Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Oktober 07, 2022, 12:49:41 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,637
  • Total Topik: 10,394
  • Online today: 36
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 29
Total: 29

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Asam karboksilat + fehling ada endapan merah bata? apa bener?

Dimulai oleh Ansor67, Maret 05, 2012, 07:32:32 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Ansor67

selamat malam, saya mau nanyak ini. kan semalam waktu bahas2 soal jumpa soal jika asam karboksilat di reaksikan dengan larutan fehling maka akan ada endapan merah bata Cu2O saya jwab salah dan jawaban saya benar kebetulan jumpa soal sebab akibat. terus guru saya yg tamatan S2 jurusan kimia ITB bilang kalo asam karboksilat juga bisa menghasilkan endapan merah bata bukan hanya aldehid saja, alasannya karena asam karboksilat itu termasuk asam lemak dan asam lemak bisa menghasilkan larutan merah bata? apa itu benar ya? mohon bimbingannya.. ;) ;)

syx


undine

benernya tes fehling itu mereaksikan suatu reduktor (macam aldehid) dengan CuO supaya Cu2+ tereduksi jadi Cu+ yang biasanya terepresentasi dalan Cu2O (endapan merah bata). Nah, kalo diliat dari prinsip organik, asam karboksilat itu sudah punya tingkat oksidasi tertinggi. yang lebih tinggi tingkat oksidasinya dari as. karboksilat ya CO2.
jadi seharusnya as.karboksilat - uji fehling. Dan kalau memang benar, asam karboksilat bisa + uji fehling, kemungkinan besar tidak melalui mekanisme seperti di atas

syx

apa mungkin karena impurities dalam carboxylic acid, terutama senyawa aldehyde yang belum teroksidasi dengan sempurna menjadi carboxylic acid?

Media Kimia

setahu saya, satu-satunya asam karboksilat yg positif terhadap uji fehling adalah asam format. Karena pada molekul asam format masih memiliki gugus fungsi aldehida.

Mohon koreksinya jika ada kesalahan konsep

biobio

Pada prinsipnya, Fehling reagent menyediakan Cu2+ yang harus direduksi oleh substance yang ditest sehingga jadi oksida logamnya (Cu2O) yang tampak dalam bentuk endapan merah bata. Kalau itu mau direduksi, tentunya ada barang yang harus dioksidasi (dan pasangan redoks ini harus disukai secara termodinamika!). Ini biasa digunakan untuk pembeda keton dan aldehid, sebab C dan functional group milik keton yang di tengah akan lebih sukar diserang oleh oksidatornya sedangkan aldehid di ujung. Perlu diingat bahwa test Fehling gak bisa positif untuk aldehid aromatik. Kenapa? Ini dapat dipahami dengan belajar termodinamika molekul.

Asam karboksilat yang bisa menghasilkan positif pada fehling test? Ada!
Kutip dari: Media Kimia pada Juni 29, 2012, 12:46:03 PM
setahu saya, satu-satunya asam karboksilat yg positif terhadap uji fehling adalah asam format. Karena pada molekul asam format masih memiliki gugus fungsi aldehida.

Mohon koreksinya jika ada kesalahan konsep
Media Kimia benar jawabannya bahwa asam format bisa bikin hasil positif pada fehling test, namun alasannya kurang tepat. H-C-OOH. Hayo dimana aldehidnya? Alasan utamanya adalah bahwa si asam format itu bisa teroksidasi lagi, jadi apa? CO2 dan H2O. Kenapa kalau bisa teroksidasi lagi? Ingat, teroksidasi oleh oksidator. Oksidatornya siapa? Ion Cu2+. Nah terus? Ya oksidator kan pasti tereduksi. Jadi apa? Endapan merah bata Cu2O.

Case Closed
"The pen is mightier than the sword"