Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Februari 06, 2023, 01:39:41 PM

Login with username, password and session length

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,634
  • Total Topik: 10,391
  • Online today: 45
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 18
Total: 18

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Mekanisme obat(racun) nyamuk?

Dimulai oleh nandaz, Juli 25, 2010, 06:55:10 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

nandaz

...ngga tau mesti masuk Board mana, kalo ngga tepat bisa dipindahin kok...
Pertama, ada yang bisa jelaskan bagaimana mekanisme obat nyamuk bakar bisa bikin nyamuk mati...? apa nyamuk itu menghirup gas pembakarannya lalu mereka langsung lemas, pas diteliti aku nemuin nyamuk itu lemas dan ngga mampu mengelopakkan sayapnya(padahal nyamuknya ngga dikurung didalam obat nyamuk bakar, kok... ::))
Kedua, mana yang lebih mutahir make obat nyamuk bakar atau yang elektrik?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

riandono

pertama,
bahan aktif kebanyakan obat nyamuk itu gol organofosfat kan.
Mekanisme aksi organofosfat yaitu dengan menginhibisi asetilkolinesterase

kedua,
mutakhir itu maksudnya up to date?
berarti mutakhir yg elektrik kali ya

nandaz

#2
Kutippertama,
bahan aktif kebanyakan obat nyamuk itu gol organofosfat kan.
Mekanisme aksi organofosfat yaitu dengan menginhibisi asetilkolinesterase
pas mencari tau lebih dalam tentang organofosfat, dia ternyata mempunyai efek untuk mengobati glaucoma pada mata yaitu untuk mengurangi tekanan intraokuler pada bola mata. Benar ngga berita itu...? terus untung juga asap pembakarannya kena mata ???
Tetapi isektisida golongan oragnofosfat tetap paling toksik dari pestisida yang lain yah...penelitian ini baik juga kembangkan, Obat nyamuk bakar marak di Indo sih..pada hal mereka tidak tau kalau sampe termakan bisa menyerang langsung saraf pusat maupun perifer bahkan  menyebabkan kematian sekaligus...
Kutipkedua,
mutakhir itu maksudnya up to date?
berarti mutakhir yg elektrik kali ya
yang ampuh maksudnya...ampuh sekaligus aman :)
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

riandono

bener mas, ga cuma buat glaukoma, kalo dilihat dari mekanismenya sebagai inhibitor asetilkolinesterase (AChEI), tentunya efikasinya bisa bermacam, contohnya sebagai obat Alzheimer's disease, myasthenia gravis, dll.
Cuma ya tentunya untuk menjadikan organofosfat pada obat nyamuk sebagai obat AChEI harus dengan melalui uji preklinik, klinik, dll

nandaz

thanks riandono penjelasannya :)...
o ya satu lagi, asap dari pembakaran obat nyamuk bakar apa sering menumpuk dipermukaan? contohnya menumpuk di bantal, pakaian , dll? sebelum diteliti dengan kromatografi gas chromapact...
dan lagi apa nyamuk juga bersifat resistan untuk serngan keduanya(biasanya mereka cuma sembunyi sampe kandungan gas organofosfat diudara berkurang)? contohnya nieh hama...hama pada isektisida pertama membuat mereka pingsan dan aja juga yang mati, tetapi jika pestisida yang digunakan itu2 aja maka akan ada kemungkinan hama akan resistan dengan pestisida tsb...
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

riandono

konon sih sering nempel di kain (kata iklan hehe)

resistensi nyamuk terhadap organofosfat emang udah lama dilaporkan, diduga karena kemampuan nyamuk memodifikasi karboksilesterasenya nya, pinter kan si nyamuk? 
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

Kalo di indonesia saya tidak begitu tau prevalensinya.
Di kota Rio De Janeiro tahun 2003 resistensi Aedes Aegypti terhadap organofosfat dilaporkan sbb:
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

nandaz

...nyamuk ikut sekolah sih >:D...Oot
kalo penggunaan bubuk abate untuk memberantas larva nyamuk aman kah?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

riandono

ABATE itu isinya temefos ya, berarti golongan organofosfat juga

nandaz

Kutip dari: riandono pada Agustus 01, 2010, 07:25:16 PM
ABATE itu isinya temefos ya, berarti golongan organofosfat juga
berarti berbahaya dong, karena zat organofosfat kan bersifat toksik..?
lagi pula abate sering diaplikasikan didalam bak mandi, pasti ada kemungkinan tertelan nantinya?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

riandono

oleh karena itu, bila perlu menggunakan abate, pastikan mengikuti petunjuk pemakaiannya, hehe