Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 08, 2021, 08:03:59 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 56
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 21
Total: 21

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Pemecahan Ester  (Dibaca 4540 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Pemecahan Ester
« pada: September 20, 2008, 05:03:17 AM »
kalo mo mecah ester pake apa ya? gw pingin mecah thiamphenicol palmitate menjadi thiamphenicol aja. thanks.

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
Re: Pemecahan Ester
« Jawab #1 pada: September 20, 2008, 09:22:17 AM »
biasanya fatty acid ester bisa dipecah dg alkaline hydrolysis

belum sempat nyari2 nih, tapi coba pakai ethanolic-NaOH 1 M (>3 kali lbh banyak volumenya) dan waterbath 50 celcius 2 jam (ini prosedur utk pemecahan ester cholesterol).
Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Pemecahan Ester
« Jawab #2 pada: September 20, 2008, 10:09:29 PM »
masalah sebenarnya adalah kesulitan cari reference standard untuk thiamphenicol palmitate. makanya terbersit ide untuk memecahnya jadi thiamphenicol. dengan demikian kita bisa menggunakan reference standard thiamphenicol.

Offline bluesky

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 46
  • IQ: 6
Re: Pemecahan Ester
« Jawab #3 pada: September 24, 2008, 02:20:37 AM »
om semuanya...

monggo dibaca buku kimia organik 1 dan 2 Fessenden&Fessenden, tuh buku juragannya kimia organik termasuk organik sintesis. dari yang dasar sampe yang super heboh permulaannya ada disitu semua...
kalo saya perlu reaksi ini itu, biasanya saya acuan dasarnya pada buku itu...
Monggo dicoba... ;)
yang suka di lab silahkan masuk ke...

http://online-lab.blogspot.com

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Pemecahan Ester
« Jawab #4 pada: September 24, 2008, 06:40:10 AM »
peregrine dipanggil om...


thanks bluesky. udah dapet hydrolysing ester. di situ dituliskan ester bisa dipecah dengan cara hidrolisis, pake air aja ato dengan larutan asam/basa lemah. hidrolisis dengan basa lemah berjalan satu arah. jadi sebaiknya dipilih prosedur yang itu. juga berdasarkan informasi bahwa sodara tua thiamphenicol, yaitu chloramphenicol, bentuk ester palmitatnya yg ga aktif dihidrolisis menjadi chloramphenicol aktif dalam usus halus. pH usus halus berada dalam rentang 4-8.
ntar mo coba ah dipecah pake refluks dengan larutan NaOH encer.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
1 Jawaban
6319 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 17, 2009, 03:05:08 AM
oleh nandaz