Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Kimia => Topik dimulai oleh: truf777 pada Juli 18, 2010, 03:36:31 AM

Judul: busuk dan asam ?
Ditulis oleh: truf777 pada Juli 18, 2010, 03:36:31 AM
mau tanya2 nih om2 sekalian :D

1. setiap pembusukan mahluk hidup pasti menghasilkan asam yah ?
2. cara mempercepat pembusukan selain di kasih air ludah gimana yah ? soalnya butuh 1 minggu harus udah busuk.
3. berarti buah - buahan dan nasi kalau sudah busuk mengandung asam yah ?
Judul: Re: busuk dan asam ?
Ditulis oleh: truf777 pada Juli 18, 2010, 05:43:49 AM
Asam asetat yang dihasilkan ini diproses kembali oleh bakteri jenis methanogen, misalnya Methanothermobacter thermoautotrophicum yang biasa hidup di lingkungan kotor seperti selokan dan pembuangan limbah (septic tank). Asam asetat direaksikan dalam sel methanogen dengan gas hidrogen dan karbon dioksida untuk menghasilkan metana, air, dan karbon dioksida. Metana dalam bentuk gas juga menghasilkan bau busuk.

hmm kalau gitu cara mencegah agar asam asetatnya tidak berubah menjadi metana gimana yah ?
Judul: Re: busuk dan asam ?
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Juli 18, 2010, 05:58:07 AM
Apa yang mau dibusukkan?
Reaksi pembusukan itu sebenarnya reaksi fermentasi seingat saya.
Gimana reaksi fermentasi?
Judul: Re: busuk dan asam ?
Ditulis oleh: truf777 pada Juli 18, 2010, 06:02:07 AM
yang mau dibusukkan ?
apel , nasi , salak , kulit pisang , pisang DLL
pokoknya buah - buahan.

nanti buah - buahan itu saya tumbuk terus campur air dan saya beri sedikit air liur
tapi gk tau kasi apa lagi biar tambah cepet busuknya :(
terus gk tau juga cara mencegah sang bakteri mengubah asam asetat menjadi metana :(

nah nanti kalo dah jadi asam asetat-nya nanti mau dibandingin hasil pembusukan buah mana yang paling lama bisa menyalakan lampu
Judul: Re: busuk dan asam ?
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Juli 18, 2010, 06:08:22 AM
Menyalakan lampu?
Apanya yang digunakan buat menyalakan lampu?
Taruh air selokan pokoknya semua yang kotor2.
Judul: Re: busuk dan asam ?
Ditulis oleh: truf777 pada Juli 18, 2010, 06:14:00 AM
iya :D jadi ceritanya mau buat kayak elemen volta
cuma pake asam asetat bukan H2so4

air selokan ? wah nanti materi materi yang ada di selokan ikut masuk dan menambah atau mengurangi keasamannya :(

terus masi gk ngerti gimana cara mencegah bakteri mengubah asam asetat menjadi metana :(
kalo jadi metana nanti karya tulisku gagal semua deh :(


agak mirip sama yang ini
http://www.forumsains.com/do-it-yourself/membuat-baterai-dari-salak/

Judul: Re: busuk dan asam ?
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Juli 18, 2010, 07:04:34 AM
Uurrgghh..
Itu cakupan kimia.
Tanya sisca coba.
Siiisscaaaa..!!
Judul: Re: busuk dan asam ?
Ditulis oleh: truf777 pada Juli 18, 2010, 07:11:28 AM
makanya tanya disini :D

kalo kubuat kedap udara nanti bakterinya tewas
kalo kubuat gk kedap . nanti asam asetatnya berubah jadi metana :(
Judul: Re: busuk dan asam ?
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Juli 18, 2010, 07:58:15 AM
Pakai bakteri anaerob.
Tapi nanti malah jadi fermentasi.
Judul: Re: busuk dan asam ?
Ditulis oleh: truf777 pada Juli 18, 2010, 12:17:03 PM
aduh gimana yah ? :(
Judul: Re: busuk dan asam ?
Ditulis oleh: truf777 pada Juli 18, 2010, 01:24:43 PM
tambahan dikit :D
fermentasi menghasilkan asam laktat juga :D jadi boleh - boleh aja :D
tapi masalahnya kan aku pake fruktosa bukan laktosa :( berarti harus pake kombucha
gk bisa pake lactobasillus
tapi asama laktat sama asam asetat kuatan yang mana yah ?
Judul: Re: busuk dan asam ?
Ditulis oleh: syx pada Juli 19, 2010, 10:51:07 PM
kalo kubuat kedap udara nanti bakterinya tewas
kalo kubuat gk kedap . nanti asam asetatnya berubah jadi metana :(
tergantung bakterinya... kalo bakteri anaerob buat kedap aja gpp, malah seneng.
Judul: Re: busuk dan asam ?
Ditulis oleh: truf777 pada Juli 20, 2010, 06:55:45 AM
pake bakteri aerobacter om :(
Judul: Re: busuk dan asam ?
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Juli 20, 2010, 11:51:25 AM
Urm...
Uda coba sendiri?
hahaha..