Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Kimia => Topik dimulai oleh: truf777 pada Maret 07, 2010, 09:30:59 AM

Judul: dari mana ribuan zat ini ?
Ditulis oleh: truf777 pada Maret 07, 2010, 09:30:59 AM
katanya di dalam rokok ada ribuan zat berbahaya
nah dari mana sih zat zat ini ?
kalo saya pikir pikir kan roko cuma daun + kertas terus dibakar
masa sih daun sama kertas yang dibakar ini bisa menghasilkan ribuan zat ?
Judul: Re: dari mana ribuan zat ini ?
Ditulis oleh: nandaz pada Maret 08, 2010, 10:29:57 AM
dari asap pembakaran tembakau yg diberi zat kimia yg dibilang2 penambah "rasa", lihat agak berwarna putih kebiru2an....pernah isep asap kayu bakar yang putih ke abu2an nah itu karbon dioksida yang bercampur karbon monoksida, kalo menghisap asap knalpot udah pernah coba? itu mengandung hampir 50% karbon monoksida(itu bila knalpot pake katalisator polonium dan rodium, lebih bahawa lagi ngisep knalpot mobil prah yg ngankat berton2 barang dan ditambah ngga pake katalisator) sangat mudah bikin mampus otak dan paru2, karena otak bisa kekurangan oksigen gara2 CO sangat menumpuk didarah(taukan CO lebih mudah diikat haemoglobin ketimbang O2);D
Judul: Re: dari mana ribuan zat ini ?
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Maret 08, 2010, 11:22:50 AM
hahaha
biar gampangnya..

air di sungai2 tu aja byk zat2...
di rambut kita jg byk zat2...
apalagi rokok...
tinggal berbahayanya ato ga aja...
hehee~
Judul: Re: dari mana ribuan zat ini ?
Ditulis oleh: truf777 pada Maret 08, 2010, 12:00:26 PM
nambah rasa ? kayak menthol DLL ?
jadi kalo rokok yang linting itu gak bahaya yah ?

@ sisca
asal nya ?
Judul: Re: dari mana ribuan zat ini ?
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Maret 08, 2010, 01:06:56 PM
asalnya..?
yah,
semua benda itu pasti terususun dari atom2...
coba deh cari benda yg ga disusun dari atom2.. molekul2.. unsur2.. senyawa2..
ga ada kan... ^^"
Judul: Re: dari mana ribuan zat ini ?
Ditulis oleh: raisuien pada Maret 09, 2010, 12:08:03 AM
rokok linting tetep bahaya dunk... kan ada tembakau yg mengandung nikotin....

Nikotina merupakan racun saraf yang potensial dan digunakan sebagai bahan baku berbagai jenis insektisida. Pada konsentrasi rendah, zat ini dapat menimbulkan kecanduan, khususnya pada rokok. Nikotina memiliki daya karsinogenik terbatas yang menjadi penghambat kemampuan tubuh untuk melawan sel-sel kanker, akan tetapi nikotina tidak menyebabkan perkembangan sel-sel sehat menjadi sel-sel kanker.

Judul: Re: dari mana ribuan zat ini ?
Ditulis oleh: semut-ireng pada Maret 09, 2010, 01:59:42 AM
1. Apa  karsinogenik ( carcinogenic ) itu bukannya daya /energi yang menyebabkan kanker ?

2.  Saya pernah baca,  tapi lupa judul bukunya,  menyatakan adanya beberapa penelitian di beberapa kota besar di dunia untuk mengetahui hubungan bahaya dari rokok dibandingkan dengan bahaya dari polusi yang disebabkan asap gas buang kendaraan.  Hasilnya  :  orang atau penduduk tidak merokok yang tinggal di kota-kota besar yang diteliti itu sama bahayanya dengan perokok 4 pak sehari.  Orang yang perokok 2 pak sehari sama dengan perokok 6 pak sehari....... ;D
Polusi dari asap gas buang kendaraan di kota2 besar,  apa boleh dibilang karsinogenik ... ?
Judul: Re: dari mana ribuan zat ini ?
Ditulis oleh: raisuien pada Maret 09, 2010, 03:49:28 AM
Karsinogen adalah bahan yang dapat memicu ataupun mendorong terjadinya kanker

asap dr kendaraan bermotor bisa dibilang karsinogenik.....
Judul: Re: dari mana ribuan zat ini ?
Ditulis oleh: nandaz pada Maret 09, 2010, 06:48:15 AM
nambah rasa ? kayak menthol DLL ?
jadi kalo rokok yang linting itu gak bahaya yah ?

@ sisca
asal nya ?
mild, cigarette dan apalah namanya mereka kadang berada dalam satu pabrik dengan tembakau asal yang sama, tetapi membuat variasi dalam rasa, dan kadar nikotin dan tar berbeda(ini sesuai takaran penggunaan sih)...menthol salah satu senyawa yang mudah digabungkan dengan senyawa lain, dan saat pembakaran menthol menghasilkan zat yang berbeda pula..nah dalam rokok ada yang bilang dapat menyebabkan impotensi nah, menthol ini lah umumnya penyebabnya.
Judul: Re: dari mana ribuan zat ini ?
Ditulis oleh: truf777 pada Maret 09, 2010, 07:27:56 AM
kalau bisa ditakar kenapa gak dijadiin 0 aja nikotin dan tarnya ?
Judul: Re: dari mana ribuan zat ini ?
Ditulis oleh: raisuien pada Maret 09, 2010, 08:44:04 AM
Apakah rokok rendah nikotin memang memiliki kadar nikotin lebih rendah? Ya,  tetapi itu hanya ketika diuji dengan alat untuk mendeteksi kadar nikotin. Para  perokok memiliki kebutuhan nikotin dalam dosis tertentu. Jadi ketika mereka  mulai mengisap rokok rendah nikotin, mereka akan mengisap lebih banyak guna  mendapatkan kadar nikotin dalam jumlah yang sama. Misalnya, seseorang yang  biasa merokok kretek 1 batang, akan membutuhkan 2 atau 3 batang rokok mild  untuk mendapatkan kadar nikotin yang sama.
            
Masalahnya, rokok rendah nikotin hanya memiliki kadar nikotin yang lebih rendah, tetapi kandungan racun-racun lain seperti karbon monoksida atau cyanida  tetap sama. Jadi ketika anda mengisap 1 batang rokok kretek, anda mendapat dosis nikotin  dan karbon monoksida dari 1 batang rokok, tetapi ketika anda berganti dengan  rokok mild, anda tetap mendapat dosis nikotin dari 1 batang rokok tapi mendapat  karbon monoksida dari 3 batang rokok.

Rokok Electronik yang kadar nikotin dan Tarnya = 0, rencananya akan dijual kepasaran dengan harga lumayan tinggi 500.000.
Judul: Re: dari mana ribuan zat ini ?
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Maret 09, 2010, 09:22:08 AM
Nih topik menarik...
Dan seharusnya di forum Kesehatan.
Ikutin...
Judul: Re: dari mana ribuan zat ini ?
Ditulis oleh: truf777 pada Maret 09, 2010, 12:27:48 PM
rokok elektrik ?
aneh amat ?
kenapa gak pake obat aja
katanya bisa sembuhin ketagihan rokok dulu sempat di pajang gede gede di koran koran kalo gak salah produksi nya pfizer
Judul: Re: dari mana ribuan zat ini ?
Ditulis oleh: truf777 pada Maret 09, 2010, 12:28:59 PM
oh yah berarti di daun tembakau itu banyak racun dong ?
Judul: Re: dari mana ribuan zat ini ?
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Maret 09, 2010, 12:38:39 PM
Banyak cara untuk sembuhin ketagihan rokok.
Salah satunya pake nicotine-replacement therapy yang banyak dijual di pasaran dalam bentuk permen karet, patch, spray.. (maksudnya cuman isi nikotin aja di dalam, jadi racun2 lain di tembakau gak ikut, karna konon nikotin ini yang bikin candu)
Tapi pernah baca juga soal nikotin replacement ini.. Kalo gak salah, resiko kanker paru tidak menurun pada orang yang pake replacement therapy.
Judul: Re: dari mana ribuan zat ini ?
Ditulis oleh: nandaz pada Maret 10, 2010, 01:19:30 AM
kalau bisa ditakar kenapa gak dijadiin 0 aja nikotin dan tarnya ?
ngga bisa, dimanapun kamu menghisap pembakaran akan ada senyawa sisanya(jadi inget hukum kekekalan massa lavoiser)...maksudnya kan ada rokok yang satu produk tetapi memiliki komposisi nikotin dan tar berbeda, pernah menghisap rokok dari pucuk enau? (kalo ngga salah pucuk enau juga pernah orang bikin rokok) nah, coba bandingin rasanya dengan tembakau? boleh aja tembakau dari luar kayak palmall atau di indo ada sampoerna kretek kalo sampoerna pake cengkeh...orang tua2 dulu juga bernasip sial karena hobi mengonsumsi tembakau hitam yang sangat tinggi nikotin dan biasanya di kombinasikan dengan klembak dan kemenyan untuk menghasilkan aroma yang sedap, oleh sebab itu umurnya pendek...bedah aja parunya saat dia dah tiada maka kamu akan lihat kengerian paru2 orang tua2 dulu...
Judul: Re: dari mana ribuan zat ini ?
Ditulis oleh: nandaz pada Maret 10, 2010, 01:39:02 AM
Kutip
(http://www.forumsains.com/index.php?action=dlattach;topic=6184.0;attach=1906;image)
btw, bukannya kandungannya sudah ada di dalam satu bentuk rokok...kok di pisah2 bagiannya.
tar juga terhisap kedalam tubuh dan ini khasnya dari tembakau...pernah liat bentuknya ngga? warnanya coklat item dan berasal dari getah tembakau atau distilasi kayu arang..ini yang bikin sensasi alami dalam rokok...nikotin itu insektisida ya...dan perlu diperingatkan nikotin ini lah yang bikin kita merasa ngga lapar meski telah mengonsumsi rokok.

kalo ngga salah asap rokok juga bikin kulit jelek, jadi bagi istri2 mulus yang yg suaminya perokok, bisa aja kulitnya cepet keriput dan kering
Judul: Re: dari mana ribuan zat ini ?
Ditulis oleh: raisuien pada Maret 10, 2010, 01:44:46 AM
gambarnya bukan dipisah2 kok......
tp dalam rokok tu terkandung zat pa ja d dalamnya.....
Judul: Re: dari mana ribuan zat ini ?
Ditulis oleh: nandaz pada Maret 10, 2010, 02:18:45 AM
..oh bgt,
tetapi... cat itu cocok juga di taruh dibagian filter, soalnya memang disitu...maungkin pada filter itu yg menyebabkan gigi kuning... ::)
Judul: Re: dari mana ribuan zat ini ?
Ditulis oleh: raisuien pada Maret 10, 2010, 04:00:25 AM
..oh bgt,
tetapi... cat itu cocok juga di taruh dibagian filter, soalnya memang disitu...maungkin pada filter itu yg menyebabkan gigi kuning... ::)

bukannya karna nikotin ???
Judul: Re: dari mana ribuan zat ini ?
Ditulis oleh: nandaz pada Maret 10, 2010, 04:04:24 AM
..oh bgt,
tetapi... cat itu cocok juga di taruh dibagian filter, soalnya memang disitu...maungkin pada filter itu yg menyebabkan gigi kuning... ::)

bukannya karna nikotin ???
iya,nikotin khan cairan juga dan  meresap dulu ke filter dan sampe ke gigi,,, .