Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Kimia => Topik dimulai oleh: Idad pada Oktober 30, 2009, 08:15:23 AM

Judul: Asam Amino
Ditulis oleh: Idad pada Oktober 30, 2009, 08:15:23 AM
Asam Amino yang ada ti tubuh kita ada yang bisa diproduksi sendiri dan ada yang tidak. Asam Amino yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh ktia disebut sebagai Asam Amino Esensial, sedangkan yang dapat diproduksi oleh tubuh ktia disebut sebagai Asam Amino Non-Esensial.
Asam Amino Non-Esensial yang ada dalam tubuh kita jumlahnya banyak sekali, mungkin bisa mencapai ratusan. Tetapi, Asam Amino Non-Esensial yang esensinya vital ada sekitar 10 yang perlu dihafal. Sedangkan untuk Asam Amino Non-Esensial ada juga sekitar 10 yang perlu dihafal.

Berikut ada cara mudah untuk menghafal keduapuluh Asam Amino tersebut.

Esensial                      Non-Esensial                   
Arginine             Serine
Leusin               Aasparagin
Isoleusin            Proline & Hidroksiproline   
Methionine         Aaspartat
Lisin                  Glutamin & Glutamat   
Treonin              Hdroksilisin
Valine                Alanin
Fenilalanine        Triosin
Triptofan           Sistein

Dapat disingkat
Esensial        - A L I M Li Tre Va Fe Tri
Non Esensial  - S A P A   GHATS
Sekedar untuk mengingat
Jika dalam As. Amino Esensial ada Fenilalanin maka dalam Non Esensial ada Alanin
Jika dalam As. Amino Esensial ada Lisin         maka dalam Non Esensial ada Hidroksilisin

Semoga membantu
Judul: Re: Asam Amino
Ditulis oleh: syx pada November 02, 2009, 11:17:55 PM
glisin ada di mana ya?
Judul: Re: Asam Amino
Ditulis oleh: nandaz pada November 03, 2009, 10:09:41 AM
...seharusnya di non essensial khan?
Judul: Re: Asam Amino
Ditulis oleh: syx pada November 04, 2009, 09:08:07 AM
kelupaan dimasukin kali ya?
Judul: Re: Asam Amino
Ditulis oleh: phice pada November 04, 2009, 09:20:42 AM
Kalo' Histidin?
Berarti asam amino ada 21 ya?
Judul: Re: Asam Amino
Ditulis oleh: raisuien pada November 04, 2009, 12:50:56 PM
bukannya fenilalanin dan metionin termasuk semi essensial krn
fenilalanin dapat diubah jd tiroksin
metionin jd cystin
???
Judul: Re: Asam Amino
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada November 04, 2009, 12:58:03 PM
ah..
ga jadi dihapalin..
Judul: Re: Asam Amino
Ditulis oleh: raisuien pada November 04, 2009, 01:03:43 PM
Asam Amino Essensial:
Lisin , Metionin , Valin , Leusin , Isoleusin , Triptofan , Fenialanin , Treonin
tambahan untuk anak2: Histidin dan Arginin

Asam Amino Semi Essensial:
Metionin --> Cystin
Fenialanin --> Tirosin

Asam Amino Non Essensial:
Glisin , Arginin , Prolin , Asam Glutamat , Asam Aspartat , Serin , Alanin
(GAP GASA)
Judul: Re: Asam Amino
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada November 04, 2009, 01:09:59 PM
kenapa bisa ada essensial, semi, dan non..?
apa yg bedain..?
Judul: Re: Asam Amino
Ditulis oleh: raisuien pada November 04, 2009, 01:18:27 PM
asam amino essensial dibutuhkan tubuh tp tak bisa diproduksi oleh tubuh shg hrs diambil dr makanan
klo non essensial bisa dibuat tubuh
klo semi essensial bisa diubah oleh tubuh dgn adanya asam amino essensial
Judul: Re: Asam Amino
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada November 04, 2009, 01:20:08 PM
ooo,,
woke,,
singkat aja toh..

kenapa nama2 enzim bykan pake akhiran -in..?
ada maksudnya.?
Judul: Re: Asam Amino
Ditulis oleh: raisuien pada November 04, 2009, 01:22:46 PM
kurang taw jg..
tp mungkin dr gugus aminnya..
sebab asam amino punya gugus amin, karboksil, dan sisa rantai (R)

COOH-CH-R
           l
         NH2
Judul: Re: Asam Amino
Ditulis oleh: syx pada November 04, 2009, 11:36:30 PM
kalo yang sintetis seperti taurin?
Judul: Re: Asam Amino
Ditulis oleh: Hand15 pada November 05, 2009, 11:01:40 AM
ooo,,
woke,,
singkat aja toh..

kenapa nama2 enzim bykan pake akhiran -in..?
ada maksudnya.?
kurang taw jg..
tp mungkin dr gugus aminnya..
sebab asam amino punya gugus amin, karboksil, dan sisa rantai (R)

COOH-CH-R
           l
         NH2

Sebagai informasi, padanan resmi ''amine'' adalah "amina". Segala jenis senyawa yang berakhiran "-ine" dalam bahasa Inggris menandakan adanya gugus "amine" dalam senyawa tersebut.
Contohnya dahulu vitamin dinamakan "vitamine" karena diyakini semua vitamin mengandung "amine", tapi akhirnya diketahui tidak semua vitamin mengandung gugus amine, sehingga huruf "e" dilepaskan.

Dalam bahasa Indonesia, untuk membedakan nama senyawa yang berakhiran "-ine" dan "-in" dalam bahasa Inggris, maka "-ine" (yang mengandung amina) dipadankan menjadi "-ina" dan "-in" tetap menjadi "-in".

Sehingga:
Phenylalanine = Fenilalanina
Alanine = Alanina
Glysine = Glisina
Caffeine = Kafeina
Cocaine = Kokaina

Anda bisa mencoba mengeceknya di KBBI dan glosarium resmi pusat bahasa:
http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/index.php
http://pusatbahasa.diknas.go.id/glosarium/

Tidak akan anda temui kata-kata seperti alanin, glisin, fenilalanin, kafein dan kokain di sana.

Hal yang sama juga berlaku pada akhiran "-ole" (mengandung nitrogen heterosiklik) dan "-ol" (mengandung gugus -OH) dipadankan menjadi "-ola" dan "-ol"
Judul: Re: Asam Amino
Ditulis oleh: sith lord pada November 05, 2009, 12:43:47 PM
^
nice post

tapi di buku bio/kimia kok biasanya -in ya
Judul: Re: Asam Amino
Ditulis oleh: nandaz pada November 06, 2009, 06:12:59 AM
Kutip
Cocaine = Kokaina
...ini termasuk senyawa sintetik bukan?
...baru tahu kalo kokaina juga memiliki gugus amina....
Judul: Re: Asam Amino
Ditulis oleh: biobio pada November 06, 2009, 06:19:29 AM
Kutip
Cocaine = Kokaina
...ini termasuk senyawa sintetik bukan?
...baru tahu kalo kokaina juga memiliki gugus amina....
Kokain kalau gak salah salah ada di daun koka dan digunakan pada Coca Cola yang asli (yang jadul maksudnya), dan memang mengandung gugus amina.
Judul: Re: Asam Amino
Ditulis oleh: Hand15 pada November 06, 2009, 06:23:33 AM
Kutip
Cocaine = Kokaina
...ini termasuk senyawa sintetik bukan?
...baru tahu kalo kokaina juga memiliki gugus amina....

Coba definisikan apa itu sintetik?
Karena molekul organik apapun yang ada di bumi ini bisa dibuat secara sintetik... permasalahannya hanya pada seberapa ekonomis proses sintesis itu.
Judul: Re: Asam Amino
Ditulis oleh: biobio pada November 06, 2009, 06:25:21 AM
Kutip
Cocaine = Kokaina
...ini termasuk senyawa sintetik bukan?
...baru tahu kalo kokaina juga memiliki gugus amina....

Coba definisikan apa itu sintetik?
Karena molekul organik apapun yang ada di bumi ini bisa dibuat secara sintetik... permasalahannya hanya pada seberapa ekonomis proses sintesis itu.
Sintetik: buatan manusia. Definisi ini sudah cukup jelas.
Judul: Re: Asam Amino
Ditulis oleh: nandaz pada November 06, 2009, 06:32:16 AM

Coba definisikan apa itu sintetik?
Karena molekul organik apapun yang ada di bumi ini bisa dibuat secara sintetik... permasalahannya hanya pada seberapa ekonomis proses sintesis itu.
...buatan manusia, maksud sintetiknya dalam ke farmasian bisa lagi diolah menjadi anestesi kaya' benzoine, proparacaine, lignocaine dan tetracaine...sering dengar itukan yang juga hasil pengulahan sintetik dari kokaina...kadang2 digunakan sebagai pengurang pendarahan.
Judul: Re: Asam Amino
Ditulis oleh: Hand15 pada November 06, 2009, 06:41:06 AM
Sintetik: buatan manusia. Definisi ini sudah cukup jelas.

Yah dua duanya...
Bisa diekstraksi dari daun coca
Bisa juga dibikin manusia secara sintetik
Judul: Re: Asam Amino
Ditulis oleh: Idad pada November 08, 2009, 10:17:50 PM
glisin ada di mana ya?
...seharusnya di non essensial khan?
kelupaan dimasukin kali ya?
hehe.., selain sya lupa..,
kadang dari beberapa sumebr mengelompokkan esensial dan non-esensial berbeda,
Salah satu sumber memasukkan Glysin ke keduapuluh asam amino tersebut. Sedangkan dari sumber yang saya ambil ini tidak.


[/quote]
Asam Amino Essensial:
Lisin , Metionin , Valin , Leusin , Isoleusin , Triptofan , Fenialanin , Treonin
tambahan untuk anak2: Histidin dan Arginin

Asam Amino Semi Essensial:
Metionin --> Cystin
Fenialanin --> Tirosin

Asam Amino Non Essensial:
Glisin , Arginin , Prolin , Asam Glutamat , Asam Aspartat , Serin , Alanin
(GAP GASA)
Hm.., baru tau ada semi esensial.
Lumayan untuk hafalan.., hehehe...
thx banyak ya om Rai..