Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Maret 05, 2021, 11:15:49 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26699
  • Latest: Rion
Stats
  • Total Tulisan: 139621
  • Total Topik: 10384
  • Online Today: 41
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 44
Total: 44

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Api  (Dibaca 27535 kali)

0 Anggota dan 2 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: API tu sebenarnya apa ce...???
« Jawab #30 pada: Januari 05, 2010, 08:26:10 AM »
struktur senyawa api adalah 02, warnya dipengaruhi dengan apa dia bereaksi
selanjutanya dapat dibaca di http://blog.math.uny.ac.id/nabih2008/2010/01/04/apa-itu-api/

Website Matematika Terapan => http://nabihbawazir.com

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: API tu sebenarnya apa ce...???
« Jawab #31 pada: Januari 05, 2010, 10:52:38 AM »
ahaaaa~
bang wakya..

saya mw tanya nich, apakh semua yang ada di dunia (zat, unsur, senyawa, dll, dsb) ini tu ada rumus kimianya...??  ???
hm,,, menurut aku.. semua yg ada didunia iu tersusun dari bahan2, zat2, unsur2, senyawa2 kimia..
makanya bisa dibuat nama / rumus kimianya...
bukan berarti meja itu ada rumus kimianya ini,, ini, ini,,, atau piring rumus kimianya ini,, ini,, ini,,,
bukan gitu... ^^"

kalau misalnya ada, truz api tu rumus kimianya apa ya...??  ???
truz koq bisa timbul api tu reaksi kimianya gimana ce....??  ???

sebenernya reaksi pembakaran di reaksi kimia itu memakai O_{2}...

timbul api itu kan beda2 caranya.. ^^"
ga harus dari reaksi pembakaran doank.. bereaksi sama air juga bisa timbul api,,
liat apa yg direaksikan... :D :D :D

maaf ya kalo ada yg salah... mohon koreksinya juga.. ^^"
~ You are what you eat ~

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: API tu sebenarnya apa ce...???
« Jawab #32 pada: Januari 05, 2010, 02:46:19 PM »
api itu sebenarnya wujudnya plasma :) so selain benda padat, cair, gas, ada juga plasma :)
Best Regards,


Astrawinata G

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Api
« Jawab #33 pada: Januari 06, 2010, 02:37:16 AM »
Jadi.... Sebenarnya apa itu api? Ada yang bilang plasma. Apa itu plasma?
Trus nanya lagi: Katanya kalo natrium dimasukkan ke air bisa meledak sedangkan air ke natrium gak meledak. KENAPA?? Dan bagaiman reaksi kimianya?
OOT OOT OOT..!!!

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Api
« Jawab #34 pada: Januari 06, 2010, 05:46:54 AM »
 Na + H_{2}O --> NaOH + 1/2 H_{2} itu reaksinya natrium padat dimasukin ke air...
 H_{2} itu yg buat ledakan...

hm,, air ke natrium itu gimana emang..?
apa ga sama ajah ya..?
hm..
« Edit Terakhir: Januari 06, 2010, 05:56:16 AM oleh sisca, chemistry »

Offline Media Kimia

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 58
  • IQ: 11
Re: Api
« Jawab #35 pada: Januari 06, 2010, 06:57:10 AM »
klo gak salah, api tu berwujud plasma.
yang dimaksud plasma tu suatu keadaan gas yang terionisasi dikarenakan suhu yang sngat tinggi

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Api
« Jawab #36 pada: Januari 06, 2010, 07:22:17 AM »
reaksi yang terjadi antara Na dan air emang sesuai dengan yang disebut sisca. H2 dan panas tinggi yang terbentuk dari reaksi eksoterm menyebabkan terbentuk nyala.
air ke natrium itu gimana? dituangkan langsung ke atas logam natrium ato gimana? rasanya aneh juga kalo reaksinya bisa beda...
logika yang mungkin saat air dituangkan ke logam natrium, H2 yang terbentuk segera terlepas ke udara bebas hingga tidak sempat membentuk nyala. beda dengan kondisi jika natrium dimasukkan ke air. udara yang terbentuk tidak langsung  terbang bebas karena ada hambatan air hingga sempat terkena panas lebih lama untuk timbulkan nyala.

Offline wakya

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 9
  • IQ: 1
Re: Api
« Jawab #37 pada: Januari 07, 2010, 02:48:40 AM »
bwt mbak sisca...
Kutip
hm,,, menurut aku.. semua yg ada didunia iu tersusun dari bahan2, zat2, unsur2, senyawa2 kimia..
makanya bisa dibuat nama / rumus kimianya...
bukan berarti meja itu ada rumus kimianya ini,, ini, ini,,, atau piring rumus kimianya ini,, ini,, ini,,,
bukan gitu... ^^"

hahahhaha.....
hmmm....maksut saya bukan itu mbak....
bukan rumus kimia meja, kursi, piring, dsb.....
tapi kan semua benda2 tersebbut tersusun dari unsur2 kan...??
nah yg saya maksut tuh unsur2 itu....

hmm....
truz kira2 api tu ada unsur penyusunnya ga ya....???  ???
truz koq ada bermacam2 jenis api...??
baik dari warna maupun tingkat kepanasannya.....

dilihat dari proses terbentuknya, jenis api yg dihasilkan emang sangat bergntung terhadap penyebabnya.....
hmm....tapi bedanya apa ya.....???  ???

truz kalo misale api tu berupa energi, koq energi bisa dilihat ya....???

duh pusing euy......
fenomena alam sungguh mengesankan......  ;D

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Api
« Jawab #38 pada: Januari 07, 2010, 03:01:24 AM »
truz kalo misale api tu berupa energi, koq energi bisa dilihat ya....???
cahaya termasuk salah bentuk energi kan?
api melepaskan dua bentuk energi, yaitu thermal dan cahaya.

Offline wakya

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 9
  • IQ: 1
Re: Api
« Jawab #39 pada: Januari 07, 2010, 03:05:30 AM »
hmmm....
tapi koq cahaya yg dihasilkan bisa beda2....??
dan sangat tergantung penyebabnya...??

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Api
« Jawab #40 pada: Januari 07, 2010, 03:19:24 AM »
ini ada kaitannya dengan tingkat eksitasi atom ato molekular... mungkin ada yang lebi bisa njelasin.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Api
« Jawab #41 pada: Januari 07, 2010, 05:29:40 AM »
hahhaa~ tak kira maksudne gitu,, oh,, unsur2 penyusunne..
itu banyak,,, ada byk yg polimer,, ane blom bljr sampe sono.. T.T"

macam2 warnane... iye,, kyk yg dibilang sama om syx..
liat dari tingkat eksitasinyee...
tingkat eksitasi itu keadaan yg b'energi lebih tinggi dari pada keadaan dasarnya..
keadaan dasar itu keadaan energi paling rendah dari suatu sistem..
radiasi diserap waktu keadaan tereksitasi,,. penyerapan energi..
nah, radiasi dipancarkan waktu uda mau kembali ke keadaan dasar,,, radiasi yg dipancarkan itu yg berwarna...
wadoh,, yg aku tau sih gitu,, ^^"
kalo ada salah tolong dikoreksi ya...  ;D ;D ;D ;D

Offline wakya

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 9
  • IQ: 1
Re: Api
« Jawab #42 pada: Januari 08, 2010, 05:01:16 AM »
Kutip
tingkat eksitasi itu keadaan yg b'energi lebih tinggi dari pada keadaan dasarnya..
keadaan dasar itu keadaan energi paling rendah dari suatu sistem..
radiasi diserap waktu keadaan tereksitasi,,. penyerapan energi..
nah, radiasi dipancarkan waktu uda mau kembali ke keadaan dasar,,, radiasi yg dipancarkan itu yg berwarna...

hmmm....
dalam hal ini yg berperan sbg penyerap dan penerima energinya siapa ya...???
kalau misalkan kita tinjau dari proses terjadinya api dari gesekan antara batang korek dengan wadahnya.....

hmm...
setau saya, sinah putih itu adalah gabungan dari semua spektrum sinar (mejikuhibiniu....), hm....tp koq pada warna api, warna yg ditampilakan cuma gabungn beberapa spektrum warna ya....??
dengan kata lain hanya pada frekuensi tertentu saja.....
koq keluarnya nggak semua spektrum warna ya....??
dengan kata lain berwarna putih....

padahal untuk memancarkan semua spektrum warna, justru dibutuhkan energi yg lebih sedikit dibandingkan dengan hanya memancarkan beberapa spektrum warna saja.....

tinjauan kasus adalah perbandingan antara lampu neon dg lampu bohlam (lampu wolfram)....
kenapa lampu neon bisa lebih hemat energi...??
hal ini dikarenakan pada lampu neon, dia memancarkan semua spektrum sinar --> sinar berwarna putih --> energi yg dikeluarkan lebih sedikit...
sedangkan pada bohlam --> hanya memancarkan 2 - 3 spektrum sinar --> daya yg dibutuhkan lebih besar

Offline wakya

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 9
  • IQ: 1
Re: Api
« Jawab #43 pada: Januari 08, 2010, 05:06:52 AM »
Api adalah zat panas yang ditimbulkan dari benda yang terbakar, berasal dari proses oksidasi sehingga berupa energi berintensitas yang bervariasi dan memiliki bentuk cahaya (dengan panjang gelombang juga di luar spektrum visual sehingga dapat tidak terlihat oleh mata manusia) dan panas yang juga dapat menimbulkan asap.

Api (warnanya-dipengaruhi oleh intensitas cahayanya) biasanya digunakan untuk menentukan apakah suatu bahan bakar termasuk dalam tingkatan kombusi sehingga dapat digunakan untuk keperluan manusia (misal digunakan sebagai bahan bakar api unggun, perapian atau kompor gas) atau tingkat pembakar yang keras yang bersifat sangat penghancur, membakar dengan tak terkendali sehingga merugikan manusia (misal, pembakaran pada gedung, hutan, dan sebagainya).

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Api
« Jawab #44 pada: Januari 08, 2010, 05:53:27 AM »
Warna api pertama ditentukan oleh suhu. Dari warna merah, biru, hingga putih. Semakin panas suhunya, maka akan berubah menjadi biru lalu putih.
Selain itu, zat2 tertentu juga bisa merubah warna api (boleh dicoba):
Carmine Lithium Chloride
Red Strontium Chloride
Orange Calcium Chloride (a bleaching powder)
Yellow Sodium Chloride (table salt) or Sodium Carbonate
Yellowish Green Borax
Green Copper Sulfate
Blue Copper Chloride
Violet 3 parts Potassium Sulfate 1 part Potassium Nitrate (saltpeter)
Purple Potassium Chloride
White Magnesium Sulfate (Epsom salts)

Sumber: http://chemistry.about.com/cs/howtos/a/aa052703a.htm

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
14 Jawaban
8089 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 22, 2009, 03:09:34 AM
oleh dhiya
32 Jawaban
24222 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 27, 2016, 01:50:36 AM
oleh Monox D. I-Fly
5 Jawaban
3806 Dilihat
Tulisan terakhir November 09, 2010, 11:07:45 AM
oleh sayang
3 Jawaban
3554 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 30, 2014, 02:42:05 PM
oleh reborn
4 Jawaban
3829 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 03, 2015, 01:47:35 PM
oleh Farabi