Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Kimia => Topik dimulai oleh: reborn pada Januari 26, 2011, 12:50:47 PM

Judul: awas minyak kayu putih palsu
Ditulis oleh: reborn pada Januari 26, 2011, 12:50:47 PM
hay.... tau kan manfaat dari mnyak kayu putih..... pie tau jg ga klo bnyak mnyk kayu putih dan juga minyak telon yang digunakan oleh para orok yang dipalsukan oleh tangan-tangan jail!!!!
Bahaya bgt kan klo sampe minyak telon yang digunakan orok-orok yang imoet+ menggemaskan itu palsu bagaimana jd'a kulit lembut mereka  makanya kita harus berhati-hati untuk membelinya karena pemalsuannya sudah banyak tersebar di pasar2 dan sebelum mengetahui cara memilih minyak kayu putih kita harus tau dulu apasih minyak kayu putih itu.....

Minyak kayu putih (cajuput oil, oleum-melaleuca-cajeputi, atau oleum cajeputi) dihasilkan dari hasil penyulingan daun  dan ranting  kayu putih (M. leucadendra). Minyak atsiri ini dipakai sebagai minyak pengobatan, dapat dikonsumsi per oral (diminum) atau, lebih umum, dibalurkan ke bagian tubuh. Khasiatnya adalah sebagai penghangat tubuh, pelemas otot, dan mencegah perut kembung.Minyak ini mengandung terutama eukaliptol l (1,8-cineol) (komponen paling banyak, sekitar 60%), α-terpineol  dan ester asetatnya , α-pinen, dan limonen.

M. quinquenervia
dilaporkan juga menjadi sumber minyak atsiri yang dinamakan sama. Minyak kayu putih banyak menjadi komponen dalam berbagai salep dan campuran minyak penghangat. Salep macan dan minyak telon diketahui menggunakan minyak kayu putih sebagai penyusunnya.

tips memilih minyak kayu putih.....

kalo mao beli mnyak kayu putih kocoklah terlebih dahulu bila bergelembung dan terdapat endapan di bawahnya maka hati-hati
warnanya tidak jenrih dan keruh maka was....!!!
bila dipakai kulit jadi merah-merah n gatal maka HINDARILAH CARI YANG LAIN oc...!

*ditulis ulang dari artikel yang dikirim oleh starman
Judul: Re: awas minyak kayu putih palsu
Ditulis oleh: utusan langit pada Januari 26, 2011, 12:53:04 PM
kalau minum minyak kayu putih itu bahaya nggak?
Judul: Re: awas minyak kayu putih palsu
Ditulis oleh: reborn pada Januari 26, 2011, 01:37:30 PM
Harusnya ngga, orang2 jaman dulu sering kok minum itu. Tapi ya gak banyak2. Paling gak gw sering liat sodara ngolesin pas lagi ga enak badan. Berapa banyakkah "gak banyak"? Nah itu gw ga bisa jawab.
Judul: Re: awas minyak kayu putih palsu
Ditulis oleh: nandaz pada Januari 27, 2011, 01:14:11 PM
kalau minum minyak kayu putih itu bahaya nggak?
mungkin kalo overdosis bisa jadi kayak panda
Judul: Re: awas minyak kayu putih palsu
Ditulis oleh: syx pada Januari 27, 2011, 10:56:35 PM
panda? maksudnya koala?
Judul: Re: awas minyak kayu putih palsu
Ditulis oleh: utusan langit pada Januari 28, 2011, 04:55:15 AM
kalau lagi dingin biasaya saya mencampurkan teh atau energen dengan minyak kayu putih beberapa tetes, anget di badan
Judul: Re: awas minyak kayu putih palsu
Ditulis oleh: nandaz pada Januari 31, 2011, 10:25:22 AM
panda? maksudnya koala?
yup, minyak zaitun yang sering sipake buat pelembut kulit kadang digunakan serupa...bisa sitetes untuk diminum
Judul: Re: awas minyak kayu putih palsu
Ditulis oleh: syx pada Januari 31, 2011, 10:16:07 PM
minyak zaitun di daerah mediterranian memang banyak digunakan dalam makanan.