Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Januari 21, 2022, 06:05:47 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 45
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 34
Total: 34

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Gas menjadi Air?  (Dibaca 36244 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Gas menjadi Air?
« Jawab #105 pada: Juni 03, 2010, 10:36:40 AM »
..iya, cair itu makna luasnya..sedangkan air(H2O dalam bentuk standar) salah satu contohnya....
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: Gas menjadi Air?
« Jawab #106 pada: Juni 06, 2010, 11:17:38 PM »
Jadi suatu molekul terbentuk dari hasil ikatan antar elektron bukan?
Sori banyak nanya soalnya males baca sendiri.
elektron ibaratnya tangan dari suatu atom, setiap unsur memiliki jumlah elektron yang sebanding dengan nomor atomnya...jadi jika kamu menemuin unsur H+, itu bertanda dia bersifat elektropositif dan siap menarik ion negatif yang sebanding...jika si H+ ketemu dengan O-2, standar dari elektronegatif O adalah -2 karena konfigurasi elekronnya adalah 2 8 6, menurut kaidah oktet O cendrung kekurangan 2 elektron dan siap menjadi aseptor elektron sebanyak dua, si H cuma punya satu jadi butuh 1 molekul diatomik H untuk berikatan dengan O, sehingga terbentuklah senyawa H2O...suatu atom berupaya mencapai kestabilan  sampai  masing2 unsur tidak lagi punya tangan yang kosong, tetapi lain  cerita buat yang peroksida dan superoksida...kurasa bisa dipelajari dibuku SMA atau coba baca2 di situs kimia lain, kok....
gas menjadi cair atao gas menjadi air?
mungkin maksud TS adalah gas yang berobah menjadi fasa cair(liquid)

Maaf konfigurasi 2 8 6 untuk oksigen anda dapat dari tabel mana?
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: Gas menjadi Air?
« Jawab #107 pada: Juni 06, 2010, 11:35:13 PM »
Coba saya pakai hitungan sederhana.

Jumlah air adalah 10 molekul. Jadi ada 10h20.
Jumlah H=20 Jumlah O=10

Kemudian dialiri listrik katoda untuk dipecah menjadi gas h2. Maka akan terbentuk 10(h2)+10(O)
Sekarang kita campur dengan sci-fi teori.
Seandainya 10H2 tersebut bisa kita simpan didalam tabung yang terpisah dengan 10O kemudian digabungkan kembali, maka akan terbentuk panas sebesar 286 kJ/mol * 10=2860 Kj.

Bener gak nih oret2xan saya?


Maaf banget kalo keliatan banget gak tahunya, namanya juga belajar :D

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Gas menjadi Air?
« Jawab #108 pada: Juni 07, 2010, 04:58:43 AM »
=_="a

Nomor atom O adalah 16. Jadi konfigurasi elektronnya adalah 2 8 6. Pada tiap2 kulit, banyak elektron tidak sama. Pada kulit pertama, elektron maksimal ada 2. Pada kulit kedua, elektron maksimal ada 8. Pada kulit ketiga, elektron maksimal ada 18, dan seterusnya berdasarkan rumus 2n² (n=kulit).

Tau darimana kalau jumlah molekul air ada 10?
Reaksinya:
H2 (g) + 1/2 O2 (g) => H2O
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: Gas menjadi Air?
« Jawab #109 pada: Juni 07, 2010, 10:35:39 AM »
H2 (g) + 1/2 O2 (g) => H2O << ??????

Oh iya benar O2 harusnya cuma 5 :D

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Gas menjadi Air?
« Jawab #110 pada: Juni 07, 2010, 10:45:03 AM »
loh? kenapa dengan reaksi itu?

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: Gas menjadi Air?
« Jawab #111 pada: Juni 07, 2010, 11:01:49 AM »
Kutip
Tau darimana kalau jumlah molekul air ada 10?

Misalkan, bukan berarti molekul air ada 10. Masalahnya kalau contohnya menggunakan hitungan liter, saya bingung 1 liter ada berapa molekul air.

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: Gas menjadi Air?
« Jawab #112 pada: Juni 07, 2010, 11:03:33 AM »
loh? kenapa dengan reaksi itu?

Gak apa2x, udah ngerti sekarang kenapa ada istilah 1/2 O2

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: Gas menjadi Air?
« Jawab #113 pada: Juni 07, 2010, 08:10:27 PM »
Tampaknya mesin bertenaga air sebentar lagi masuk ke ranah pseudo science :D
http://id.wikipedia.org/wiki/Mobil_berbahan_bakar_air

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Gas menjadi Air?
« Jawab #114 pada: Juni 07, 2010, 08:21:49 PM »
Tampaknya mesin bertenaga air sebentar lagi masuk ke ranah pseudo science :D
http://id.wikipedia.org/wiki/Mobil_berbahan_bakar_air
loh? belum tau? coba cari thread yg judulnya "cekidot" di kedai kopi. Ato klik aja link yg ada di signaturnya sisca,chemistry

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
5 Jawaban
7519 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 31, 2010, 10:18:49 AM
oleh galihutomo
Gas metana

Dimulai oleh h4ry « 1 2 ... 7 8 » Biologi

106 Jawaban
177527 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 24, 2019, 04:00:05 AM
oleh tono30
2 Jawaban
5174 Dilihat
Tulisan terakhir April 01, 2010, 12:13:24 AM
oleh nandaz
10 Jawaban
5857 Dilihat
Tulisan terakhir April 20, 2010, 11:15:24 AM
oleh nandaz
1 Jawaban
8300 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 14, 2014, 02:46:02 AM
oleh Saefudin