Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 06, 2021, 07:16:09 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 26
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 19
Total: 19

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Gula ku...  (Dibaca 15430 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • ExtraordinaryAnggik
Re: Gula ku...
« Jawab #15 pada: Agustus 29, 2009, 05:37:21 AM »
Kalo' misalnya gula diproses memakai peralatan yang berkarat dan karatnya masuk ke gula, berarti karatannya itu Impurity. Begitu ka?
Mau Belajal Yang Pintel Bial Jadi Doktel Hewan Yang Ashoi

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Gula ku...
« Jawab #16 pada: Agustus 29, 2009, 07:31:39 AM »
itu juga bisa dikatakan impurity yang berasal dari fasilitas produksinya. logam yang tidak memenuhi syarat, bukan baja inert, rentan memberikan kontaminasi ini.
impurity juga bisa berasal dari bahan awal, sisa hasil reaksi (kelebihan pereaksi, hasil reaksi samping), ato proses pemurnian yang tidak sempurna.
gula yang bagus untuk industri farmasi dan makanan (sirup) jika dilarutkan warnanya bener-bener putih atau sedikit kekuningan. kalo gula rumahan coba aja dilarutkan hingga menjadi sirup kental. hasilnya pasti bikin orang males minum akibat warnanya dan kekeruhannya.
kalo kita bikin obat sirup dengan menggunakan gula seperti ini apa jadinya? warna udah ga jelas, obatnya juga pasti ga stabil banget...

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Gula ku...
« Jawab #17 pada: Desember 04, 2009, 10:11:43 AM »
gimana cara menurunkan atao, lebih baik lagi, menghilangkan gula pereduksi (invert sugar) dalam gula (sucrose)? ini berkaitan dengan stabilitas produk...

Offline r.a.n

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 312
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Tebak saya yang mana..????
Re: Gula ku...
« Jawab #18 pada: Desember 05, 2009, 07:20:52 AM »
@syx
Gula invert itu, gula yang memutar...bidang polarisasi yah...Maaf nggak paham...

Agak OOT sih...sebenarnya dari gugus gula...apanya sih yang bikin manis...Kalo asam ada H+. Kalo basa agak ketir ada OH-. Kalo pedes..iritasi...kalo manis...apa yah...
"stem..cell apa BTKV..aduh bingung..???"

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Gula ku...
« Jawab #19 pada: Desember 05, 2009, 07:55:33 AM »
invert sugar seperti emang ngarah ke kemampuan pembelokan polarisasi... kalo mengacu pada metode pengujian di NF sepertinya mengarah ke gula pereduksi hasil urai ato pengotor sucrose (glucose). sucrose merupakan gula non pereduksi, jadi ga bereaksi terhadap pereaksi fehling.
manis kalo ga salah berkaitan dengan poliol ato poli-OH. mungkin emang ada kaitannya ama OH biasa dengan kadang ada after taste pait di beberapa pemanis buatan.

Offline r.a.n

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 312
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Tebak saya yang mana..????
Re: Gula ku...
« Jawab #20 pada: Desember 05, 2009, 10:23:35 AM »
Ingin mengembangkan arah diskusi mas...selain gula inverter...apa saja yang bisa mempengaruhi kestabilan...obat...mas..Thanks..

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Gula ku...
« Jawab #21 pada: Desember 08, 2009, 07:05:52 AM »
banyak... tapi secara umum musti melihat gugus fungsi (reaktif) yang ada pada bahan aktif dan eksipien. misalnya lactose akan menyerang gugus amine primer bebas  dengan reaksi millard, diikuti dengan rearrangement amadori sehingga menghasilkan produk berwarna.
stabilitas obat juga tergantung sensitifitasnya terhadap kondisi lingkungan, misalnya uap, oksigen, oksidator, pH, cahaya, dan suhu.

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 823
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: Gula ku...
« Jawab #22 pada: Desember 08, 2009, 08:18:00 AM »
banyak... tapi secara umum musti melihat gugus fungsi (reaktif) yang ada pada bahan aktif dan eksipien. misalnya lactose akan menyerang gugus amine primer bebas  dengan reaksi millard, diikuti dengan rearrangement amadori sehingga menghasilkan produk berwarna.
stabilitas obat juga tergantung sensitifitasnya terhadap kondisi lingkungan, misalnya uap, oksigen, oksidator, pH, cahaya, dan suhu.
Oia, maaf, out of topic sebentar,
Kalau mau tau tentang seperti ini itu belajar BioKim apa Farmakologi ya?
Visit My Site ! ! !
Download Soal Matematika SMA ZyuProject



Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Gula ku...
« Jawab #23 pada: Desember 08, 2009, 08:29:58 AM »
... apa ya? farmasi soalnya ilmu paduan biologi, kimia, dan fisika. kalo masalah stabilitas gini mungkin lebih ke arah kimia organik dan kimia fisika.

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 823
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: Gula ku...
« Jawab #24 pada: Desember 08, 2009, 08:32:03 AM »
... apa ya? farmasi soalnya ilmu paduan biologi, kimia, dan fisika. kalo masalah stabilitas gini mungkin lebih ke arah kimia organik dan kimia fisika.
Um.., ok2..:: kalau gitu coba saya cari tau lagi, soalnya saya rencana ngambil biokim
Ok de, thx

Lets back to topic..

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Gula ku...
« Jawab #25 pada: Desember 08, 2009, 08:42:18 AM »
kalo mo cara gampang cari info inkompatibilitas ini bisa baca dalam handbook of pharmaceutical excipients yang sekarang udah sampe edisi 6. emang idad di farmasi?

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
4 Jawaban
5338 Dilihat
Tulisan terakhir April 30, 2009, 02:01:34 PM
oleh nandaz
13 Jawaban
7649 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 17, 2009, 03:39:20 PM
oleh Hendy wijaya, MD
5 Jawaban
5589 Dilihat
Tulisan terakhir April 07, 2013, 02:16:05 PM
oleh A
3 Jawaban
2898 Dilihat
Tulisan terakhir April 07, 2013, 02:13:38 PM
oleh A
0 Jawaban
1902 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 08, 2021, 12:14:03 PM
oleh sari legen