Forum > Kimia

ALL ABOUT PARFUME

(1/10) > >>

bonghew:
Salam kenal tuk momod dan all sains member. Saya posting diforum ini bukan untuk berjualan tapi untuk saling berbagi pengetahuan tentang parfum. Saya bukanlah seorang ahli kimia, tapi saya berkeinginan untuk belajar dan background saya adalah IT beginner. Kedepannya seandainya saya mempunyai modal, saya akan membuka toko parfum sendiri berbekal sumbangsih pengetahuan yg saya dapatkan diforum ini.
Ok saya mulai..


Siapa tak menyukai Parfum? Hampir semua orang menyemprotkan keharumannya sebagai penunjang aktivitas. Daya tarik parfum membuat orang-orang rela merogoh ratusan ribu rupiah untuk mendapatkan parfum-parfum bermerek dengan keharumannya yang memikat.

Sudah bukan rahasia kalau Eropa adalah benua yang populer dengan racikan parfumnya. Ratusan parfum hasil racikan negara-negara Eropa pun seringkali menjadi incaran karena menawarkan kualitas parfum yang berkelas.
bibit-bibit parfum tersebut berasal dari ekstraksi berbagi jenis tumbuhan, bunga, buah-buahan juga rempah-rempah. Bibit-bibit tersebut dicampurkan agar bisa mendekati wangi asli dari parfum yang diinginkan. Tapi tak semua orang mampu membeli parfum-parfum original yang harganya ratusan ribu rupiah. Maka sebagian besar masyarakat banyak yang memilih membeli parfum di tempat-tempat isi ulang parfum yang kini tersebar di berbagi penjuru kota Bandung termasuk pusat-pusat perbelanjaan.Meski secara kualitas tidak sama dengan parfum original tapi tastenya mendekati parfum original bahkan mungkin saja menyamai. sumber :: detik bandung.

hati-hati sebelum membeli parfum. mungkin ini bisa menjadi sedikit pegangan untuk anda..
parfum original
sebenarnya tidak hanya merupakan campuran bibit parfum dan alkohol saja, melainkan menggunakan cairan pengawet, dan minyak nilam..
setelah parfum tersebut dicampur, parfum harus diendapkan di lemari pendingin selama kurang lebih 3 BULAN..
proses yang cukup lama ini pula yang membuat parfum memiliki harga yang tinggi..^^
(tau nggak siiih??? sebenernya dalam parfum original, kandungan bibit cuma 20%, dan diperkuat oleh minyak nilam.)

parfum kw2 (yang diseller lain disebut kw1)
parfum ini merupakan produksi lokal, botol dan dus dibuat seperti asli, begitu pula dengan aromanya. campuran parfum ini menggunakan bibit parfum dan metanol, bukan alkohol. hal inilah yang menyebabkan aroma parfum ini mudah hilang, karena metanol lebih cepat menguap daripada alkohol.

parfum kw1 (ada seller yang menyebutnya kw super)
parfum ini menggunakan campuran alkohol dan bibit sebagai bahannya, dengan takaran yang telah diatur sedemikian rupa, parfum ini mampu bertahan hingga 6 jam atau bahkan lebih.

parfum kw SS
parfum ini menggunakan campuran alhokol dan bibit, tetapi dengan perbandingan bibit yang lebih tinggi. parfum ini dapet bertahan hingga 12 jam bahkan lebih, tergantung akitifitas anda..

parfum kw super
masih sama seperti parfum kw I dan kw SS, hanya saja parfum ini menggunkan campuran bibit yang sangat dominan, sehingga ketahanannya pun sama seperti original.

ada beberapa parfum yang memang dapat dijual lebih murah,
akan tetapi tidak murni merupakan campuran bibit parfum dan alkohol.
melainkan dapat ditambah bahan2 lain seperti solvior yang sebenarnya digunakan untuk campuran parfum roll on, dan dapat membuat bau sedikit berbeda,
atau dengan solfitine dan aqua denate yang dapat membuat noda di pakaian.
bahan2 tersebut bila dicampurkan dalam parfum, akan menimbulkan rasa panas di kulit, apabila terkena sinar matahari.
dan menyebabkan noda ketika kering di pakaian..
semoga informasi ini cukup membantu anda..
jangan lupa, simpan parfum anda di tempat dingin (lemari es), dan jauhkan dari matahari supaya aromanya tetap awet!
Sumber ::: COPAS (maaf saya lupa save linknya)

So, sebenarnya bibit parfum-parfum sekarang yg beredar penjuru kota besar berasal dari eropa, hanya kualitasnya berubah berdasarkan hasil kreasi racikan pedagang parfum.


--- Kutip ---"Meracik parfum itu seperti meracik masakan. Jika tidak diramu dengan baik maka tidak akan jadi," demikian pendapat dari Indra (40) pemilik In Parfume yang meracik setiap bibit parfumnya sendiri

Indra mengaku, masalah komposisi menjadi salah satu yang harus diperhatikan meskipun dalam akhirnya Indra pun bisa menyelesaikan setiap racikannya. Waktu yang dibutuhkan untuk meracik bibit bisa dikatakan relatif. Bisa hanya beberapa menit sampai beberapa jam.
--- Akhir Kutipan ---


--- Kutip ---"Lagipula secara kualitas mendekati. Dalam 2-3 hari saja wanginya masih melekat walaupun pakaian sudah dicuci. Wanginya mengalahkan detergen," pengakuan Weni (25) karyawan sebuah Bank di Bandung (pelanggan In Parfum).
--- Akhir Kutipan ---

sumber :: http://bandung.detik.com/read/2008/10/31/090751/1028893/486/tv/

 http://bandung.detik.com/read/2008/10/31/145025/1029173/486/tv/

bonghew:
ok sekarang, kita beranjak dalam pembahasan formula parfum.
setelah ngubek2 om gugel. saya mendapatkan bahan-bahan untuk meracik parfum.

1. Alcohol 96% deodorized  :: alcohol yang sudah dihilangkan baunya sehingga parfum yg di racik lebih tajam tanpa ada bau sampingan dari alcohol.

2. Aguadest ::  air hasil destilasi  

3. MPG/Mono Propylene Glycol :: pelembab, karena apabila kita hanya memakai pelarut parfum, kulit bisa menjadi kering.

4. fixolite  :: solubilizer pada  campuran air, minyak & alcohol, fungsinya agar mendapatkan hasil yg bening.

5. pearl fix  :: untuk memperpanjang daya long lasting dari parfum, sehingga baunya bisa tahan lama, untuk semua bahan baku, belilah yang .
COSMETIC/PHARMACEUTICAL GRADE, sehingga aman untuk kulit.

6. Vitri ini pengawet bau yg paling baik tapi ... biasanya parfum refill pada umumnya memakai FISATIVE seperti gliserin atau Propilin glikol.

untuk komposisinya tidak dicantumkan di websitenya.
ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan pada rekan2 dsini.

1. apakah "Alcohol 96% deodorized" ini sama dengan "alcohol absolut" ?  sebenarnya ada berapa macam jenis alcohol ??

2. dari pengawet parfum yg disebtukan diatas, bagaimana perbedaannya menurut pengalaman rekan2 dsini ??  sebenarnya pengawet wangi parfum ada berapa macam, ?? dan manakah yg lebih murah dan lebih baik mutunya serta tidak menimbulkan efeksamping??

saya cuba cari info mengenai takaran racikan parfum tapi saya tidak menemukannya. Mungkin rekan2 dsini bisa memberikan solusi formula yang tepat dan takaran yang ideal. mohon pencerahnnya.
   

bonghew:
Hukum alkohol pada parfum     

1. Bagaimanakah hukumnya memakai Parfum yang beralkohol, apakah boleh digunakan untuk sholat juga?
2. Bagaimana pula dengan tissu yang beralkohol? biasanya kalau beli air galon kan suka disertai tissu untuk membersihkan pangkal galonnya Ustadz, alasannya agar bakteri-bakterinya bisa mati. dan kalo kita gunakan pasti terminum?

JAWABAN:

Terdapat perbedaan di antara ulama tentang hukum parfum dan banda yang mengandung bahan alcohol

1. Pendapat pertama menyatakan, bahwa alcohol adalah najis, sehingga setiap benda yang mengadung alcohol adalah najis

2. Pendapat Kedua menyatakan, bahwa alcohol adalah bukan najis jika terbuat dari bahan yang bukan najis. Oleh karena itu, penggunaan benda yang mengandung alcohol bukanlah najis.

3.Kenajisan suatu benda termasuk di dalamnya alkohol dipengaruhi oleh bahan dasar pembuatannya. Jika bahan pembuatannya menggunakan bahan yang najis, maka alkohol tersebut pun najis, namun jika bahan pembuatannya dari bahan yang tidak najis, maka alkohol itu pun suci dan tidak najis

4.Dr. Ahmad Asy-Syarbasyi dalam kitabnya, Yas'alunaka, jilid 2 halaman 30 sebagai berikut mengutip dari lajnah fatwa Al-Azhar Mesir. Lengkapnya demikian: "Lajnah Fatwa AL-Azhar telah ditanya dengan masalah ini (hukum kenajisan alkohol). Maka Al-Azhar menjawab bahwa alkohol (spiritus) atas pendapat bukan hanya satu dari para ulama bukan benda najis. Dan atas ketidak-najisannya, maka benda-benda yang dicampur dengan alkohol hukumnya pun tidak najis. Pendapat inilah yang kami pilih karena kekuatan dalilnya serta sebagai penolak kebimbangan atas pendapat yang menajiskannya."

5.Perintah menjauhi khomr pada ayat di atas bukan pada najisnya, meskipun menjauhi najis itu dianjurkan. Namun perintah menjauhi khomr itu lebih kepada karena khomr itu memabukkan. Seperti halnya ganja yang memabukkan, namun memegang daun ganja tidaklah najis, namun tidak boleh dikonsumsi karena memabukkan.

Kesimpulan:
Dari penjelasan di atas, maka dapat diambil jawaban dari dua pertanyaan yang diajukan di atas:

1.Bila mengikuti pendapat pertama, maka menggunakan parfum, tissue untuk botol air isi ulang galon dan benda lain yang mengandung alcohol adalah tidak diperbolehkan karena hal itu adalah najis sehingga mengenai pakaian atau minuman/makanan yang kita gunakan.

2.Bila mengikuti pendapat kedua, maka menggunakan parfum, tissue untuk botol air isi ulang galon dan benda lainnya yang mengandung alkohol dari bahan suci adalah mubah dan diperbolehkan, karena alkohol yang terbuat dari bahan suci adalah suci.Karena di Indonesia, kebanyakan alkohol dibuat dari larutan gula dengan peragian dan penyulingan. Atau dari bahan yang mengandung zat pati (amilum) seperti kentang, jagung dan lainnya. Atau dari bahan yang mengandung selulosa seperti ampas-ampas kayu, atau dari umbi-umbian yang mengandung froktosa dan lignin.

Dan menurut akal dan logika saya, pendapat kedua lebih kuat dan dapat diterima.

sumber :: http://pks-kotatangerang.or.id/index.php?option=com_content&task=view&id=526&Itemid=57


syx:

--- Kutip dari: bonghew pada Maret 28, 2010, 06:54:36 AM ---1. apakah "Alcohol 96% deodorized" ini sama dengan "alcohol absolut" ?  sebenarnya ada berapa macam jenis alcohol ??

--- Akhir Kutipan ---
alkohol absolut adalah alkohol 100% atau anhydrous. biasanya setelah kemasannya dibuka harus segera dipakai dan dihabiskan karena alkohol gini bersifat menyerap air dari atmosfer menjadi komposisi stabil 96%. dengan kata lain kalo alkohol absolut dibiarin dalam kemasan terbuka lama-kelamaan bisa jadi alkohol 96%.
yang umum lagi adalah alkohol 70%. biasanya untuk antiseptik dan desinfektan. ini kadar optimum bisa efektif jadi antiseptik.


--- Kutip dari: bonghew pada Maret 29, 2010, 12:14:09 AM ---Hukum alkohol pada parfum     

1. Bagaimanakah hukumnya memakai Parfum yang beralkohol, apakah boleh digunakan untuk sholat juga?
2. Bagaimana pula dengan tissu yang beralkohol? biasanya kalau beli air galon kan suka disertai tissu untuk membersihkan pangkal galonnya Ustadz, alasannya agar bakteri-bakterinya bisa mati. dan kalo kita gunakan pasti terminum?

--- Akhir Kutipan ---
alkohol kan sifatnya volatil banget alias sangat mudah menguap. jadi setelah diusapkan jangan harap lama dia bakal nangkring di suatu permukaan. kalo kita olesin alkohol di kulit kita maka kulit kita akan terasa adem karena alkohol mengambil panas tubuh kita untuk menguap. jadi mustinya ga ada alasan kalo alkohol sebagai desinfektan galon air sampe diharamkan... kalo ga percaya periksa aja kadar alkohol dalam air minum yang digituin.

nandaz:
...dalam jumatan disunankan untuk memakai harum2an, kebanyakan orang make parfum sebagai harum2an tersebut..tetapi disini kelihatannya ada kekeliruan, alkohol parfum dan khamar disamain saja. bila mengonsumsi alkohol dan minuman memabukkan lainnya baru haram, tetapi apa itu termasuk mengonsumsi alkohol sebagai alat berhias?
kalo alkohol haram, cuba pikirkan dahulu bahwa banyak peralatan yang membutuhkan alkohol sebagai bahan baku... bahkan alkohol sering digunakan sebagai antiseptik dan sterilisasi...

Navigasi

[0] Indeks Pesan

[#] Halaman berikutnya

Ke versi lengkap