Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

April 12, 2021, 07:41:34 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26703
  • Latest: VIVA98
Stats
  • Total Tulisan: 139627
  • Total Topik: 10388
  • Online Today: 195
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 24
Total: 24

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: busuk dan asam ?  (Dibaca 5633 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline truf777

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 32
  • Jadi dokter gigi susah yah ?
busuk dan asam ?
« pada: Juli 18, 2010, 03:36:31 AM »
mau tanya2 nih om2 sekalian :D

1. setiap pembusukan mahluk hidup pasti menghasilkan asam yah ?
2. cara mempercepat pembusukan selain di kasih air ludah gimana yah ? soalnya butuh 1 minggu harus udah busuk.
3. berarti buah - buahan dan nasi kalau sudah busuk mengandung asam yah ?
"I've always wondered if there was a god. And now I know there is --
and it's me." -homer simpson-

Faith means not wanting to know what is true. – Friedrich Nietzsche

Offline truf777

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 32
  • Jadi dokter gigi susah yah ?
Re: busuk dan asam ?
« Jawab #1 pada: Juli 18, 2010, 05:43:49 AM »
Asam asetat yang dihasilkan ini diproses kembali oleh bakteri jenis methanogen, misalnya Methanothermobacter thermoautotrophicum yang biasa hidup di lingkungan kotor seperti selokan dan pembuangan limbah (septic tank). Asam asetat direaksikan dalam sel methanogen dengan gas hidrogen dan karbon dioksida untuk menghasilkan metana, air, dan karbon dioksida. Metana dalam bentuk gas juga menghasilkan bau busuk.

hmm kalau gitu cara mencegah agar asam asetatnya tidak berubah menjadi metana gimana yah ?

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: busuk dan asam ?
« Jawab #2 pada: Juli 18, 2010, 05:58:07 AM »
Apa yang mau dibusukkan?
Reaksi pembusukan itu sebenarnya reaksi fermentasi seingat saya.
Gimana reaksi fermentasi?
OOT OOT OOT..!!!

Offline truf777

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 32
  • Jadi dokter gigi susah yah ?
Re: busuk dan asam ?
« Jawab #3 pada: Juli 18, 2010, 06:02:07 AM »
yang mau dibusukkan ?
apel , nasi , salak , kulit pisang , pisang DLL
pokoknya buah - buahan.

nanti buah - buahan itu saya tumbuk terus campur air dan saya beri sedikit air liur
tapi gk tau kasi apa lagi biar tambah cepet busuknya :(
terus gk tau juga cara mencegah sang bakteri mengubah asam asetat menjadi metana :(

nah nanti kalo dah jadi asam asetat-nya nanti mau dibandingin hasil pembusukan buah mana yang paling lama bisa menyalakan lampu

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: busuk dan asam ?
« Jawab #4 pada: Juli 18, 2010, 06:08:22 AM »
Menyalakan lampu?
Apanya yang digunakan buat menyalakan lampu?
Taruh air selokan pokoknya semua yang kotor2.

Offline truf777

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 32
  • Jadi dokter gigi susah yah ?
Re: busuk dan asam ?
« Jawab #5 pada: Juli 18, 2010, 06:14:00 AM »
iya :D jadi ceritanya mau buat kayak elemen volta
cuma pake asam asetat bukan H2so4

air selokan ? wah nanti materi materi yang ada di selokan ikut masuk dan menambah atau mengurangi keasamannya :(

terus masi gk ngerti gimana cara mencegah bakteri mengubah asam asetat menjadi metana :(
kalo jadi metana nanti karya tulisku gagal semua deh :(


agak mirip sama yang ini
http://www.forumsains.com/do-it-yourself/membuat-baterai-dari-salak/

« Edit Terakhir: Juli 18, 2010, 06:15:46 AM oleh truf777 »

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: busuk dan asam ?
« Jawab #6 pada: Juli 18, 2010, 07:04:34 AM »
Uurrgghh..
Itu cakupan kimia.
Tanya sisca coba.
Siiisscaaaa..!!

Offline truf777

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 32
  • Jadi dokter gigi susah yah ?
Re: busuk dan asam ?
« Jawab #7 pada: Juli 18, 2010, 07:11:28 AM »
makanya tanya disini :D

kalo kubuat kedap udara nanti bakterinya tewas
kalo kubuat gk kedap . nanti asam asetatnya berubah jadi metana :(

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: busuk dan asam ?
« Jawab #8 pada: Juli 18, 2010, 07:58:15 AM »
Pakai bakteri anaerob.
Tapi nanti malah jadi fermentasi.

Offline truf777

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 32
  • Jadi dokter gigi susah yah ?
Re: busuk dan asam ?
« Jawab #9 pada: Juli 18, 2010, 12:17:03 PM »
aduh gimana yah ? :(

Offline truf777

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 32
  • Jadi dokter gigi susah yah ?
Re: busuk dan asam ?
« Jawab #10 pada: Juli 18, 2010, 01:24:43 PM »
tambahan dikit :D
fermentasi menghasilkan asam laktat juga :D jadi boleh - boleh aja :D
tapi masalahnya kan aku pake fruktosa bukan laktosa :( berarti harus pake kombucha
gk bisa pake lactobasillus
tapi asama laktat sama asam asetat kuatan yang mana yah ?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: busuk dan asam ?
« Jawab #11 pada: Juli 19, 2010, 10:51:07 PM »
kalo kubuat kedap udara nanti bakterinya tewas
kalo kubuat gk kedap . nanti asam asetatnya berubah jadi metana :(
tergantung bakterinya... kalo bakteri anaerob buat kedap aja gpp, malah seneng.

Offline truf777

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 32
  • Jadi dokter gigi susah yah ?
Re: busuk dan asam ?
« Jawab #12 pada: Juli 20, 2010, 06:55:45 AM »
pake bakteri aerobacter om :(

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: busuk dan asam ?
« Jawab #13 pada: Juli 20, 2010, 11:51:25 AM »
Urm...
Uda coba sendiri?
hahaha..

~ You are what you eat ~

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Asam Amino

Dimulai oleh Idad « 1 2 » Kimia

21 Jawaban
21546 Dilihat
Tulisan terakhir November 08, 2009, 10:17:50 PM
oleh Idad
Asam Basa

Dimulai oleh Media Kimia « 1 2 » Kimia

17 Jawaban
14621 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 02, 2009, 09:53:22 AM
oleh sisca, chemistry
6 Jawaban
5656 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 29, 2010, 11:45:52 AM
oleh goe
7 Jawaban
9598 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 26, 2011, 03:19:34 AM
oleh nate river
1 Jawaban
3563 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 14, 2012, 10:11:37 PM
oleh syx