Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

April 24, 2021, 09:17:43 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139629
  • Total Topik: 10389
  • Online Today: 146
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 41
Total: 41

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Asam Basa  (Dibaca 14638 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Media Kimia

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 58
  • IQ: 11
Asam Basa
« pada: November 23, 2009, 10:09:39 AM »
Apakah anda sudah paham tentang konsep asam basa?

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Asam Basa
« Jawab #1 pada: November 23, 2009, 10:23:38 AM »
emang kenapa..?

mau tanya tentang titrasi asam basa donk kalo gitu..

tujuan titrasi asam basa apa..?
~ You are what you eat ~

Offline Media Kimia

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 58
  • IQ: 11
Re: Asam Basa
« Jawab #2 pada: November 23, 2009, 10:30:33 AM »
tujuan titrasi asam basa sebenarnya banyak banget.
yang sering dilakukan yaitu untuk menentukan konsentrasi asam atau basa yang diposisikan sebagai titrat

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Asam Basa
« Jawab #3 pada: November 23, 2009, 10:34:19 AM »
jadi sebenarnya titrat itu artinya apa...?
titrat sama..?
seimbang..?

Offline Media Kimia

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 58
  • IQ: 11
Re: Asam Basa
« Jawab #4 pada: November 23, 2009, 10:50:45 AM »
titrat yaitu zat yang biasanya diletakkan pada erlenmeyer. vulumenya tetap.
kalau titran, zat yang diletakkan di buret

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Asam Basa
« Jawab #5 pada: November 23, 2009, 11:59:20 PM »
ooo,,,
baru tauu..
thx..

o,a sisca baca dibuku..
tujuannya utk mencapai titik equivalen..
atau keseimbangan antara larutan asam dan basa...
g'mana...?
betul ga..?

Offline Media Kimia

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 58
  • IQ: 11
Re: Asam Basa
« Jawab #6 pada: November 24, 2009, 03:35:22 AM »
iya, tujuannya mang kaya gitu.
tapi bisa diaplikasikan dalam banyak hal.
setiap titrasi selalu diakhiri pada titik ekuivalen

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Asam Basa
« Jawab #7 pada: November 24, 2009, 06:37:34 AM »
titi equivalen itu maksudnya sampai asam dan basa jadi netral..?
pH=7....?
hehehee~

soalnya lom diplajari...
dibaca ajah belom..
^^"

mklm ajah ya agak oon...

Offline r.a.n

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 312
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Tebak saya yang mana..????
Re: Asam Basa
« Jawab #8 pada: November 24, 2009, 09:37:47 PM »
Mau nanya sama media kimia...sebenarnya larutan dapar apaan..sih..Yg saya tau, katanya bisa menjaga pH kira-kira mekanismenya gimana? dan reaksinya seperti apa??
"stem..cell apa BTKV..aduh bingung..???"

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Asam Basa
« Jawab #9 pada: November 24, 2009, 09:45:57 PM »
lar.dapar itu lar.penyangga kan......

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Asam Basa
« Jawab #10 pada: November 24, 2009, 10:04:23 PM »
dapar adalah bahan atau campuran bahan yang jika ada dalam larutan dapat menahan perubahan pH saat ada penambahan sedikit asam atau basa.
kalo kita bikin larutan NaCl trus kita tambahkan asam atau basa kuat maka akan terjadi perubahan pH yang drastis. di sini disebutkan kalo larutan tersebut tidak punya kemampuan mendapar. demikian juga kalo kita nambahin larutan HCl 0.1 N ke dalam air murni. pH air bakal menurun dari 7 menjadi sekitar 3.
bandingkan kalo kita buat larutan campuran antara senyawa basa lemah dan garamnya atau senyawa asam lemah dan garamnya... jika kita nambah dikit aja asam kuat ke dalam larutan tersebut pH bisa cuma berubah ga sampe 0.1 unit pH.
contoh aja larutan campuran asam asetat dan Na asetat 0.01 M... jika kita tambah asam kuat dalam larutan ini, pH hanya berubah sedikit aja karena ion asetat dari garamnya bakal mengikat ion hidrogen:
Ac- + H3O+ <=> HAc + H2O
kalo kita nambah basa kuat maka asam asetat yang menetralkannya:
HAc + OH- <=> H2O + Ac-

Offline Media Kimia

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 58
  • IQ: 11
Re: Asam Basa
« Jawab #11 pada: November 25, 2009, 01:18:52 AM »
Larutan dapar juga bisa disebut larutan penyangga, yaitu larutan yang dapat mempertahankan harga pH-nya jika ke dalamnya ditambah sedikit asam kuat, basa kuat, ataupun sedikit diencerkan.

Larutan penyangga dapat diklasifikasikan menjadi 2 macam yaitu:
1. Larutan penyangga asam
2. Larutan penyangga basa.

Klasifikasi ini didasarkan pada komponen yang ada dalam larutan tersebut.

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Asam Basa
« Jawab #12 pada: November 25, 2009, 05:51:45 AM »
...
bandingkan kalo kita buat larutan campuran antara senyawa basa lemah dan garamnya atau senyawa asam lemah dan garamnya... jika kita nambah dikit aja asam kuat ke dalam larutan tersebut pH bisa cuma berubah ga sampe 0.1 unit pH.
contoh aja larutan campuran asam asetat dan Na asetat 0.01 M... jika kita tambah asam kuat dalam larutan ini, pH hanya berubah sedikit aja karena ion asetat dari garamnya bakal mengikat ion hidrogen
...sebetulnya dalam penyangga juga tergantung dengan volume ,lho Monseur..., dan yang lemah harus bersisa...bila basa lemah dengan volume 200mL dan konsentrasi 0,5M dimasukkan kedalamnya suatu asam kuat dengan volume 50 mL dan konsentrasi 2M...maka ngga akan terjadi larutan penyangga.
kalo ngga salah yang biasa dimasukkan kedalam buret yang bersifat lemah. dan dalam erlenmeyer pake indikator penolptalein(yang sering digunakan sih)...lebih bagus lagi reaksinya bila titik akhir /titik ekuivalen diperoleh cepat sewaktu meneteskan buret agar proses titrasi cepat terjadi...masih inget percobaan SMA tentang Titran dan Analit Untuk Titrasi, dalam percobaan ini  titran dan analit sama-sama habis bereaksi sebagai sisanya  kita menggunakan penanda berubahnya warna larutan, perubahan arus listrik, ataupun perubahan sifat fisik larutan yang lain...nah, dari perubahan ini dalam titrasi asam basa bisa dipergunakan indicator tapi yang perlu diingat jarak antara titik akhir titrasi dengan titik ekuivalent harus berdekatan.
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline Media Kimia

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 58
  • IQ: 11
Re: Asam Basa
« Jawab #13 pada: November 26, 2009, 01:10:08 AM »
pada intinya untuk penyangga asam, dalam larutan harus terdapat molekul asam lemah dan basa konjugasinya.
sedangkan untuk penyangga basa harus terdapat molekul basa lemah dan asam konjugasinya

Offline r.a.n

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 312
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Tebak saya yang mana..????
Re: Asam Basa
« Jawab #14 pada: November 30, 2009, 06:16:28 AM »
Berarti ada kaitan antara larutan dapar dan konsep kesetimbangan..donk..Terkait dengan asam basa ada beberapa pertanyaan nih...

Ada yang tau tentang Stewart Approach..dalam asam basa ditubuh manusia??? disitu dibilang katanya ada hubungan antara...Strong Ionic Difference (SID), Total Weak Acid dan PCO2..nggak mudeng. ??? ??? Trus apa kaitannya jika suatu larutan SIDnya kecil cenderung bikin asam??? nggak ngerti..

Mohon bantuan..temen-temen yang lain...makasih..maaf merepotkan.. :D :D


 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
16 Jawaban
24749 Dilihat
Tulisan terakhir April 15, 2009, 12:58:08 AM
oleh biobio
9 Jawaban
194238 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 24, 2013, 04:45:41 AM
oleh Monox D. I-Fly
Teori Asam Basa

Dimulai oleh Media Kimia « 1 2 3 » Kimia

35 Jawaban
33099 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 07, 2010, 04:16:36 PM
oleh athiya_masruf
Titrasi Asam Basa

Dimulai oleh ehrgeizt « 1 2 » Kimia

24 Jawaban
18082 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 24, 2010, 09:54:27 AM
oleh ehrgeizt
5 Jawaban
7082 Dilihat
Tulisan terakhir April 22, 2013, 06:37:11 AM
oleh biobio