Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Januari 23, 2022, 10:38:10 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 70
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 27
Total: 27

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Bedanya kimia dan alkimia?  (Dibaca 29295 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Bedanya kimia dan alkimia?
« Jawab #15 pada: Juli 28, 2008, 10:30:32 PM »
tiga dulu, ntar lainnya nyusul... masi baca-baca.

alkimia cina
alkimia cina dianggap sebagai salah satu yang tertua. alkimia dari negeri panda ini lebih dititikberatkan pada aspek spiritual dengan mencari cara menuju keabadian (menjadi zhenren – manusia sejati). penggunaan obat (elixir of life) untuk mencapai keabadian ini juga ditemukan dalam literatur india yg diduga ditulis pada sekitar awal tahun 1000 sebelum masehi, atharva-veda. tapi para ahli meragukan kalo alkimia cina bersumber pada alkimia india. kalo pengaruh sih masi mungkin ada. referensi yg sangat berpengaruh pada alkimia cina di antaranya adalah dao de qing karya laozi dan zhou yi san dung qi (semoga aja ejaannya bener)
alkimia cina sangat mempengaruhi perkembangan pengobatan tradisional di sana. pengobatan tidak hanya menggunakan herbal tapi juga mineral. di samping itu juga penerapan yin-yang dan serba lima. serba lima ini antara lain lima unsur: api-air-tanah-logam-kayu, lima arah mata angin: utara-timur-selatan-barat-tengah, lima warna: kuning-biru-merah-putih-hitam, lima logam: emas-perak-timbal-tembaga-besi, lima sila: ... kalo yg ini sih dari indonesia! ga termasuk di sini.
alkimia cina mulai memudar setelah banyak percobaan gagal dalam pencarian elixir of life. malah banyak korban dari kalangan istana dan alkemis akibat keracunan resep mereka sendiri yg ternyata adalah elixir of death. diduga kuat karena banyaknya pemakaian merkuri dan arsenik. pudarnya alkimia di cina juga disebabkan karena masuknya ajaran buddha ke cina, yg menawarkan jalan ke keabadian dengan cara yg lebih aman ketimbang minum sesuatu yg kalo di jaman sekarang kemungkinan besar ga lulus uji toksisitas.

alkimia india
sama seperti alkimia cina, alkimia india juga lebih menitikberatkan pada sistem pengobatan ketimbang mencari cara membuat emas. tidak seperti di cina, alkemis india tidak terlalu fokus ke elixir of life ato cairan untuk hidup abadi tapi lebih menekankan pada pengobatan pada penyakit tertentu dengan tujuan untuk memperpanjang hidup. pustaka yang paling berpengaruh adalah veda.
alkimia india juga mengenal pembagian elemen, cuma rada beda dengan cina: api-angin-air-bumi-angkasa. dikenal pula tentang vitalisme, dualisme cinta-benci atau aksi-reaksi. mereka juga punya enam logam: emas, perak, timah, timbal, besi, dan tembaga. selanjutnya masing-masing masih dibedakan lagi, misalnya lima jenis emas, dst. alkimia india dan cina telah berhasil membuat resep kembang api dan serbuk mesiu 2-5 abad lebih cepat ketimbang eropa.

alkimia helenistik (300 SM – 300 M)
alkimia helenistik berkembang di mesir dengan tokoh utamanya zosimos dari panopolis, synesius, dan democritus. zosimos adalah salah satu penulis kompendia alkimia di byzantium (konstantinopel) pada abad 7-8 SM. pustaka penting lainnya adalah physica et mystica. buku ini berisi resep pembuatan zat warna dan cara pewarnaan, tapi utamanya pada pembuatan emas dan perak.
pada tahun 1828 kumpulan manuskrip papirus purba yang ditulis di yunani dibeli di thebes, mesir, dan setengah abad kemudian diketahui bahwa sebagian isinya sangat mirip dengan physica et mystica. di sini dapat disimpulkan bahwa alkimia helenistik sangat mempengaruhi alkimia yunani.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Bedanya kimia dan alkimia?
« Jawab #16 pada: Juli 30, 2008, 07:04:56 AM »
ada teks zosimos yang diterjemahkan ke bahasa arab, yaitu 'keys of mercy and secrets of wisdom' oleh alkemis persia, ibn al-hassan ibn ali al-tughra'i'.

zosimos juga memberi definisi alkimia:

Kutip dari: Zosimos
Alchemy (330) – the study of the composition of waters, movement, growth, embodying and disembodying, drawing the spirits from bodies and bonding the spirits within bodies.
terlalu ke arah klenik ya?

Offline stupid_idiot

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 24
  • IQ: 2
  • Gender: Wanita
Re: Bedanya kimia dan alkimia?
« Jawab #17 pada: Juli 30, 2008, 09:02:34 AM »
Setau aq ilmu alkimia merupakan asal ilmu kimia. Alchemy sebenarnya mempelajari ttg materi dan perubahannya, sayang byk dr mereka yg ngelantur contohnya mereka maksa u/ merubah tembaga menjadi emas. Ujung2nya mereka melakukan penipuan dgn melapisin tembaga tsb dg emas shg banyak org menyangkan hal tsb memang terjadi. Maksa bgt yah.... :o :o

Tapi banyak juga penemuan2 para ahli alchemy yg berguna dlm bidang kimia spt perkolasi, ekstrasi, dan destilasi..... ;D
~~stupid-idiot~~

Offline stupid_idiot

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 24
  • IQ: 2
  • Gender: Wanita
Kimia Dalam Sejarah
« Jawab #18 pada: Juli 30, 2008, 09:11:48 AM »
[justify]Ilmu kimia berkembang dari tiga sumber, yaitu alchemy/alkimia, ilmu kedokteran dan kemajuan teknologi.

Alkimia adalah protosains yang menggabungkan unsur-unsur kimia, fisika, astrologi, seni, semiotika, metalurgi, kedokteran, mistisisme, dan agama. Kata alkimia berasal dari Bahasa Arabal-kimiya atau al-khimiya (الكيمياء atau الخيمياء), yang mungkin dibentuk dari partikel al- dan kata Bahasa Yunani khumeia (χυμεία) yang berarti "mencetak bersama", "menuangkan bersama", "melebur", "aloy", dan lain-lain (dari khumatos, "yang dituangkan, batang logam"). Etimologi lain mengaitkan kata ini dengan kata "Al Kemi", yang berarti "Seni Mesir", karena bangsa Mesir Kuno menyebut negerinya "Kemi" dan dipandang sebagai penyihir sakti di seluruh dunia kuno.[http://id.wikipedia.org/wiki/Alkemi]

Alkimia mulai menyebar melalui timur tengah sampai ke eropa, saat itu alkimia sangat dipengaruhi oleh pemikiran  barat. Alkimia sangat dipengaruhi oleh ilmuwan-ilmuwan yunani yang menyatakan bahwa materi dapat berubah menjadi material yang lain yang lebih sempurna. Selama 1500 tahun, tradisional alkimia mempelajari tetang materi dan perubahannya. Mereka mencari berbagai cara untuk merubah material yang tidak berharga seperti tembaga menjadi sesuatu yang sangat bernilai seperti emas (transmutasi logam). Hal ini yang menyebabkan para ahli alkimia melukis objek-objek tembaga dengan lapisan emas untuk membodohi para pengikutnya.

Banyak penemuan dalam bidang alkimia yang sangat berarti dalam proses kimia. Destilasi, perkolasi dan ekstrasi adalah beberapa metode penting yang ditemukan dalam perkembangan alkimia.

Alkimia juga mempengaruhi praktek kedokteran di eropa. Sejak abad ke 13, destilasi tanaman herbal telah digunakan untuk pengobatan tradisional. Paracelsus, seorang ahli alkimia dan fisikawan penting dalam sejarah menyatakan bahwa tubuh manusia merupakan suatu sistem kimia yang keseimbangan senyawa di dalamnya dapat digantikan oleh obat-obatan/perawatan kedokteran. Pengikut paracelsus yang kemudian menemukan mineral-drugs pada abad ke 17.

Selain dalam bidang alkimia dan kedokteran, ilmu kimia juga dipengaruhi oleh perkembangan teknologi. Selama ribuan tahun manusia mencoba untuk mengembangkan teknologi yang dapat menghasilkan perubahan material. Pembuatan tembikar, prose dying dan metalurgi turut memberikan pengaruh terhadap pemikiran tentang perubahan material. Pada abad pertengahan, teknologi pembuatan tepung, metalurgi, dan geologi mulai didokumenkan. Banyak buku-buku yang menjelaskan tentang metode pemurnian, assay dan penggunaan timbangan.

Referensi:
- http://id.wikipedia.org/wiki/Alkemi
- Silberberg, CHEMISTRY The Molecular Nature and Change, Second Edition, McGraw-Hill Higher Education, 2000[/justify]

From  http://andromeda13.weebly.com/my-chemistry.html

Offline Dhedhe

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
  • I believe we can't obtain anything from nothing. We are human, not god. To obtain something, we must exchange that thing with something equivalent.....
Re: Bedanya kimia dan alkimia?
« Jawab #19 pada: Juni 11, 2009, 07:49:10 AM »
kalo gw ga salah... alkimia itu lebih ke arah ilmu sihir, misalnya percaya kalo batu bisa diubah jadi emas. jadi suatu zat bisa berubah jadi zat lain. kalo ilmu kimia sekarang sih mustinya hal itu udah bisa terealisasi... mungkin tinggal tambahi ato kurangi neutron, elektron, dll suatu unsur bisa menjadi unsur lain. CMIIW

Yah, memang sih, dengan pengetahuan yang sekarang, memang gak mungkin ngerubah batu jadi emas secara komposisinya aja sudah beda jauh. Tapi bukan gak mungkin di zaman yang akan datang ditemuin cara ngerubah batu jadi emas. Tapi menurutku alkimia juga bukan ilmu sihir, karena sekalipun alkimia gak akan bisa ngebuat sesuatu dari sesuatu yang tidak ada. Kan beda tuh ama sihir?

Offline OOOOO

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 0
Re: Bedanya kimia dan alkimia?
« Jawab #20 pada: Juni 15, 2009, 04:51:46 AM »
Alkimia adalah protosains yang menggabungkan unsur-unsur kimia, fisika, astrologi, seni, semiotika, metalurgi, kedokteran, mistisisme, dan agama.,_^

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Bedanya kimia dan alkimia?
« Jawab #21 pada: Juni 15, 2009, 07:33:20 AM »
...nice, M. syx....baru tau aku... ;D
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline timothy januardo

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 19
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
Re: Bedanya kimia dan alkimia?
« Jawab #22 pada: Januari 14, 2011, 02:15:34 PM »
alkimia memiliki dua aspek, yaitu duniawi dan spiritual. kedua aspek ini mulai berkembang pada abad pertengahan dan masa renaissance oleh penganut kabbalist, rosicrucian, ahli astrologi dan penganut okultisme. dalam aspek duniawi, alkemis berpikir keras menemukan cara mengubah logam tak berharga, seperti timah, menjadi emas. sedangkan pada aspek spiritual, alkemis bekerja memurnikan diri sendiri dengan menghilangkan 'materi' dasar untuk mendapatkan pencerahan 'emas'.
biar ga bergeser dari keilmiahan dan menghindari amukan momod galak maka yg dibahas cukup aspek duniawi aja. kimia yang tercakup dalam alkimia melibatkan banyak bahan yang saat itu umum diperoleh dan telah diketahui sejak sebelum alkimia berkembang. jadi jangan harap ada penggunaan uranium ato plutonium di situ. secara garis besar unsur yg terlibat antara lain emas, perak, tembaga, timah, besi, timah hitam (timbal), raksa, dan sulfur (dikenal sebagai batu yang membara). dalam pengetahuan para alkemis, raksa dapat direaksikan logam lain membentuk amalgam. amalgam yang direaksikan dengan sulfur dapat membentuk serbuk berwarna (sulfida). raksa sendiri di alam dapat diperoleh dari sulfida yg disebut cinnabar. para alkemis juga dapat membuat sulfida berwarna merah ini dalam percobaan mereka.   
para alkemis juga mencatat reaksi antara logam dengan garam-garam korosif, misalnya vitriol (tembaga dan besi sulfat), alum (aluminum sulfat dari kalium dan amonium), dan garam klorida dari natrium dan amonium (sal ammoniac).
pada abad 13 di eropa, berbagai reaksi yg dikembangkan membawa pada penemuan asam mineral. asam mineral pertama adalah asam nitrat dari hasil distilasi saltpetre (kalium nitrat) dan vitriol/alum. asam sulfat dibuat dengan mendistilasi vitriol atau alum dengan alat yang tahan korosi dan tahan panas. asam klorida (HCl) dibuat dengan mengkondensasi dan melarutkan uap klorin yang dihasilkan dari distilasi sal ammoniac dan vitril/alum.











dan emg dulunya emas itu berasal dari timah ??? ??? ??? ??? ??? ???.
akibat kondisi cuaca yg membentuknya..
bukan dari sihir ;D ;D ;D
*Image Removed*
[/s][/pre][/i]

Offline ahmad m.s

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 77
  • IQ: 5
  • Gender: Pria
  • Dozo yoroshiku onegaishimashu
Re: Bedanya kimia dan alkimia?
« Jawab #23 pada: Mei 29, 2011, 07:33:52 AM »
kalian terlalu jauh melangkah kalo mikirin metalurgi logam biasa menjadi emas...
karena ada beberapa tahapan yang harus ditempuh...

pertama kalian musti mengerti tentang operasi alkimia seperti: calcination, dissolution, separation, conjunction, fermentation, distillation, dan terakhir coagulation...

itu saran dari saya...
ngutip receh:

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Bedanya kimia dan alkimia?
« Jawab #24 pada: Juni 10, 2011, 08:16:13 AM »
mohon pencerahannya tentang alkimia lebih lanjut, mas ahmad...

Offline ahmad m.s

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 77
  • IQ: 5
  • Gender: Pria
  • Dozo yoroshiku onegaishimashu
Re: Bedanya kimia dan alkimia?
« Jawab #25 pada: Juni 15, 2011, 01:01:46 AM »
ilmu saya masih sedikit tentang alkimia...
sperti yang kita ketahui.... alkimia mrupakan dasar dari kimia....
perbedaannya kimia mempelajari tentang tiap" unsur lanjutan dari alkimia, sedangkan alkimia mempelajari tiap" unsur yang terkandung dalam 1 hal... dan penggabungannya... kenapa saya bilang 1 hal? karena alkimia mempelajari juga tentang soul, spirit, dan body...

seperti dalam pembuatan elixir... menggunakan diamond untuk penyembuhan....
dll...

nah... dalam alkimia juga terdapat ilmu bermacam2... sperti alkimia herbal, logam, ataupun penggunaan permata untuk pengobatan....

mempelajarinya pun menggunakan istilah" aneh....
sperti tubuh kita bagaikan sebuah negara yang dipimpin oleh raja sebagai matahari, ratu sebagai bulan, dan negara (bumi sebagai perawat... aneh kn? --a)

nah... prinsip tadi merupakan pencerminan hubungan antara body, spirit, dan soul...
bingung y??

itulah tujuan penggunaan kata ganti untuk menyimpan rahasia yang terdapat dalam alkimia... dan juga batu bertuah (the philosopher's stone)

Offline ahmad m.s

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 77
  • IQ: 5
  • Gender: Pria
  • Dozo yoroshiku onegaishimashu
Re: Bedanya kimia dan alkimia?
« Jawab #26 pada: Juni 15, 2011, 01:36:03 AM »
kalo ada yang mau tau cara buat gem elixir...
ne alamat nya:
http://www.crucible.org/gem_elixirs_production.htm

jenis"nya:
http://www.crucible.org/gem_elixir1.htm

« Edit Terakhir: Juni 15, 2011, 01:39:40 AM oleh ahmad m.s »

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • (belum ada isinya)
Re: Bedanya kimia dan alkimia?
« Jawab #27 pada: Juni 15, 2011, 03:39:33 AM »
kalo ada yang mau tau cara buat gem elixir...
ne alamat nya:
http://www.crucible.org/gem_elixirs_production.htm

jenis"nya:
http://www.crucible.org/gem_elixir1.htm



Kok jadi bau2 pseudoscience yah... Apa metode dan khasiat elixir2 ini udah diteliti oleh ilmuwan "betulan"?
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Offline ahmad m.s

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 77
  • IQ: 5
  • Gender: Pria
  • Dozo yoroshiku onegaishimashu
Re: Bedanya kimia dan alkimia?
« Jawab #28 pada: Juni 20, 2011, 12:03:13 AM »
memang kelihatannya seperti pseudoscience...
tapi ini memang ilmu pasti. lihat aja pembahasan sebelumnya.
lagi pula ga' mungkin kalo elixir ini ga ada khasiatnya. kalo engga' knapa di jual kepasaran coba...
http://www.templeofpeace.net/gemelixirs.php

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • (belum ada isinya)
Re: Bedanya kimia dan alkimia?
« Jawab #29 pada: Juni 20, 2011, 01:54:53 AM »
lagi pula ga' mungkin kalo elixir ini ga ada khasiatnya. kalo engga' knapa di jual kepasaran coba...

Banyak yang dijual ke pasaran tanpa hasil uji klinis dan ilmiah... Kadang2 manfaatnya ada karena efek placebo...

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
1 Jawaban
12356 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 29, 2008, 05:36:56 PM
oleh reborn
4 Jawaban
9645 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 25, 2009, 12:10:29 PM
oleh Nabih
6 Jawaban
30703 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 25, 2009, 11:23:37 PM
oleh frans3q
8 Jawaban
8576 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 24, 2011, 01:47:41 AM
oleh Farabi
11 Jawaban
46484 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 18, 2011, 11:35:59 PM
oleh Icha