Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Kimia => Topik dimulai oleh: seven7.heaven pada Januari 07, 2009, 07:46:51 AM

Judul: Apa itu koloid?? ada yang bisa jawab???
Ditulis oleh: seven7.heaven pada Januari 07, 2009, 07:46:51 AM
Apa itu koloid?? ada yang bisa bantu jawab ga???
tolong yah kalo ada yang bisa bantu bahas hal ini...
thx..  ;D
Judul: Re: Apa itu koloid?? ada yang bisa jawab???
Ditulis oleh: syx pada Januari 07, 2009, 11:40:51 PM
koloid adalah dispersi partikel dengan ukuran fase terdispersi lebih besar dari larutan (dispersi molekuler) dan lebih kecil ketimbang suspensi.
kalo dibandingkan dengan suspensi, koloid relatif lebih stabil. suspensi jika didiamkan akan terpisah karena gravitasi, sedangkan koloid perlu perlakuan khusus untuk bisa terpisah (misalnya menggunakan enzim atau bahan kimia tertentu).
kadang tampilan koloid mirip dengan larutan. tapi koloid bisa ditentukan dengan menggunakan cahaya yang dilewatkan. partikel koloid cukup besar untuk memantulkan cahaya hingga terlihat garis cahaya dalam media koloid. saya lupa apa nama efeknya...
Judul: Re: Apa itu koloid?? ada yang bisa jawab???
Ditulis oleh: tj_david pada Januari 08, 2009, 01:20:02 AM
kalo dulu diajarin sih koloid itu zat terlarutnya lebih besar dari larutan tapi lebih kecil dari suspensi.
sama ja kali ya ;D ;D
tapi kalo membedakan secara kasat mata susah kli ya
cat itu koloid apa suspensi ya?
Judul: Re: Apa itu koloid?? ada yang bisa jawab???
Ditulis oleh: syx pada Januari 08, 2009, 03:55:21 AM
seperti uda saya sebutin di atas. untuk membedakan larutan dan koloid adalah dengan menggunakan sinar tipis yang dilewatkan melalui sistem. kalo larutan kita tidak bisa melihat adanya garis sinar, tapi kalo koloid kita bisa melihat garis sinar karena pantulan oleh partikel koloid. ini namanya efek tyndall.

(http://www.scienceclarified.com/images/uesc_03_img0145.jpg)
efek tyndall pada larutan koloid (kiri) dan larutan (kanan)

untuk membedakan antara koloid dan suspensi adalah dng pendiaman. suspensi akan memisah, sedangkan koloid tetap.
Judul: Re: Apa itu koloid?? ada yang bisa jawab???
Ditulis oleh: dewa ruci pada Januari 23, 2009, 01:18:36 PM
saya tambahkan,,

bca bku kmia SMA klas XI semester2 bab pling terkahir..tu bab koloid soale..hehe
Judul: Re: Apa itu koloid?? ada yang bisa jawab???
Ditulis oleh: seven7.heaven pada Januari 28, 2009, 12:09:02 PM
oke2 thx 4 help...
ada yg tw web ap yg nyediain info ttg koloid??
Judul: Re: Apa itu koloid?? ada yang bisa jawab???
Ditulis oleh: Idad pada Januari 28, 2009, 01:15:07 PM
koloid adalah dispersi partikel dengan ukuran fase terdispersi lebih besar dari larutan (dispersi molekuler) dan lebih kecil ketimbang suspensi.
kalo dibandingkan dengan suspensi, koloid relatif lebih stabil. suspensi jika didiamkan akan terpisah karena gravitasi, sedangkan koloid perlu perlakuan khusus untuk bisa terpisah (misalnya menggunakan enzim atau bahan kimia tertentu).
kadang tampilan koloid mirip dengan larutan. tapi koloid bisa ditentukan dengan menggunakan cahaya yang dilewatkan. partikel koloid cukup besar untuk memantulkan cahaya hingga terlihat garis cahaya dalam media koloid. saya lupa apa nama efeknya...

lho.., bkannya emang namanya efek tyndall, efek hamburan cahaya, yakarena  partikel koloid cukup besar untuk memantulkan cahaya itu tadi..
Judul: Re: Apa itu koloid?? ada yang bisa jawab???
Ditulis oleh: syx pada Januari 28, 2009, 11:29:46 PM
uda gw jawab di post selanjutnya... abis nemu namanya.
Judul: Re: Apa itu koloid?? ada yang bisa jawab???
Ditulis oleh: Idad pada Januari 29, 2009, 01:13:25 PM
uda gw jawab di post selanjutnya... abis nemu namanya.

oalah..., mkny..
ok de...
Judul: Re: Apa itu koloid?? ada yang bisa jawab???
Ditulis oleh: nandaz pada Januari 30, 2009, 02:49:52 AM
...re-topik udah kejawab.... :kribo:
Judul: Re:Apa itu koloid?? ada yang bisa jawab???
Ditulis oleh: Yoan santika arum pada November 28, 2019, 08:33:28 AM
koloid adalah dispersi partikel dengan ukuran fase terdispersi lebih besar dari larutan (dispersi molekuler) dan lebih kecil ketimbang suspensi
Judul: Re:Apa itu koloid?? ada yang bisa jawab???
Ditulis oleh: shyarshy pada November 29, 2019, 10:54:34 PM
Koloid itu merupakan suatu campuran zat heterogen (dua fase) antara dua zat atau lebih dimana partikel-partikel zat yang berukuran koloid (fase terdipersi/yang dipecah) tersebar secara merata di dalam zat lain (medium pendispersi/ pemecah)
Judul: Re:Apa itu koloid?? ada yang bisa jawab???
Ditulis oleh: ADeski12 pada Desember 02, 2019, 11:26:38 PM
Koloid adalah suatu campuran zat heterogen