Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Kimia => Topik dimulai oleh: nandaz pada Februari 07, 2009, 04:36:30 AM

Judul: deterjen paling ampuh?
Ditulis oleh: nandaz pada Februari 07, 2009, 04:36:30 AM
...deterjen mana yang lebih ampuh...?
deterjen yang terbuat dari persenyawaan NaOH atau KOH...?...kalo boleh kasih contoh produknya ya...., biar aku kalo mencuci jadi bersih, tidak mudah robek dan hemat tenaga, cucian di kost numpuk segunung nih... ;D
Judul: Re: deterjen paling ampuh?
Ditulis oleh: syx pada Februari 07, 2009, 06:59:01 AM
nandaz kerja sebagai tukang cuci di tempat kos?
Judul: Re: deterjen paling ampuh?
Ditulis oleh: nandaz pada Februari 08, 2009, 12:15:58 AM
...ha..ha..benar, tapi ada imbalannya lho...dapat duit lagih...jadi deterjen mana yang lebih efektif untuk nyuci?
Judul: Re: deterjen paling ampuh?
Ditulis oleh: soni sascori pada Februari 09, 2009, 04:06:01 PM
deterjennya yang mana aja,,,,,,
klo mo cepet bersih.....
pada saaat perendaman, air yang di gunakan tambahkan air panas......!

ingat pengaruh suhu dalam kinetika kimia.....!!!!!! 
- mempercepat reaksi
-menambah kelarutan.....

jadi bisa lebih cepat dan lebih bersih tuch....
Judul: Re: deterjen paling ampuh?
Ditulis oleh: syx pada Februari 09, 2009, 11:12:33 PM
... abis nyuci, tangan melepuh.
Judul: Re: deterjen paling ampuh?
Ditulis oleh: nandaz pada Februari 10, 2009, 01:32:12 AM
deterjennya yang mana aja,,,,,,
klo mo cepet bersih.....
pada saaat perendaman, air yang di gunakan tambahkan air panas......!

ingat pengaruh suhu dalam kinetika kimia.....!!!!!! 
- mempercepat reaksi
-menambah kelarutan.....

jadi bisa lebih cepat dan lebih bersih tuch....

nice... apa ada dipake katalis ;D....

yang lainnya ada ngga?
Judul: Re: deterjen paling ampuh?
Ditulis oleh: syx pada Februari 10, 2009, 01:53:27 AM
ini ada link bagus tentang sabun dan detergent:
http://www.sdahq.org/sdalatest/html/soapchemistry1.htm
http://www.sdahq.org/sdalatest/html/soapchemistry2.htm
Judul: Re: deterjen paling ampuh?
Ditulis oleh: nandaz pada Februari 10, 2009, 02:03:29 AM
ini salah satu kalimatnya...

An alkali is a soluble salt of an alkali metal like sodium or potassium. Originally, the alkalis used in soapmaking were obtained from the ashes of plants, but they are now made commercially. Today, the term alkali describes a substance that chemically is a base (the opposite of an acid) and that reacts with and neutralizes an acid.

The common alkalis used in soapmaking are sodium hydroxide (NaOH), also called caustic soda; and potassium hydroxide (KOH), also called caustic potash.

tapi jawaban dalam page 1 dan 2 ngga ada, jadi masih belum puas...gini kalo dua senyawa ini bersaing mana yang lebih unggul dalam Volume sama, konsentrasi sama dan pasokan liter air juga sama...
Judul: Re: deterjen paling ampuh?
Ditulis oleh: superstring39 pada Februari 20, 2009, 01:20:12 AM
Pake detergent yang ada enzyme-nya tapi jangan pake air panas nanti enzyme-nya rusak. enzim ini berfungsi lebih efektif mengikat kotoran.
Judul: Re: deterjen paling ampuh?
Ditulis oleh: nandaz pada Februari 20, 2009, 03:30:16 AM
enzim kayak apa ya..? bukannya kalo deterjennya punya banyak busa menandai ampuhnya energi ikat senyawanya...enzim kan cuma ada pada pasta gigi...?
Judul: Re: deterjen paling ampuh?
Ditulis oleh: syx pada Februari 20, 2009, 03:48:56 AM
enzim sepertinya cocok untuk kotoran organik. enzim bekerja dengan cara memecah kotoran tersebut menjadi bentuk yang lebih kecil dan lebih larut air.
Judul: Re: deterjen paling ampuh?
Ditulis oleh: nandaz pada Februari 20, 2009, 03:52:47 AM
oh ya...bodohnya aku kalo begitu....tetapi untuk kotoran anorganik ngga ya..? lengketnya lem silika, atau ketumpahan tinta pulpen...