Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Juli 30, 2021, 01:23:21 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139657
  • Total Topik: 10399
  • Online Today: 50
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 58
Total: 58

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: dari mana ribuan zat ini ?  (Dibaca 9738 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline truf777

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 32
  • Jadi dokter gigi susah yah ?
dari mana ribuan zat ini ?
« pada: Maret 07, 2010, 09:30:59 AM »
katanya di dalam rokok ada ribuan zat berbahaya
nah dari mana sih zat zat ini ?
kalo saya pikir pikir kan roko cuma daun + kertas terus dibakar
masa sih daun sama kertas yang dibakar ini bisa menghasilkan ribuan zat ?
"I've always wondered if there was a god. And now I know there is --
and it's me." -homer simpson-

Faith means not wanting to know what is true. – Friedrich Nietzsche

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: dari mana ribuan zat ini ?
« Jawab #1 pada: Maret 08, 2010, 10:29:57 AM »
dari asap pembakaran tembakau yg diberi zat kimia yg dibilang2 penambah "rasa", lihat agak berwarna putih kebiru2an....pernah isep asap kayu bakar yang putih ke abu2an nah itu karbon dioksida yang bercampur karbon monoksida, kalo menghisap asap knalpot udah pernah coba? itu mengandung hampir 50% karbon monoksida(itu bila knalpot pake katalisator polonium dan rodium, lebih bahawa lagi ngisep knalpot mobil prah yg ngankat berton2 barang dan ditambah ngga pake katalisator) sangat mudah bikin mampus otak dan paru2, karena otak bisa kekurangan oksigen gara2 CO sangat menumpuk didarah(taukan CO lebih mudah diikat haemoglobin ketimbang O2);D
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: dari mana ribuan zat ini ?
« Jawab #2 pada: Maret 08, 2010, 11:22:50 AM »
hahaha
biar gampangnya..

air di sungai2 tu aja byk zat2...
di rambut kita jg byk zat2...
apalagi rokok...
tinggal berbahayanya ato ga aja...
hehee~
~ You are what you eat ~

Offline truf777

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 32
  • Jadi dokter gigi susah yah ?
Re: dari mana ribuan zat ini ?
« Jawab #3 pada: Maret 08, 2010, 12:00:26 PM »
nambah rasa ? kayak menthol DLL ?
jadi kalo rokok yang linting itu gak bahaya yah ?

@ sisca
asal nya ?

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: dari mana ribuan zat ini ?
« Jawab #4 pada: Maret 08, 2010, 01:06:56 PM »
asalnya..?
yah,
semua benda itu pasti terususun dari atom2...
coba deh cari benda yg ga disusun dari atom2.. molekul2.. unsur2.. senyawa2..
ga ada kan... ^^"

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
Re: dari mana ribuan zat ini ?
« Jawab #5 pada: Maret 09, 2010, 12:08:03 AM »
rokok linting tetep bahaya dunk... kan ada tembakau yg mengandung nikotin....

Nikotina merupakan racun saraf yang potensial dan digunakan sebagai bahan baku berbagai jenis insektisida. Pada konsentrasi rendah, zat ini dapat menimbulkan kecanduan, khususnya pada rokok. Nikotina memiliki daya karsinogenik terbatas yang menjadi penghambat kemampuan tubuh untuk melawan sel-sel kanker, akan tetapi nikotina tidak menyebabkan perkembangan sel-sel sehat menjadi sel-sel kanker.


Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.809
  • IQ: 11
Re: dari mana ribuan zat ini ?
« Jawab #6 pada: Maret 09, 2010, 01:59:42 AM »
1. Apa  karsinogenik ( carcinogenic ) itu bukannya daya /energi yang menyebabkan kanker ?

2.  Saya pernah baca,  tapi lupa judul bukunya,  menyatakan adanya beberapa penelitian di beberapa kota besar di dunia untuk mengetahui hubungan bahaya dari rokok dibandingkan dengan bahaya dari polusi yang disebabkan asap gas buang kendaraan.  Hasilnya  :  orang atau penduduk tidak merokok yang tinggal di kota-kota besar yang diteliti itu sama bahayanya dengan perokok 4 pak sehari.  Orang yang perokok 2 pak sehari sama dengan perokok 6 pak sehari....... ;D
Polusi dari asap gas buang kendaraan di kota2 besar,  apa boleh dibilang karsinogenik ... ?

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
Re: dari mana ribuan zat ini ?
« Jawab #7 pada: Maret 09, 2010, 03:49:28 AM »
Karsinogen adalah bahan yang dapat memicu ataupun mendorong terjadinya kanker

asap dr kendaraan bermotor bisa dibilang karsinogenik.....

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: dari mana ribuan zat ini ?
« Jawab #8 pada: Maret 09, 2010, 06:48:15 AM »
nambah rasa ? kayak menthol DLL ?
jadi kalo rokok yang linting itu gak bahaya yah ?

@ sisca
asal nya ?
mild, cigarette dan apalah namanya mereka kadang berada dalam satu pabrik dengan tembakau asal yang sama, tetapi membuat variasi dalam rasa, dan kadar nikotin dan tar berbeda(ini sesuai takaran penggunaan sih)...menthol salah satu senyawa yang mudah digabungkan dengan senyawa lain, dan saat pembakaran menthol menghasilkan zat yang berbeda pula..nah dalam rokok ada yang bilang dapat menyebabkan impotensi nah, menthol ini lah umumnya penyebabnya.

Offline truf777

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 32
  • Jadi dokter gigi susah yah ?
Re: dari mana ribuan zat ini ?
« Jawab #9 pada: Maret 09, 2010, 07:27:56 AM »
kalau bisa ditakar kenapa gak dijadiin 0 aja nikotin dan tarnya ?

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
Re: dari mana ribuan zat ini ?
« Jawab #10 pada: Maret 09, 2010, 08:44:04 AM »
Apakah rokok rendah nikotin memang memiliki kadar nikotin lebih rendah? Ya,  tetapi itu hanya ketika diuji dengan alat untuk mendeteksi kadar nikotin. Para  perokok memiliki kebutuhan nikotin dalam dosis tertentu. Jadi ketika mereka  mulai mengisap rokok rendah nikotin, mereka akan mengisap lebih banyak guna  mendapatkan kadar nikotin dalam jumlah yang sama. Misalnya, seseorang yang  biasa merokok kretek 1 batang, akan membutuhkan 2 atau 3 batang rokok mild  untuk mendapatkan kadar nikotin yang sama.
            
Masalahnya, rokok rendah nikotin hanya memiliki kadar nikotin yang lebih rendah, tetapi kandungan racun-racun lain seperti karbon monoksida atau cyanida  tetap sama. Jadi ketika anda mengisap 1 batang rokok kretek, anda mendapat dosis nikotin  dan karbon monoksida dari 1 batang rokok, tetapi ketika anda berganti dengan  rokok mild, anda tetap mendapat dosis nikotin dari 1 batang rokok tapi mendapat  karbon monoksida dari 3 batang rokok.

Rokok Electronik yang kadar nikotin dan Tarnya = 0, rencananya akan dijual kepasaran dengan harga lumayan tinggi 500.000.

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: dari mana ribuan zat ini ?
« Jawab #11 pada: Maret 09, 2010, 09:22:08 AM »
Nih topik menarik...
Dan seharusnya di forum Kesehatan.
Ikutin...
OOT OOT OOT..!!!

Offline truf777

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 32
  • Jadi dokter gigi susah yah ?
Re: dari mana ribuan zat ini ?
« Jawab #12 pada: Maret 09, 2010, 12:27:48 PM »
rokok elektrik ?
aneh amat ?
kenapa gak pake obat aja
katanya bisa sembuhin ketagihan rokok dulu sempat di pajang gede gede di koran koran kalo gak salah produksi nya pfizer

Offline truf777

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 32
  • Jadi dokter gigi susah yah ?
Re: dari mana ribuan zat ini ?
« Jawab #13 pada: Maret 09, 2010, 12:28:59 PM »
oh yah berarti di daun tembakau itu banyak racun dong ?

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: dari mana ribuan zat ini ?
« Jawab #14 pada: Maret 09, 2010, 12:38:39 PM »
Banyak cara untuk sembuhin ketagihan rokok.
Salah satunya pake nicotine-replacement therapy yang banyak dijual di pasaran dalam bentuk permen karet, patch, spray.. (maksudnya cuman isi nikotin aja di dalam, jadi racun2 lain di tembakau gak ikut, karna konon nikotin ini yang bikin candu)
Tapi pernah baca juga soal nikotin replacement ini.. Kalo gak salah, resiko kanker paru tidak menurun pada orang yang pake replacement therapy.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
37 Jawaban
29147 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 19, 2009, 12:12:34 PM
oleh Dhantez
1 Jawaban
4227 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 26, 2009, 06:44:18 AM
oleh HyawehHoshikawa
2 Jawaban
3116 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 13, 2009, 02:15:55 AM
oleh superstring39
10 Jawaban
6820 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 19, 2010, 03:22:52 PM
oleh dancyber
0 Jawaban
151979 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 09, 2017, 01:56:37 AM
oleh destii