Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

November 29, 2022, 04:07:58 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,848
  • Latest: Jameswaw
Stats
  • Total Tulisan: 139,639
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 40
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 21
Total: 21

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Pelarut

Dimulai oleh Henz_Azthral, Oktober 01, 2010, 06:07:05 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

anggik2002

Klo tidak terjadi ionisasi dalam proses pelarutan, NaCl dalam H2O mengalami apa ya u/ menjadi larut? Apa seperti yang di alami oleh glukosa?apa seperti asam asetat?
@ Faenscy: apa ya mungkin H2O akan mengelilingi Na dan Cl yang tak bermuatan? Bukannya kutub parsial negatif suatu molekul akan mengelilingi sesuatu yang bermuatan positif atau parsial positif dan sebaliknya untuk kutub partial positif suatu molekul akan mengelilingi sesuatu yang bermuatan negatif atau bermuatan parsial negatif? Mohon penjelasannya!!!!!!!!

syx

Kutip dari: nandaz pada Oktober 02, 2010, 08:48:47 PM
bisa keduanya,bila volume dan massa zat terlarut lebih  besar dari zat pelarut maka ngga mungkin zat terlarut larut oleh pelarut. O ya termasuk ukuran juga. Bila ukurannya dibawah 1 nanometer juga disebut sudah melarut dimana tidak tampak lagi perubahan karakteristik visual.
jumlah komponen emang biasanya berpengaruh pada penentuan pelarut dan zat terlarut. konstituen yang punya jumlah lebih besar biasanya disebut pelarut dan yang dalam jumlah lebih kecil disebut terlarut. tetapi bila zat padat dilarutkan dalam cairan, cairan itu biasanya langsung disebut pelarut dan zat padat sebagai terlarut tanpa melihat jumlah relatif masing-masing.
larutan merupakan sistem dispersi molekular yang homogen. jika masih dalam bentuk partikel dengan ukuran tertentu itu termasuk dispersi koloid, yang merupakan sistem antara dispersi molekular (larutan) dan dispersi kasar (suspensi).

syx

zat terlarut terbagi menjadi dua kelompok utama: nonelektrolit dan elektrolit. kelompok pertama tidak menghasilkan ion jika dilarutkan dalam air. misalnya sucrose, glycerine, naftalen, dan urea. kelompok yang kedua dapat menghasilkan ion dan terbagi lagi menjadi dua, yaitu elektrolit kuat dan lemah.
ada yang tau apa yang dimaksud dengan elektrolit kuat dan elektrolit lemah?

riandono

ttg penjelasan tidak semua NaCl harus terionkan supaya bisa larut dalam air gmn mas?

syx

coba baca di farmasi fisika (martin et al) bagian larutan elektrolit. di situ ada keterangan kapan NaCl tidak terionisasi 100% dalam larutan.

anggik2002


faenscy

@anggik: hmm.. saya juga kurang tau. setau sya harus mengion dulu. tetapi jika ternyata dapat larut dengan tidak mengion, saya hanya mengira2 prosesnya seperti itu.  ;D
hmm, memang secara keseluruhan molekul NaCl bermuatan netral, brarti tidak mungkin ya pada bagian Na bermuatan positif?

@ mas syx: lalu bagaimana proses larutnya ketika NaCl tidak mengion? apa yang menyebabkan NaCl yang bermuatan netral dapat larut jika molekulnya tdk terion?

nandaz

Kutip dari: syx pada Oktober 06, 2010, 07:54:53 AM
coba baca di farmasi fisika (martin et al) bagian larutan elektrolit. di situ ada keterangan kapan NaCl tidak terionisasi 100% dalam larutan.
Moncer, saya pikir rasanya NaCl termasuk garam elektrolit kuat, syarat dari elektrolit kuat adalah terionisasi sempurna, sedangkan bial terionisasi tidak sempurna malah digolongkan ke elektrolit lemah
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

syx

debye dan huckel mengemukakan teori berdasarkan pada prinsip bahwa elektrolit kuat akan terdisosiasi sempurna menjadi ion-ion dalam larutan yang konsentrasinya sedang (cukup) dan bahwa setiap penyimpangan dari disosiasi sempuran ini disebabkan oleh karena adanya atraksi antar ion.
bisa dibaca juga teori-teori modern tentang elektrolit kuat dan kesetimbangan ion. riandono pasti punya buku farmasi fisika martin. di ruang baca kantor cuma ada sampe edisi 3, blum punya yang terbaru.

kemudian terkait dengan kelarutan padatan non ionik dalam cairan, ada tiga langkah proses yang terjadi: (1) pelepasan molekul dari fase solut (terlarut) pada suhu tertentu, (2) pembentukan lubang pada pelarut yang memungkinkan masuknya molekul solut, dan (3) molekul solut masuk ke lubang tersebut.

riandono

oke mas, tak bacanya dulu ya, ntar tak kabari lg nek udah selese
hehe jd malu aku ketahuan dulu ga lulus kimfis

faenscy

blm ad makul kimfis.. :(

baca2 buku kimfis dlu d.. haha

syx

saya aja musti buka-buka bukunya lagi... lupa.