Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Kimia => Topik dimulai oleh: Media Kimia pada November 23, 2009, 10:09:39 AM

Judul: Asam Basa
Ditulis oleh: Media Kimia pada November 23, 2009, 10:09:39 AM
Apakah anda sudah paham tentang konsep asam basa?
Judul: Re: Asam Basa
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada November 23, 2009, 10:23:38 AM
emang kenapa..?

mau tanya tentang titrasi asam basa donk kalo gitu..

tujuan titrasi asam basa apa..?
Judul: Re: Asam Basa
Ditulis oleh: Media Kimia pada November 23, 2009, 10:30:33 AM
tujuan titrasi asam basa sebenarnya banyak banget.
yang sering dilakukan yaitu untuk menentukan konsentrasi asam atau basa yang diposisikan sebagai titrat
Judul: Re: Asam Basa
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada November 23, 2009, 10:34:19 AM
jadi sebenarnya titrat itu artinya apa...?
titrat sama..?
seimbang..?
Judul: Re: Asam Basa
Ditulis oleh: Media Kimia pada November 23, 2009, 10:50:45 AM
titrat yaitu zat yang biasanya diletakkan pada erlenmeyer. vulumenya tetap.
kalau titran, zat yang diletakkan di buret
Judul: Re: Asam Basa
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada November 23, 2009, 11:59:20 PM
ooo,,,
baru tauu..
thx..

o,a sisca baca dibuku..
tujuannya utk mencapai titik equivalen..
atau keseimbangan antara larutan asam dan basa...
g'mana...?
betul ga..?
Judul: Re: Asam Basa
Ditulis oleh: Media Kimia pada November 24, 2009, 03:35:22 AM
iya, tujuannya mang kaya gitu.
tapi bisa diaplikasikan dalam banyak hal.
setiap titrasi selalu diakhiri pada titik ekuivalen
Judul: Re: Asam Basa
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada November 24, 2009, 06:37:34 AM
titi equivalen itu maksudnya sampai asam dan basa jadi netral..?
pH=7....?
hehehee~

soalnya lom diplajari...
dibaca ajah belom..
^^"

mklm ajah ya agak oon...
Judul: Re: Asam Basa
Ditulis oleh: r.a.n pada November 24, 2009, 09:37:47 PM
Mau nanya sama media kimia...sebenarnya larutan dapar apaan..sih..Yg saya tau, katanya bisa menjaga pH kira-kira mekanismenya gimana? dan reaksinya seperti apa??
Judul: Re: Asam Basa
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada November 24, 2009, 09:45:57 PM
lar.dapar itu lar.penyangga kan......
Judul: Re: Asam Basa
Ditulis oleh: syx pada November 24, 2009, 10:04:23 PM
dapar adalah bahan atau campuran bahan yang jika ada dalam larutan dapat menahan perubahan pH saat ada penambahan sedikit asam atau basa.
kalo kita bikin larutan NaCl trus kita tambahkan asam atau basa kuat maka akan terjadi perubahan pH yang drastis. di sini disebutkan kalo larutan tersebut tidak punya kemampuan mendapar. demikian juga kalo kita nambahin larutan HCl 0.1 N ke dalam air murni. pH air bakal menurun dari 7 menjadi sekitar 3.
bandingkan kalo kita buat larutan campuran antara senyawa basa lemah dan garamnya atau senyawa asam lemah dan garamnya... jika kita nambah dikit aja asam kuat ke dalam larutan tersebut pH bisa cuma berubah ga sampe 0.1 unit pH.
contoh aja larutan campuran asam asetat dan Na asetat 0.01 M... jika kita tambah asam kuat dalam larutan ini, pH hanya berubah sedikit aja karena ion asetat dari garamnya bakal mengikat ion hidrogen:
Ac- + H3O+ <=> HAc + H2O
kalo kita nambah basa kuat maka asam asetat yang menetralkannya:
HAc + OH- <=> H2O + Ac-
Judul: Re: Asam Basa
Ditulis oleh: Media Kimia pada November 25, 2009, 01:18:52 AM
Larutan dapar juga bisa disebut larutan penyangga, yaitu larutan yang dapat mempertahankan harga pH-nya jika ke dalamnya ditambah sedikit asam kuat, basa kuat, ataupun sedikit diencerkan.

Larutan penyangga dapat diklasifikasikan menjadi 2 macam yaitu:
1. Larutan penyangga asam
2. Larutan penyangga basa.

Klasifikasi ini didasarkan pada komponen yang ada dalam larutan tersebut.
Judul: Re: Asam Basa
Ditulis oleh: nandaz pada November 25, 2009, 05:51:45 AM
...
bandingkan kalo kita buat larutan campuran antara senyawa basa lemah dan garamnya atau senyawa asam lemah dan garamnya... jika kita nambah dikit aja asam kuat ke dalam larutan tersebut pH bisa cuma berubah ga sampe 0.1 unit pH.
contoh aja larutan campuran asam asetat dan Na asetat 0.01 M... jika kita tambah asam kuat dalam larutan ini, pH hanya berubah sedikit aja karena ion asetat dari garamnya bakal mengikat ion hidrogen
...sebetulnya dalam penyangga juga tergantung dengan volume ,lho Monseur..., dan yang lemah harus bersisa...bila basa lemah dengan volume 200mL dan konsentrasi 0,5M dimasukkan kedalamnya suatu asam kuat dengan volume 50 mL dan konsentrasi 2M...maka ngga akan terjadi larutan penyangga.
kalo ngga salah yang biasa dimasukkan kedalam buret yang bersifat lemah. dan dalam erlenmeyer pake indikator penolptalein(yang sering digunakan sih)...lebih bagus lagi reaksinya bila titik akhir /titik ekuivalen diperoleh cepat sewaktu meneteskan buret agar proses titrasi cepat terjadi...masih inget percobaan SMA tentang Titran dan Analit Untuk Titrasi, dalam percobaan ini  titran dan analit sama-sama habis bereaksi sebagai sisanya  kita menggunakan penanda berubahnya warna larutan, perubahan arus listrik, ataupun perubahan sifat fisik larutan yang lain...nah, dari perubahan ini dalam titrasi asam basa bisa dipergunakan indicator tapi yang perlu diingat jarak antara titik akhir titrasi dengan titik ekuivalent harus berdekatan.
Judul: Re: Asam Basa
Ditulis oleh: Media Kimia pada November 26, 2009, 01:10:08 AM
pada intinya untuk penyangga asam, dalam larutan harus terdapat molekul asam lemah dan basa konjugasinya.
sedangkan untuk penyangga basa harus terdapat molekul basa lemah dan asam konjugasinya
Judul: Re: Asam Basa
Ditulis oleh: r.a.n pada November 30, 2009, 06:16:28 AM
Berarti ada kaitan antara larutan dapar dan konsep kesetimbangan..donk..Terkait dengan asam basa ada beberapa pertanyaan nih...

Ada yang tau tentang Stewart Approach..dalam asam basa ditubuh manusia??? disitu dibilang katanya ada hubungan antara...Strong Ionic Difference (SID), Total Weak Acid dan PCO2..nggak mudeng. ??? ??? Trus apa kaitannya jika suatu larutan SIDnya kecil cenderung bikin asam??? nggak ngerti..

Mohon bantuan..temen-temen yang lain...makasih..maaf merepotkan.. :D :D

Judul: Re: Asam Basa
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada November 30, 2009, 06:31:08 AM
wah,, wah,,
baru denger juga~

http://www.anaesthetist.com/icu/elec/ionz/Findex.htm#Stewart.htm

wah,, wah,, nemu ini....
bisa buat bacaan ntar... ^^
Judul: Re: Asam Basa
Ditulis oleh: r.a.n pada Desember 01, 2009, 04:51:37 AM
@Sisca
Keren-keren..di copas yak linknya mau baca dulu... Thank u^_^
Judul: Re: Asam Basa
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Desember 02, 2009, 09:53:22 AM
same2....
ntar kalo uda baca... ceritain yach...
hahahhaha~

lagi ujian ga sempat baca~
~.~"