Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 06, 2021, 06:53:27 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 26
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 23
Total: 23

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Gula ku...  (Dibaca 15429 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
Gula ku...
« pada: Oktober 16, 2008, 11:02:14 PM »
terus terang saya masih heran ma orang2 kita kenapa klo konsumsi gula pasir kok lebih milih yg warnanya lebih putih, ya mungkin mmg kadar kolesterolnya rendah klo ga salah sh, tapi coba kita bandingkan dgn gula lokal yg warnanya masih agak kecoklatan klo kita bandingkan dengan gula rafinasi yg lebih putih menurut saya pemakaiannya jauh lebih hemat gula lokal yg warnanya kecoklatan, lagian jg dengan mengkonsumsi gula lokal akan membantu para petani tebu kita kan? tapi kenapa kita lebih memilih gula impor / rafinasi ?
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Gula ku...
« Jawab #1 pada: Oktober 17, 2008, 07:13:07 AM »
gula rafinasi tuh apaan sih? apa semua gula impor adalah gula rafinasi?
pengalaman gw di pabrik obat emang menunjukkan kalo gula dalam negeri ga bagus untuk sediaan obat karena warna yang kekuningan dan kotor (banyak partikel hingga perlu tahap penyaringan). akibatnya stabilitas obat jadi menurun dengan cepat. beda dengan gula impor yang lebih putih dan stabilitas obat sangat baik. gula eropa juga kebanyakan terbuat dari bit, bukan tebu.

Offline Kiddo

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 16
  • IQ: 0
Re: Gula ku...
« Jawab #2 pada: Oktober 17, 2008, 12:14:44 PM »
Gula rafinasi itu kalo ga salah gula hasil penyulingan (tapi beda sama gula kristal putih), jadi kemurnian dan kualitasnya jauh lebih tinggi daripada gula lokal. Kalo di industri makanan sama juga, katanya pake gula rafinasi. Karena gula rafinasi itu tingkat kemurnian sukrosa nya tinggi. Kalo pake gula lokal mesti diolah lagi.   

Menurut saya, kalo untuk konsumsi sehari-hari memang hemat pake gula lokal, tapi kalo buat industri kan harus cari bahan yang sesuai efisiensi industri. Apalagi kalo di pabrik gitu, belinya kan dalam jumlah besar. Seharusnya pemerintah turut serta mengatur pertanian tebu kta ke arah yang modern dan kualitas yang lebih baik. Soalnya persaingan pasar gula dan kebutuhan industri/konsumsi makin meningkat di tingkat dunia, ga bisa  kita tolak, kita mesti mengikuti. Kenyataannya aja, banyak orang pake gula rafinasi yang kualitasnya lebih bagus daripada gula lokal. Ya, harapannya kalo bisa diatur nanti di Indonesia ada gula kualitas tinggi yang harganya terjangkau.i
   

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Gula ku...
« Jawab #3 pada: Oktober 18, 2008, 03:56:37 AM »
indonesia tuh kaya bahan baku... pengelolaannya untuk meningkatkan nilai ekonomisnya aja yg kurang. kita sering ekspor bahan baku ke luar negeri dan beli bentuk jadinya lagi dengan harga yang sudah berlipat ganda. gula juga gitu deh... sampe kapan kualitasnya gini-gini aja? sementara beli yang kualitasnya lebih bagus malah dibatasi. padahal kita harus bikin produk kualitas. penunjangnya salah satunya adalah dengan bahan baku yang berkualitas bagus.

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
Re: Gula ku...
« Jawab #4 pada: Oktober 22, 2008, 10:55:47 PM »
ya gitulah...tapi seharusnya gula impor itu cuma untuk keperluan industri tapi masyarakatpun tertarik utk memakainya...

Offline stupid_idiot

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 24
  • IQ: 2
  • Gender: Wanita
Re: Gula ku...
« Jawab #5 pada: Oktober 23, 2008, 03:28:25 AM »
klo yg putih merk gulaku bkn lokal yah?
~~stupid-idiot~~

Offline ZeroFour

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 49
  • IQ: 6
Re: Gula ku...
« Jawab #6 pada: Oktober 26, 2008, 02:33:15 PM »
tapi coba kita bandingkan dgn gula lokal yg warnanya masih agak kecoklatan klo kita bandingkan dengan gula rafinasi yg lebih putih menurut saya pemakaiannya jauh lebih hemat gula lokal yg warnanya kecoklatan
[/quote]

oi...emangny kenapa gula lokal kok bisa berwarna kecoklatan....? ??? ntu pengaruh lingkungan ato karena emang petani ny g bisa bikin gula putih...? klo petani bikin gula putih kan mungkin masyarakat bakal bli gula lokal.... :'(  :'(

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Gula ku...
« Jawab #7 pada: Oktober 27, 2008, 10:59:19 PM »
warna kecoklatan karena impurity-nya tinggi, terutama dari logam. impurity tinggi ini yang mengganggu stabilitas sediaan obat jika gula lokal digunakan sebagai komponen pemanis di dalamnya.

Offline dark_nekron

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 102
  • IQ: 6
Re: Gula ku...
« Jawab #8 pada: Januari 14, 2009, 09:46:06 PM »
klo gula merah?
......i'am still stupid..... and always stupid......
----ORANG GENDENG----

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Gula ku...
« Jawab #9 pada: Januari 14, 2009, 10:02:09 PM »
maksudnya mo dipake di produk farmasi? yaa mana bisa... zat pengotornya jauh lebih banyak.

Offline dark_nekron

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 102
  • IQ: 6
Re: Gula ku...
« Jawab #10 pada: Januari 14, 2009, 10:13:02 PM »
nggak kok cuma dibuat es dawet.... hehehehe....
just kidding bos...

Offline soni sascori

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 115
  • IQ: 20
  • Gender: Pria
Re: Gula ku...
« Jawab #11 pada: Januari 16, 2009, 01:37:37 AM »
produk dengan nama dagang GULAKU itu bukannya produk lokal ya.....!!!

klo gak salah produsen atau pabriknya ada di lampung,,,!

klo mo maen kesana kapan-kapan Q bisa anter....
n_COn

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Gula ku...
« Jawab #12 pada: Agustus 28, 2009, 12:38:59 AM »
ada yang tau cara menjernihkan larutan gula dengan putih telur atau cara lainnya? mana yang paling efektif dan ekonomis? gula lokal kalo dibuat sirup warnanya ga bisa putih bersih seperti gula impor, melainkan memberikan warna kekuningan. jadi perlu pemurnian ato pembersihan lebih lanjut. thanks.

Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • ExtraordinaryAnggik
Re: Gula ku...
« Jawab #13 pada: Agustus 28, 2009, 04:41:32 AM »
Impurity itu apa?
Mau Belajal Yang Pintel Bial Jadi Doktel Hewan Yang Ashoi

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Gula ku...
« Jawab #14 pada: Agustus 28, 2009, 06:40:39 AM »
impurity itu zat di luar yang diinginkan yang ada dalam suatu produk, bisa berasal dari sisa proses sintesis atau hasil degradasi produk tersebut.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
4 Jawaban
5338 Dilihat
Tulisan terakhir April 30, 2009, 02:01:34 PM
oleh nandaz
13 Jawaban
7649 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 17, 2009, 03:39:20 PM
oleh Hendy wijaya, MD
5 Jawaban
5589 Dilihat
Tulisan terakhir April 07, 2013, 02:16:05 PM
oleh A
3 Jawaban
2898 Dilihat
Tulisan terakhir April 07, 2013, 02:13:38 PM
oleh A
0 Jawaban
1902 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 08, 2021, 12:14:03 PM
oleh sari legen