Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Desember 02, 2022, 10:53:13 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,639
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 64
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 56
Total: 56

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Apa itu koloid?? ada yang bisa jawab???

Dimulai oleh seven7.heaven, Januari 06, 2009, 04:46:51 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

seven7.heaven

Apa itu koloid?? ada yang bisa bantu jawab ga???
tolong yah kalo ada yang bisa bantu bahas hal ini...
thx..  ;D

syx

koloid adalah dispersi partikel dengan ukuran fase terdispersi lebih besar dari larutan (dispersi molekuler) dan lebih kecil ketimbang suspensi.
kalo dibandingkan dengan suspensi, koloid relatif lebih stabil. suspensi jika didiamkan akan terpisah karena gravitasi, sedangkan koloid perlu perlakuan khusus untuk bisa terpisah (misalnya menggunakan enzim atau bahan kimia tertentu).
kadang tampilan koloid mirip dengan larutan. tapi koloid bisa ditentukan dengan menggunakan cahaya yang dilewatkan. partikel koloid cukup besar untuk memantulkan cahaya hingga terlihat garis cahaya dalam media koloid. saya lupa apa nama efeknya...

tj_david

kalo dulu diajarin sih koloid itu zat terlarutnya lebih besar dari larutan tapi lebih kecil dari suspensi.
sama ja kali ya ;D ;D
tapi kalo membedakan secara kasat mata susah kli ya
cat itu koloid apa suspensi ya?
Tanda tangan

syx

seperti uda saya sebutin di atas. untuk membedakan larutan dan koloid adalah dengan menggunakan sinar tipis yang dilewatkan melalui sistem. kalo larutan kita tidak bisa melihat adanya garis sinar, tapi kalo koloid kita bisa melihat garis sinar karena pantulan oleh partikel koloid. ini namanya efek tyndall.


efek tyndall pada larutan koloid (kiri) dan larutan (kanan)

untuk membedakan antara koloid dan suspensi adalah dng pendiaman. suspensi akan memisah, sedangkan koloid tetap.

dewa ruci

saya tambahkan,,

bca bku kmia SMA klas XI semester2 bab pling terkahir..tu bab koloid soale..hehe
read in the name of your Lord who created

seven7.heaven

oke2 thx 4 help...
ada yg tw web ap yg nyediain info ttg koloid??

Idad

Kutip dari: syx pada Januari 07, 2009, 08:40:51 AM
koloid adalah dispersi partikel dengan ukuran fase terdispersi lebih besar dari larutan (dispersi molekuler) dan lebih kecil ketimbang suspensi.
kalo dibandingkan dengan suspensi, koloid relatif lebih stabil. suspensi jika didiamkan akan terpisah karena gravitasi, sedangkan koloid perlu perlakuan khusus untuk bisa terpisah (misalnya menggunakan enzim atau bahan kimia tertentu).
kadang tampilan koloid mirip dengan larutan. tapi koloid bisa ditentukan dengan menggunakan cahaya yang dilewatkan. partikel koloid cukup besar untuk memantulkan cahaya hingga terlihat garis cahaya dalam media koloid. saya lupa apa nama efeknya...

lho.., bkannya emang namanya efek tyndall, efek hamburan cahaya, yakarena  partikel koloid cukup besar untuk memantulkan cahaya itu tadi..

syx

uda gw jawab di post selanjutnya... abis nemu namanya.

Idad

Kutip dari: syx pada Januari 28, 2009, 08:29:46 AM
uda gw jawab di post selanjutnya... abis nemu namanya.

oalah..., mkny..
ok de...

nandaz

starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Yoan santika arum

koloid adalah dispersi partikel dengan ukuran fase terdispersi lebih besar dari larutan (dispersi molekuler) dan lebih kecil ketimbang suspensi

shyarshy

Koloid itu merupakan suatu campuran zat heterogen (dua fase) antara dua zat atau lebih dimana partikel-partikel zat yang berukuran koloid (fase terdipersi/yang dipecah) tersebar secara merata di dalam zat lain (medium pendispersi/ pemecah)

ADeski12

Koloid adalah suatu campuran zat heterogen