Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Maret 05, 2021, 09:57:25 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26699
  • Latest: Rion
Stats
  • Total Tulisan: 139621
  • Total Topik: 10384
  • Online Today: 41
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 35
Total: 35

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Api  (Dibaca 27532 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Api
« Jawab #45 pada: Januari 08, 2010, 07:25:04 AM »
itu yang dipake sebagai dasar spektroskopi untuk identifikasi dan analisa kandungan komponen.

Offline wakya

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 9
  • IQ: 1
Re: Api
« Jawab #46 pada: Januari 08, 2010, 08:02:48 AM »
Kutip
Warna api pertama ditentukan oleh suhu. Dari warna merah, biru, hingga putih. Semakin panas suhunya, maka akan berubah menjadi biru lalu putih.
Selain itu, zat2 tertentu juga bisa merubah warna api (boleh dicoba):
Carmine Lithium Chloride
Red Strontium Chloride
Orange Calcium Chloride (a bleaching powder)
Yellow Sodium Chloride (table salt) or Sodium Carbonate
Yellowish Green Borax
Green Copper Sulfate
Blue Copper Chloride
Violet 3 parts Potassium Sulfate 1 part Potassium Nitrate (saltpeter)
Purple Potassium Chloride
White Magnesium Sulfate (Epsom salts)

menurut saya, warna api bukan disebabkan oleh suhu, tapi lebih disebabkan dan sangat ditentukan oleh proses terciptanya api itu sendiri.....dari proses terciptanya api tersebut, barulah akan dihasilkan api dengan panas yg berbeda2....
warna api disini bisa dikatakan sebagai INDIKATOR tingkat kepanasan yg dihasilkan....

hmm...
tapi kembali muncul pertanyaan, bagaimana pengaruh dari zat2 tersebut sehingga mempengaruhi tingkat kepanasan dari api itu sendiri...? ???

selain itu, panas api koq bisa mempengaruhi warna api yg dihasilkan ya....? ???

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Api
« Jawab #47 pada: Januari 08, 2010, 12:22:16 PM »
huaaa~
aku baca aja deh. ndak tau ginian.. ^^"

makasi buat abang2 dan om di sini,, bisa tambah ilmu.. ^^"
~ You are what you eat ~

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Api
« Jawab #48 pada: Januari 31, 2010, 03:04:04 AM »
menurut saya, warna api bukan disebabkan oleh suhu, tapi lebih disebabkan dan sangat ditentukan oleh proses terciptanya api itu sendiri.....dari proses terciptanya api tersebut, barulah akan dihasilkan api dengan panas yg berbeda2....
warna api disini bisa dikatakan sebagai INDIKATOR tingkat kepanasan yg dihasilkan....
Po-tay-to , po-tah-to

Sepertinya zat2 itu tidak mempengaruhi suhu api, tapi ada reaksi2 kimia yang menghasilkan warna tertentu. Lagian kalau masalah suhu, gak ada yang warna ungu atau hijau toh... Cuman merah, biru, putih.
Reaksi kimianya ada yang tau?
OOT OOT OOT..!!!

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Api
« Jawab #49 pada: Januari 31, 2010, 04:22:18 AM »
maksudnya gimana..?

reaksi yg apa..?

Offline abyyasha

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 1
Re: Api
« Jawab #50 pada: Februari 08, 2010, 01:36:36 AM »
pertanyaan yg mungkn da banyak jwbnya....
« Edit Terakhir: Februari 08, 2010, 01:42:45 AM oleh abyyasha »

Offline abyyasha

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 1
Re: Api
« Jawab #51 pada: Februari 08, 2010, 01:41:40 AM »

lo mnurut my anality ap itu adalah sebuah bentuk "energi"dari hasil pmbakaran tu sndiri.
knpa dikatakan energi..?
energi adalah gaya yg dpt mnyebabkan suatu usaha....
cobain za tangan ente masukin ke api,maka perlahan2 kn hangus & bahkan bsa mnguraikan nya mnjadi unsur2 pmbentuk nya.
jd api tu adalah hasil pembakaran yng dpt menguraikn zat2 trtentu sbgai hasil usaha nya. panas merupakan nama dari energi api tsbt.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Api
« Jawab #52 pada: Februari 08, 2010, 01:51:09 AM »
jadi warna2 itu dateng dari mana..?

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Api
« Jawab #53 pada: Februari 08, 2010, 03:03:00 AM »
Dari hasil2 reaksi kimia karena pembakaran mungkin...
Atau mungkin ada yang gak sengaja jatuhin cat ke dalam... (OOT mode)

Masalahnya: reaksinya gimana?

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Api
« Jawab #54 pada: Februari 08, 2010, 10:17:11 AM »
menurut saya, warna api bukan disebabkan oleh suhu, tapi lebih disebabkan dan sangat ditentukan oleh proses terciptanya api itu sendiri.....dari proses terciptanya api tersebut, barulah akan dihasilkan api dengan panas yg berbeda2....
warna api disini bisa dikatakan sebagai INDIKATOR tingkat kepanasan yg dihasilkan....
Po-tay-to , po-tah-to

Sepertinya zat2 itu tidak mempengaruhi suhu api, tapi ada reaksi2 kimia yang menghasilkan warna tertentu. Lagian kalau masalah suhu, gak ada yang warna ungu atau hijau toh... Cuman merah, biru, putih.
Reaksi kimianya ada yang tau?
...sejauh dalam penelitian warna api lebih cenderung tergantung dari kualitas kesempurnaan pembakaran dan kadar oksigen. Memang secara tidak langsung api ada yang berwarna biru yang berasal dari pembakaran yang lebih sempurna dan oksigen yang lebih banyak akan lebih panas. artinya nggak ada gas lain yg terlibat. Warnanya biru, karena itu energi tertinggi yang bisa dicapai oleh pembakaran (combution) O2
tentu ada api yang wanrnanya selain merah dan biru, inget aja spektrum warna (me-ji-ku-hi-bi-u, warna ungu nggak bisa dicapai oleh pembakaran O2) ::)...contoh warna aneh ini dapat ditemukan pada reaksi fusi dan pada bintang2 dilangit.
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.809
  • IQ: 11
Re: Api
« Jawab #55 pada: Februari 13, 2010, 09:41:46 AM »
Berkaitan dengan pengetahuan tentang Api,  barangkali penjelasan saya di bawah ini bisa membantu  :

Definisi tentang Api yang digunakan dalam Tehnik Pemadaman Kebakaran  :  Api adalah reaksi berantai yang terjadi antara tiga unsur  :  Bahan Bakar,  Panas,  dan Oksigen.   Salah satu saja dari tiga unsur itu tidak ada atau kadarnya berkurang, maka tidak akan terjadi nyala api.

Segitiga Api ( Fire Triangle ) terdiri dari :  Bahan Bakar,  Panas,  dan Oksigen.

Teknik Pemadaman Kebakaran pada dasarnya bertumpu dari Segitiga Api tersebut di atas.   Misalnya,  pemadaman dengan menggunakan air,  ditujukan untuk mendinginkan / mengurangi kadar panas.   Pemadaman dengan bahan Busa dan Chemical Powder,  ditujukan untuk mengisolasi oksigen, dst.

Maaf,  jadinya kok menjelaskan Dasar2 dari Teknik Pemadaman Kebakaran.   Tapi rasanya perlu diketahui juga ya.   Dan yang perlu diketahui juga,  suatu nyala api hanya bisa terjadi bila kadar oksigen di sekitarnya lebih dari 12 %.   Bila kadar oksigen kurang dari 12 %,  tidak akan terjadi nyala api   ........

Offline Media Kimia

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 58
  • IQ: 11
Re: Api
« Jawab #56 pada: Februari 19, 2010, 02:25:21 PM »
mungkin ini bisa membantu menjelaskan tentang warna api.
Elektron-elektron yang terlibat dalam reaksi pembakaran akan tereksitasi karena mendapatkan energi dari reaksi pembakaran. Elektron-elektron yang tereksitasi memiliki energi yang tinggi sehingga menjadi tidak stabil sehingga akan segera kembali ke keadaan dasar dengan melepaskan sejumlah energi dalam bentuk cahaya (foton). gelombang cahaya ini memiliki panjang gelombang tertentu. jika panjang gelombang yang dipancarkan berada di daerah sinar tampak, maka api akan kelihatan berwarna sesuai dengan panjang gelombang yang dipancarkan.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Api
« Jawab #57 pada: Februari 19, 2010, 02:29:40 PM »
setuju,,
emang lebih bisa trima ttg foton2...
dan eksitasi. T___T

Offline laZr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 155
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
Re: Api
« Jawab #58 pada: Februari 20, 2010, 12:30:11 AM »
@sisca: kok T___T ?

tapi saya masih bingung, kenapa api bentuknya seperti itu...
dulunya 'bledug' sekarang udah jadi laZr ya...

Keep Moving Forward!!

Offline Media Kimia

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 58
  • IQ: 11
Re: Api
« Jawab #59 pada: Februari 20, 2010, 04:34:05 AM »
jika tidak ada pengaruh dari pergerakan udara maka api akan berbentuk seperti bola karena energi yang dipancarkan menyebar ke segala arah. Akan tetapi karena partikel-partikel gas jika dalam keadaan suhu tinggi maka akan menjadi lebih ringan daripada dalam keadaan suhu kamar. Oleh karena itu, api akan cenderung bergerak ke atas atau menurut arah angin yang mengenai api itu.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
14 Jawaban
8083 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 22, 2009, 03:09:34 AM
oleh dhiya
32 Jawaban
24220 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 27, 2016, 01:50:36 AM
oleh Monox D. I-Fly
5 Jawaban
3806 Dilihat
Tulisan terakhir November 09, 2010, 11:07:45 AM
oleh sayang
3 Jawaban
3554 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 30, 2014, 02:42:05 PM
oleh reborn
4 Jawaban
3829 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 03, 2015, 01:47:35 PM
oleh Farabi