Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Maret 05, 2021, 10:50:22 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26699
  • Latest: Rion
Stats
  • Total Tulisan: 139621
  • Total Topik: 10384
  • Online Today: 41
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 30
Total: 30

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Api  (Dibaca 27533 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline fitrie

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 145
  • IQ: 36
  • Gender: Wanita
  • semua itu hanya karena kasih dan sayang...........
Api
« pada: Agustus 27, 2008, 05:39:07 PM »
dear all.....
kita semua tau kalo terjadinya pembakaran dalam kimia selalu disajikan hanya dengan penambahan o2 saja.
misalkan carbon (C) + O2 jadi CO2. padahal zat pembakarnya adalah api.
sebetulnya apakah api itu?  8) 8) 8) 8)
yang sering kita tahu api itu adalah zat panas yang ditimbulkan oleh zat pembakar yang menghasilkan suhu yang lebih tinggi dari lingkungan, sehingga membentuk warna yang cenderung berbeda dengan lingkungan.....(kalo salah jangan diketawain yah.. namanya juga fitri lagi belajar).

ada yang tau gak apa sebenarnya zat dari api itu? dan mengapa dia bisa membentuk seperti cone ketika menyala.
bukan berdasarkan asal ato suhunya........
semua itu hanya karena kasih dan sayang...........tidakkah engkau pahami itu.........

Offline barbarian

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 9
  • IQ: 0
Re: api itu apa?
« Jawab #1 pada: September 01, 2008, 07:55:35 AM »
klo mau tau tentang api baca aja di wikipedia, ini link nya
http://en.wikipedia.org/wiki/Fire

Offline maulana altof

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 47
  • IQ: 5
  • Gender: Pria
Re: api itu apa?
« Jawab #2 pada: September 29, 2008, 03:56:07 AM »
wah yang di wikipedia pake bahasa inggris......ooooooh :-\ :-\ :-\ :-\

ada yang mau nerjemahin?
-perjuangan itu sampai di gerbang surga-

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: api itu apa?
« Jawab #3 pada: September 30, 2008, 03:13:03 PM »
kalo nggak salah api tu loncatan elektron,...

trus kenapa arah kobaran api dalam keadaan stabil selalu keatas??

Offline ksatriabajuhitam

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: api itu apa?
« Jawab #4 pada: September 30, 2008, 08:23:57 PM »
api (dalam arti kobaran api / flame) itu gas di mana reaksi eksotermik terjadi.
makanya liuk-liuk api dipengaruhi angin, karena dia gas.
cahayanya hasil de-eksitasi atom dan molekul gas itu, makanya warna api tergantung dari zat yang dibakar.

kobarannya selalu ke atas, karena ada konveksi gas dan jelaga.
NASA pernah mengamati bahwa kalo api disimpan dalam ruang microgravity atau bahkan gravitasi nol, bentuk api menjadi bulat.

katanya;D
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline dewa ruci

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 313
  • IQ: 33
  • Gender: Pria
Re: api itu apa?
« Jawab #5 pada: Oktober 01, 2008, 10:56:56 AM »
Lha kuq api itu ada yang berasap tebeL ma gag berasap tu gMna??
read in the name of your Lord who created

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: api itu apa?
« Jawab #6 pada: Oktober 01, 2008, 12:54:41 PM »
asap tebel nggaknya tu tergantung pada jumlah sisa reaksi yang berupa gas.....!!!!

Offline dewa ruci

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 313
  • IQ: 33
  • Gender: Pria
Re: api itu apa?
« Jawab #7 pada: Oktober 08, 2008, 09:02:11 AM »
heh!!

kLo gas,,brarti gag bisa ngendap dunk!?!?!
coba sekrang asap itu kmuw pegang,,pasti membekas ditangan kmuw!!!

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: api itu apa?
« Jawab #8 pada: Oktober 08, 2008, 09:06:39 AM »
iya-iya aku khilaf, asap bukan gas,

Offline dewa ruci

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 313
  • IQ: 33
  • Gender: Pria
Re: api itu apa?
« Jawab #9 pada: Oktober 08, 2008, 09:38:37 AM »
Lha tyuz kesimpuLanya??

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: api itu apa?
« Jawab #10 pada: Oktober 08, 2008, 09:40:53 AM »
asap adalah sisa dari reaksi yang berupa zat padat yang terurai lewat udara,.....

Offline dewa ruci

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 313
  • IQ: 33
  • Gender: Pria
Re: api itu apa?
« Jawab #11 pada: Oktober 08, 2008, 09:58:43 AM »
wes iso ngunu kuq..hehe

Offline jubs

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 0
Re: api itu apa?
« Jawab #12 pada: Oktober 12, 2008, 03:40:17 AM »
ada api baru ada asap........
hehehe,,,,

Offline maulana altof

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 47
  • IQ: 5
  • Gender: Pria
Re: api itu apa?
« Jawab #13 pada: Oktober 16, 2008, 12:34:05 AM »
oh
trz knpa benda yang kebakar menjadi areng?

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: api itu apa?
« Jawab #14 pada: Oktober 16, 2008, 11:41:32 AM »
unsur utama penyusun kayu kan carbon,
butuh waktu yang lama sekali untuk semua karbon mengikat oksigen menjadi CO2, sebagian besar tetep beberbentuk solid seperti yang kita liat, liat aja, kalo arang dibakar terus menerus akan menjadi abu, sama sekali tidak ada carbonnya,.. itu artinya seluruh carbon yang terkandung dalam kayu telah mengudara,....
lalu abu itu apa ya?

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
14 Jawaban
8087 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 22, 2009, 03:09:34 AM
oleh dhiya
32 Jawaban
24222 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 27, 2016, 01:50:36 AM
oleh Monox D. I-Fly
5 Jawaban
3806 Dilihat
Tulisan terakhir November 09, 2010, 11:07:45 AM
oleh sayang
3 Jawaban
3554 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 30, 2014, 02:42:05 PM
oleh reborn
4 Jawaban
3829 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 03, 2015, 01:47:35 PM
oleh Farabi