% ada juga yang 99,5%tetapi ada satu kejelekan dari absolut yaitu kalo dia terbuka lama2 dia akan mengikat air di udara menjadi kimia stabilnya yaitu 96% hahaha.. dan pengawet parfum semuanya berefek samping selama dia merupakan bahan kimia hanya saja tidak seextreme itu.. yang bagus sih yang alami aja gak usah ditambah pengawet2an...
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: kansai_set pada Mei 22, 2010, 04:50:51 AM
sama2
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: anggik2002 pada Mei 23, 2010, 12:45:48 PM
...aku suka yang ramah lingkungan, ada yang tau ngga parfum yang ramah lingkungan...kalo parfum kecil2 itu katanya non alkohol, (parfum dari arab itu lho) apa sih kandungannya?
kandungannya ya ekstrak murni, belum dicampur apa2.
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: nandaz pada Mei 27, 2010, 02:58:39 AM
..pantesan botolnya seperti itu ya, ngga pake propilen...lalu ekstraknya dari mana ya?
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: bonghew pada Mei 29, 2010, 09:43:54 PM
di toko kimia terutama yang juga menjual kimia kosmetik bos.. kalo alcohol deodorisernya banyak dijual tapi pake aja alkohol denat gpp juga.. terus aquadest di bengkel pada banyak jual.. itu untuk isi air aki, tapi bukan yang melepuh kalo kena tangan loh ya karena aquadest itu air murni alias bener2 h2o.
kalo propylene glycol cari di toko kimia banyak yang jual, kalo fixolite ini kalo sya ndak salah nama kimianya cari aja di situ marck ada nama kimianya disitu.. kalo pearl fix aku rasa ndak perlu karena udah ada propilin glikol ato gyserin ato vitri.. lalu yang terakhir ini fixative kalo propilin glikol banyak dijual di toko kimia, kalo glycerin yang agak susah dicari karena takut dibuat bom dengan turunan dari gliserin alias nitro gliserin.. kalo dari pengalaman saya pake propilin glikol aja udah sebagai pengawet bau kok.. karena saya punya dari propilin glikol juga gliserin sampe vitri.. kalo glyserin terlalu kental,, bagusnya dicampur dengan parfum kayak model misik.. tapi kalo parfum eropa pake aja propilin glikol...

@bro kansai :: jadi menurut agan, bagusnya komposisi/formula "parfum refill spray" gimana ??
misalnya dalam kandungan "parfum spray" 100ml apa aja kompisisi beserta takarannya  ? 
trims
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: bonghew pada Mei 30, 2010, 03:24:28 AM
Etanol, disebut juga etil alkohol, alkohol murni, alkohol absolut, atau alkohol saja, adalah sejenis cairan yang mudah menguap, mudah terbakar, tak berwarna, dan merupakan alkohol yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Senyawa ini merupakan obat psikoaktif dan dapat ditemukan pada minuman beralkohol dan termometer modern. Etanol adalah salah satu obat rekreasi yang paling tua.

Etanol banyak digunakan sebagai pelarut berbagai bahan-bahan kimia yang ditujukan untuk konsumsi dan kegunaan manusia. Contohnya adalah pada parfum, perasa, pewarna makanan, dan obat-obatan. Dalam kimia, etanol adalah pelarut yang penting sekaligus sebagai stok umpan untuk sintesis senyawa kimia lainnya. Dalam sejarahnya etanol telah lama digunakan sebagai bahan bakar.

sumber :: http://id.wikipedia.org/wiki/Etanol
apakah alkohol deodorized sama saja dengan ethanol ??
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: ullly pada Juni 08, 2010, 09:07:52 AM
jd bibit parfum + propilin glikol udh cukup ya....?
ga perlu ada tambahan lain?
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: syx pada Juni 08, 2010, 11:12:55 PM
kalo definisi etanol lebih pada kondisi 100% pastinya alkohol deodorized bukan etanol. deodorized pasti ada tambahan senyawa tertentu untuk menghilangkan bau etanol.
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: arja pada Agustus 19, 2010, 04:49:54 PM
ok sekarang, kita beranjak dalam pembahasan formula parfum.
setelah ngubek2 om gugel. saya mendapatkan bahan-bahan untuk meracik parfum.

1. Alcohol 96% deodorized  :: alcohol yang sudah dihilangkan baunya sehingga parfum yg di racik lebih tajam tanpa ada bau sampingan dari alcohol.

2. Aguadest ::  air hasil destilasi 

3. MPG/Mono Propylene Glycol :: pelembab, karena apabila kita hanya memakai pelarut parfum, kulit bisa menjadi kering.

4. fixolite  :: solubilizer pada  campuran air, minyak & alcohol, fungsinya agar mendapatkan hasil yg bening.

5. pearl fix  :: untuk memperpanjang daya long lasting dari parfum, sehingga baunya bisa tahan lama, untuk semua bahan baku, belilah yang .
COSMETIC/PHARMACEUTICAL GRADE, sehingga aman untuk kulit.

6. Vitri ini pengawet bau yg paling baik tapi ... biasanya parfum refill pada umumnya memakai FISATIVE seperti gliserin atau Propilin glikol.

untuk komposisinya tidak dicantumkan di websitenya.
ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan pada rekan2 dsini.

1. apakah "Alcohol 96% deodorized" ini sama dengan "alcohol absolut" ?  sebenarnya ada berapa macam jenis alcohol ??

2. dari pengawet parfum yg disebtukan diatas, bagaimana perbedaannya menurut pengalaman rekan2 dsini ??  sebenarnya pengawet wangi parfum ada berapa macam, ?? dan manakah yg lebih murah dan lebih baik mutunya serta tidak menimbulkan efeksamping??

saya cuba cari info mengenai takaran racikan parfum tapi saya tidak menemukannya. Mungkin rekan2 dsini bisa memberikan solusi formula yang tepat dan takaran yang ideal. mohon pencerahnnya.
   



salam kenal semuanya....
klo Aguadest ( air hasil destilasi ) pake air aqua gimana?
soalnya ngeri juga klo pake air aki (Aguadest) takut ada efek samping   
yang penting komposisi perbandingan dari bahan2 diatas,tolong ditindak lanjutin senior2...
soalnya aku hobby banget pake parfum, klo harus pake nyang ori terus tekor bosss....,lagian sekarang banyak beredar parfum palsu,soalnya aku pernah ngalamin dapat palsu alias gak sesuai dengan testernya,waktu dicobain testernya pake sedikit aja baunya kemana-mana giliran aku beli produk ech...malah letoy.....padahal parfumnya segel dan aku beli dicounter resmi dimall..kenapa aku bisa bilang palsu karena isi parfum tsb gak bisa bersih karena ada kotoran2 mengambang didalam botol N aromanya gak setahan testernya
nyobain nyang refilan kadang2 gatal...apalagi klo bibitnya udah dicampur solfior...langsung ...iritasi...bantuin ane bosss....pake refilan juga gak masalah nyang penting aman....biar ngirit...biar bisa beli permen....
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: syx pada Agustus 19, 2010, 10:06:46 PM
air aki ada dua macem. yang tutup biru itu aquadest, ga ada efek samping karena itu air murni kalo proses produksinya bener. yang tutup merah adalah asam sulfat, nah ni yang bahaya kalo dibuat parfum.
aquadest bisa dikategorikan air murni, bebas cemaran termasuk kandungan mineral. kalo air aqua masi ada kandungan mineralnya. mineral yang berupa logam kadang bisa menjadi katalis suatu reaksi peruraian.
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: arja pada Agustus 21, 2010, 04:46:56 AM
air aki ada dua macem. yang tutup biru itu aquadest, ga ada efek samping karena itu air murni kalo proses produksinya bener. yang tutup merah adalah asam sulfat, nah ni yang bahaya kalo dibuat parfum.
aquadest bisa dikategorikan air murni, bebas cemaran termasuk kandungan mineral. kalo air aqua masi ada kandungan mineralnya. mineral yang berupa logam kadang bisa menjadi katalis suatu reaksi peruraian.


thanks...infonya...btw...udah pernah nyobain ngramu parfum dengan bahan2 diatas....
ditunggu infonya lageeee bossss.......
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: wira mystique pada November 16, 2010, 04:40:02 AM
wah bnyk bgt neh ane dapetinn ilmu dsni ...
agan2 smua da yg tau ga dampak negatif ny kl memakai parfum yg pakai bahan pengawet or bahan kimia lain ny ...

tlg d jlasin gan apa2 ajj dampak ny k si pemakai ...

thx gan
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: syx pada November 16, 2010, 07:20:11 AM
sepertinya sudah pernah dibahas kontroversi akibat penggunaan pengawet, terutama dari golongan paraben, terhadap kesehatan. hasil riset terhadap wanita yang sering menggunakan jenis deodorant disebutkan memiliki kadar paraben tinggi dalam sel payudaranya yang diduga meningkatkan resiko terjadinya kanker.
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: yose_reza pada November 19, 2010, 04:25:45 PM
ok sekarang, kita beranjak dalam pembahasan formula parfum.
setelah ngubek2 om gugel. saya mendapatkan bahan-bahan untuk meracik parfum.

1. Alcohol 96% deodorized  :: alcohol yang sudah dihilangkan baunya sehingga parfum yg di racik lebih tajam tanpa ada bau sampingan dari alcohol.

2. Aguadest ::  air hasil destilasi 

3. MPG/Mono Propylene Glycol :: pelembab, karena apabila kita hanya memakai pelarut parfum, kulit bisa menjadi kering.

4. fixolite  :: solubilizer pada  campuran air, minyak & alcohol, fungsinya agar mendapatkan hasil yg bening.

5. pearl fix  :: untuk memperpanjang daya long lasting dari parfum, sehingga baunya bisa tahan lama, untuk semua bahan baku, belilah yang .
COSMETIC/PHARMACEUTICAL GRADE, sehingga aman untuk kulit.

6. Vitri ini pengawet bau yg paling baik tapi ... biasanya parfum refill pada umumnya memakai FISATIVE seperti gliserin atau Propilin glikol.

untuk komposisinya tidak dicantumkan di websitenya.
ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan pada rekan2 dsini.

1. apakah "Alcohol 96% deodorized" ini sama dengan "alcohol absolut" ?  sebenarnya ada berapa macam jenis alcohol ??

2. dari pengawet parfum yg disebtukan diatas, bagaimana perbedaannya menurut pengalaman rekan2 dsini ??  sebenarnya pengawet wangi parfum ada berapa macam, ?? dan manakah yg lebih murah dan lebih baik mutunya serta tidak menimbulkan efeksamping??

saya cuba cari info mengenai takaran racikan parfum tapi saya tidak menemukannya. Mungkin rekan2 dsini bisa memberikan solusi formula yang tepat dan takaran yang ideal. mohon pencerahnnya.
   


itu bibit parfumnya yang mana??
ane anak kimia tapi ga terlalu kenal ama reagen kimia yang ada disitu..
maklum masih nubi..

ini mau coba" buat parfum.
mumpung masih gratis make reagen d lab..
makasih..
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: alberto017 pada Februari 02, 2011, 04:25:32 PM
salam knal semuanya

klo boleh tau biasa bisa beli bahan2 diatas dmna ya kl dijakarta?
Judul: tanya
Ditulis oleh: alberto017 pada Februari 02, 2011, 04:30:28 PM
salam kenal,
gan,bro,sis klo boleh tau bisa beli bahan ini di jakarta dmana ya?
1. Alcohol 96% deodorized  
2. Aguadest
3. MPG/Mono Propylene Glycol
4. fixolite  
5. pearl fix  
6. Vitri atau FISATIVE gliserin atau Propilin glikol.

Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: syx pada Februari 02, 2011, 10:25:41 PM
di toko chemicals seperti brataco dll?
Judul: Re:ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: cosmeticadvice pada Maret 18, 2013, 05:47:28 AM
salam kenal,
gan,bro,sis klo boleh tau bisa beli bahan ini di jakarta dmana ya?
1. Alcohol 96% deodorized 
2. Aguadest
3. MPG/Mono Propylene Glycol
4. fixolite 
5. pearl fix   
6. Vitri atau FISATIVE gliserin atau Propilin glikol.



Ditempat saya ada semua bro bukan promosi ya .. bantu anda aja.. tapi saya di luar jakarta dijawa timur.
Saya menjawab juga yang depan2 tadi
Pengawetnya tidak perlu karena sudah pake alkohol 96 %. tewas semua bakterinya.
kalo mau pengawet sih ada kalo masih belum yakin saya punya lengkap.
alkohol denat lain dengan alkohol 96 % sudah dirubah gugusnya jadi gak berbau..
kalo perbandingan parfum ya harus neliti sendiri. intinya bibitnya semakin banyak ya parfumnya semakin menyengat :)
Judul: Re:ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: jacky pada April 05, 2013, 08:12:42 AM
saya pernah baca salah satu penguat wewangian parfum dan membuat awet wanginya adalah FRAGRANCE O2. apa kelebihan dan kekurangan dari FRAGRANCE O2 ini? apakah ada efek sampingnya?
Judul: Re: ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: A pada April 07, 2013, 02:12:01 PM
di toko chemicals seperti brataco dll?
Yap, ada. Ane langganan disana. *Sorry bukan promosi kok Hehe
Judul: Re:ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: jacky pada April 20, 2013, 07:08:56 AM
sepi bgt ya..jgn2 udh jadi pengusaha parfum sukses semua nih jadi ga ada waktu buat berbagi di forum ini..
Judul: Re:ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: cosmeticadvice pada April 20, 2013, 08:56:33 AM
sepi bgt ya..jgn2 udh jadi pengusaha parfum sukses semua nih jadi ga ada waktu buat berbagi di forum ini..

bukan sepi. tetapi gak paham fragance O2 yg dimaksud. ada baiknya bahan yang dimaksud bukan nama dagang. tetapi nama kimia atau inci name. kalau tidak tahu tulis dimana sumber kamu menemukan istilah fragance O2 itu. biasanya tulisannya masih lengkap jadi tidak terpotong istilahnya.
Judul: Re:ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: biobio pada April 22, 2013, 07:00:29 AM
Di google banyak banget, coba dicari dulu. Alkohol absolut itu bukan alkohol 96%
Judul: Re:ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: diamoreparfum pada Agustus 31, 2013, 10:57:57 AM
salam kenal semua... :)
maaf boss saya mau tanya untuk pearl fix itu dicampurkan kedalam bibit nya apa ke dalam alcohol nya..?
dan takaran nya berapa banyak,,,?
Trus kalo saya sudah menggunakan pearl fix apa masih perlu menggunakan FISATIVE..?
mohon pencerahan nya...
 TQ .. :)
Judul: Re:ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: aokfi pada September 19, 2015, 01:33:56 AM
Dapet artikel di internet:

JENIS-JENIS PELARUT PARFUM (SOLVENT PERFUME)

1. Zhamper 96

Zhamper 96 adalah pelarut yang dikhususkan untuk parfum dengan spesifikasi:

    Tanpa Bau
    Tanpa Rasa
    Terdapat zat khusus penguat aroma (terbuat dari bahan natural alami)
    Terdapat zat khusus pengawet aroma (terbuat dari bahan natural alami)
    Kadar penguapan 96 %

Penyulingan bahan Zhamper 96 ini lain dengan yang lain nya, memang di khususkan, diteliti dan teruji di pasaran sebagai Solvent Perfume (pelarut parfum).

2. Absolute Zhamper

Absolute Zhamper adalah pelarut yang dikhususkan untuk parfum dengan spesifikasi:

    Tanpa Bau
    Tanpa Rasa
    Terdapat zat khusus penguat aroma (terbuat dari bahan natural alami)
    Terdapat zat khusus pengawet aroma (terbuat dari bahan natural alami)
    Kadar penguapan 99,9%

Perbedaan Absolute Zhamper dengan Zhamper 96 ada di zat penguat aroma, zat pengawet aroma dan di kadar penguapan yang pastinya karena kelas Absolute yang membedakannya, telah diteliti dan teruji di pasaran sebagai Solvent Perfume (pelarut parfum) paling best seller.

3. Profumo di Solventi

Profumo di Solventi ini memang sudah mendunia. Hasil yang didapat dipasaran pun ternyata sangat antusias dengan pelarut (solvent) ini dan sudah menggeser produk andalan kami Absolute Zhamper.


yang mau aku tanya, bisa dishare Kandungan / senyawa: Profumo di Solventi apa aja?
beda antara Absolute Zhamper & Profumo di Solventi .

terima kasih
Judul: Re:ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: setiawan77 pada April 30, 2016, 12:43:47 AM
parfum original
sebenarnya tidak hanya merupakan campuran bibit parfum dan alkohol saja, melainkan menggunakan cairan pengawet, dan minyak nilam..
setelah parfum tersebut dicampur, parfum harus diendapkan di lemari pendingin selama kurang lebih 3 BULAN..
proses yang cukup lama ini pula yang membuat parfum memiliki harga yang tinggi..^^
(tau nggak siiih??? sebenernya dalam parfum original, kandungan bibit cuma 20%, dan diperkuat oleh minyak nilam.)



Parfum Original tidak dibuat dengan menggunakan minyak nilam! dan kandunganm bibit biasanya dengan kualitas eau de toilet adalah 10%. Kandungan 20% dengan kualitas parfum.

mohon koreksi nya.
Judul: Re:ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: 4th01ll4h pada Desember 11, 2016, 11:20:08 AM
Malam, agan2. Saya mau nanya nih. Di daerah saya ada toko parfum isi ulang yang banyak membuka cabang. Klo beli parfum isi ulang yang sprei, ada 3 cairan yang mereka mix: selain cairan 'bibit parfum isi ulang' (1), katanya campuran yang lainnya adalah cairan 'absolut' (2) dan cairan 'pengawet super' (3). Nah, cairan 'pengawet super' ini yg bikin saya penasaran apa namanya. Soalnya, tidak seperti cairan 'absolut' yg bisa 1/2 atau 2/3 dari cairan 'bibit parfum cair', cairan 'pengawet super' ini dimix beberapa tetes saja. Kira2, agan2 disini ada yg tau nggak, apa nama dr cairan 'pengawet super' ini? Terimakasih banyak, agan2. :-)
Judul: Re:ALL ABOUT PARFUME
Ditulis oleh: Faesal pada Juli 15, 2019, 08:10:18 PM
Maaf saya newbe tentang parfum refil,,mohon pencerahan dari suhu2,,sy sudh cb smua bahan2 di atas tapi tidak ada yang membantu utk ketahan aroma dari parfum yg sy racik,,malah semakin ambiradul,,apakah ada suhu2 yg bisa membantu maklum saya bemodal pas2n ,,🙏🙏🙏🙏 bs kontak sy di WA 085738707016🙏🙏🙏