Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

November 26, 2022, 11:53:47 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,847
  • Latest: Fordemah
Stats
  • Total Tulisan: 139,639
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 30
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 32
Total: 32

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

sirup fruktosa

Dimulai oleh hawari, April 30, 2010, 03:09:28 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

nandaz

..dari forum lain, tetapi aku ngga tau lebih pastinya, pasalnya ada wabah yang namanya pengerasan otak atau sumsum tulang belakang dan lupus...semua pemicunya berasal dari aspartame karena secara kimia memang mengandung bahan beracun. mematikan buat orang parkinson dan bagi penderita diabetes dapat menyebabkan koma, selain itu berpotensi, memicu keterbelakangan mental akibat penumpukan Fenilalanin menjadi Tirosin pada jaringan syaraf.
....kupikir M.syx lebih tau kabar ini...dalam berita lain dari itali juga pernah melakukan penelitian dengan tikus dan ratusan tikus itupun langsung dihajar kanker oleh pemanis 200xglukosa itu. Meski demikian ada sekitar 50 negara yg masih mengizinkannya....Kalo BPOM saat ini masih bilang bahwa pemanis buatan ini masih aman dikonsumsi selama komposisinya tepat. meski begitu penelitian yang sesungguhnya masih dalam perdebatan lho.....
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

hawari

lho kn gn tubuh walaupun kena' diabetes tp te2p kudu ada suplai energi kn?? la terus gmn untuk menyuplai sumber energinya??

syx

@ nandaz: untuk aspartame mari kita bahas di http://www.forumsains.com/kesehatan/aspartam-si-manis-yang-menuai-kontroversi

@ hawari: penderita diabetes tetep harus makan biar ada tenaga. tapi jumlahnya diatur dan terjadwal agar gula darahnya stabil dalam batas aman dan tidak sampai melonjak ke tingkat yang bisa memberikan gangguan fungsi organ.

hawari


anggik2002

Untuk mengganti aspartam yang mungkin berbahaya, mungkin kita bisa pake pemanis alami yakni ekstrak dari tanaman stevia. Saya pernah mencoba rasanya manis sekali sampai terasa pahit dimulut,, tanaman ini udah mulai dibudidayakan kok di Indonesia.
Pernah juga saya meng-Couting gula "Gulaku" dengan ekstrak stevia impor dari malaysia. Hasilnya satu ujung sendok teh "gula coating stevia" = 1 sendok makan gula sukrose komersial.

nandaz

Kutip dari: anggik2002 pada Mei 19, 2010, 10:28:19 AM
Untuk mengganti aspartam yang mungkin berbahaya, mungkin kita bisa pake pemanis alami yakni ekstrak dari tanaman stevia. Saya pernah mencoba rasanya manis sekali sampai terasa pahit dimulut,, tanaman ini udah mulai dibudidayakan kok di Indonesia.
Pernah juga saya meng-Couting gula "Gulaku" dengan ekstrak stevia impor dari malaysia. Hasilnya satu ujung sendok teh "gula coating stevia" = 1 sendok makan gula sukrose komersial.
tetapi masih kalah dengan Alitame, apa lagi Alitame ngga sampe pahit.... :P
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

syx

tingkat kemanisan beberapa pemanis sintetik terhadap sucrose:
aspartame 180-200 x
saccharin 300-600 x
alitame 2000 x
neotame 7000-13000 x

Media Kimia

trus pemanis sintesis yang relatif aman itu apa dongk?

syx

semuanya cukup aman selama dikonsumsi dalam dosis yang tidak berlebihan... air aja kalo kebanyakan juga ga bagus kan buat kesehatan?

anggik2002

Kutip dari: nandaz pada Mei 19, 2010, 09:06:27 PM
Kutip dari: anggik2002 pada Mei 19, 2010, 10:28:19 AM
Untuk mengganti aspartam yang mungkin berbahaya, mungkin kita bisa pake pemanis alami yakni ekstrak dari tanaman stevia. Saya pernah mencoba rasanya manis sekali sampai terasa pahit dimulut,, tanaman ini udah mulai dibudidayakan kok di Indonesia.
Pernah juga saya meng-Couting gula "Gulaku" dengan ekstrak stevia impor dari malaysia. Hasilnya satu ujung sendok teh "gula coating stevia" = 1 sendok makan gula sukrose komersial.
tetapi masih kalah dengan Alitame, apa lagi Alitame ngga sampe pahit.... :P
wah lum pernah nyoba si alitame om,he.......