Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 07, 2021, 06:17:49 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 54
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 23
Total: 23

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Bom Hidrogen  (Dibaca 30280 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Bom Hidrogen
« Jawab #30 pada: Agustus 11, 2009, 01:01:20 PM »
hm.,..,
bom uranium yg paling bsar kekuatannya yg aq tau,,,

tpi klo soal bom membom,,, aq gag pinter,,,
silahkan tnya ke nuurdin M Top aja,,
masi idup koq dia,,,
wkwkwkwkkwwk,,,
~ You are what you eat ~

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: Bom Hidrogen
« Jawab #31 pada: Agustus 12, 2009, 12:25:46 PM »
..aku pernah nonton di NHK channel, kalo ledakan bom atom(bukan bom hidrogen), menghasilkan hentakan yang besar pada radius 2 km, yang merupakan akibat peleburan inti yang besar menjadi inti kecil...secara logika aku bisa menafsirkan nya, tetapi untuk reaksi fusi bom hidrogen seharusnya terjadi penggabungan bukan, sulit sekali untuk dibayangkan...bisa dijelaskan?

pasti lo peleburan(penggabungan) inti??
kalo emg peleburan mah, itu udah bom hidrogen, kan penggabungan 2 inti atom hidrogen (reaksi fusi). kalo pembelahan baru bukan bom hidrogen, soalnya kan dibelah (reaksi fisi) inti atom uranium/plutonium nya, jadi radionuklida yg massanya lebih kecil dan gk stabil, agar stabil dia harus meluruh dgn radiasi alpha, beta, dan gamma, kalo gk salah yah ttg radionuklida yg gk stabil itu.

hm.,..,
bom uranium yg paling bsar kekuatannya yg aq tau,,,

pasti? :)
nggak juga ahhh.......
malahan denger2 hasil reaksi fusi ini lebih besar keluarin energi, serta panas yg jauh lebih gila dibanding reaksi fisi.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Bom Hidrogen
« Jawab #32 pada: Agustus 12, 2009, 12:34:05 PM »
ouwh,,,,
bgto,,,?
ho5,,,
bru tau...

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Bom Hidrogen
« Jawab #33 pada: Agustus 14, 2009, 12:08:48 AM »
...sepertinya, kamu belum menangkap maksudku...secara konsepnya pengertiannya aku tahu itu adalah penggabungan inti, tetapi unsurnya mestinya dari yang ringan ke berat. gimana bentuknya bisa terjadi seperti itu...energi seharusnya di butuhkan bukan dilepaskan, itu yang membuatku merasa tak mengerti...
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Bom Hidrogen
« Jawab #34 pada: Agustus 14, 2009, 06:03:43 AM »
i understand not,,,,
weuw,,,,

so confuse... ???

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: Bom Hidrogen
« Jawab #35 pada: Agustus 14, 2009, 12:09:51 PM »
wadouw.......
bingung saya, saya baru masuk SMA, masih blank.
huehehe..... ;D

Offline Ginji

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 978
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
Re: Bom Hidrogen
« Jawab #36 pada: Agustus 14, 2009, 02:54:38 PM »
@ nandaz bukannya tiap terjadinya sebuah reaksi selalu terbentuknya energi dan pelepasan energi ???

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Bom Hidrogen
« Jawab #37 pada: Agustus 15, 2009, 01:02:01 AM »
@ nandaz bukannya tiap terjadinya sebuah reaksi selalu terbentuknya energi dan pelepasan energi ???
tidak semua reaksi membentuk energi(dalam hal ini istilah terbentuk dan pelepasan apa bedanya sih?) kan ada penyerapan energi..energi itu adalah kalor atau panas dengan enthalpi negatif...

masih ingat hukum  Lavoisier-Laplace
“Jumlah kalor yang dilepaskan pada pembentukan 1 mol zat dari unsur-unsurya = jumlah kalor yang diperlukan untuk menguraikan zat tersebut menjadi unsur-unsur pembentuknya.”

Contoh:
N2(g) + 3H2(g) →   2NH3(g) ; \Delta H = – 112 kJ (melepas energi)
2NH3(g) →   N2(g) + 3H2(g) ; \Delta H = + 112 kJ (menyerap energi)

setidaknya ada pertanyaan yang harus kuralat, kenapa bom atom bisa begitu yah....?(maksudku bukan bom hidrogen)


Offline Ginji

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 978
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
Re: Bom Hidrogen
« Jawab #38 pada: Agustus 15, 2009, 05:31:29 AM »
tidak semua reaksi membentuk energi(dalam hal ini istilah terbentuk dan pelepasan apa bedanya sih?) kan ada penyerapan energi..energi itu adalah kalor atau panas dengan enthalpi negatif...

masih ingat hukum  Lavoisier-Laplace
“Jumlah kalor yang dilepaskan pada pembentukan 1 mol zat dari unsur-unsurya = jumlah kalor yang diperlukan untuk menguraikan zat tersebut menjadi unsur-unsur pembentuknya.”

Contoh:
N2(g) + 3H2(g) →   2NH3(g) ; \Delta H = – 112 kJ (melepas energi)
2NH3(g) →   N2(g) + 3H2(g) ; \Delta H = + 112 kJ (menyerap energi)

setidaknya ada pertanyaan yang harus kuralat, kenapa bom atom bisa begitu yah....?(maksudku bukan bom hidrogen)


wehehehe maksudnya itu nyerep dah mulai lupa
sedangkan kalo soal bom atom mari kita sama-sama pecahkan :P
nanti kalo ada waktu luang baru cari referensinya

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: Bom Hidrogen
« Jawab #39 pada: Agustus 15, 2009, 06:12:30 AM »
sep dah sesuai judulnya yah cari reaksi fusi yee....
hehehe.....

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Bom Hidrogen
« Jawab #40 pada: Agustus 17, 2009, 11:51:49 AM »
weuw,,,
termokimia,,,,
masi blm dipalajari,,,
hhe...

BAB 2 tuch,,

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Bom Hidrogen
« Jawab #41 pada: Agustus 20, 2009, 02:08:28 AM »
btw, ada berapa macem jenis bom sih? bom atom, bom nuklir, bom hidrogen, bom kimia, bom biologi... dll. apa bedanya masing-masing, mana yang paling efektif?

Offline Ginji

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 978
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
Re: Bom Hidrogen
« Jawab #42 pada: Agustus 20, 2009, 11:45:12 AM »
maksudnya bom biologi ?
kalo semacam virus ? gimana? maksud syx itu kali?
trus yang paling efektif? menurut yang dulu denger sih nuklir paling mantap gak hanya ledakannya tapi juga asap yang dihasilkan
tapi virus biogenetik juga mantaff buktinya sampe bisa muncul beragam penyakit...
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

Offline Hand15

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 45
  • IQ: 4
Re: Bom Hidrogen
« Jawab #43 pada: Agustus 20, 2009, 11:55:25 AM »
Bom hidrogen itu bukan cuma make hidrogen...
Sebenarnya yang menyebabkan ledakan cukup besar itu bukan hidrogennya, melainkan uranium dan plutonium yang terdapat dalam desain bom "hidrogen" tersebut.

Lantas mengapa ada kata "hidrogen"? Sebenarnya kata "hidrogen" di sini untuk merujuk pada bom yang melibatkan reaksi fusi untuk mengaktivasi bom, walaupun ledakannya/pelepasan energinya itu sebenarnya diakibatkan oleh reaksi fisi (plutonium/uranium). Biasanya reaksi fusinya adalah reaksi pembentukan tritium (isotop hidrogen), sehingga dari situlah nama "hidrogen" berasal.

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: Bom Hidrogen
« Jawab #44 pada: Agustus 20, 2009, 12:34:41 PM »
Bom hidrogen itu bukan cuma make hidrogen...
Sebenarnya yang menyebabkan ledakan cukup besar itu bukan hidrogennya, melainkan uranium dan plutonium yang terdapat dalam desain bom "hidrogen" tersebut.

hah??
gak salah loh??
jadinya reaksi fisi + fusi donk??

Lantas mengapa ada kata "hidrogen"? Sebenarnya kata "hidrogen" di sini untuk merujuk pada bom yang melibatkan reaksi fusi untuk mengaktivasi bom, walaupun ledakannya/pelepasan energinya itu sebenarnya diakibatkan oleh reaksi fisi (plutonium/uranium).

sumpeh lo??
loh bukannya justru reaksi fusi hasil final dari bom yang efek ledakannya dan panasnya luar biasa.

Biasanya reaksi fusinya adalah reaksi pembentukan tritium (isotop hidrogen), sehingga dari situlah nama "hidrogen" berasal.

beneran neh??
bukannya deuterium + tritium -> helium-4 + E + n

plus setau gua namanya aja bom hidrogen berarti bahan yang paling berperan adalah hidrogen dan kawan-kawannya (isotop).

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
6 Jawaban
6884 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 16, 2009, 03:47:40 AM
oleh biobio
0 Jawaban
4005 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 26, 2011, 09:13:55 AM
oleh Henz_Azthral
4 Jawaban
3940 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 08, 2011, 09:45:50 AM
oleh Farabi
Bom Hidrogen

Dimulai oleh Farabi Kimia

4 Jawaban
5781 Dilihat
Tulisan terakhir September 07, 2011, 10:10:50 AM
oleh ksatriabajuhitam
13 Jawaban
10421 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 27, 2016, 02:45:37 AM
oleh Monox D. I-Fly