Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juli 06, 2022, 04:48:50 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 67
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 31
Total: 31

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Kamus istilah kimia

Dimulai oleh peregrin, Juli 29, 2010, 08:04:27 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

peregrin

Temans  :)

Bbrp kali saya mengalami kesulitan ketika menerjemahkan artikel berbhs Inggris ke dlm bhs Indonesia. Juga ketika membaca artikel sains yg bukan bidang saya. Salah satu sebabnya krn ada banyak istilah teknis dlm bhs Indonesia yg saya tidak tahu. Kadang saya coba cek di wikipedia versi bhs Indonesia, eh ternyata ngga lengkap juga.

Nah, saya jd ada usul nih  8)  gimana kalo kita bekerja sama mengumpulkan istilah2 teknis dlm bhs Indonesia, terutama yg bukan kata serapan langsung dr bhs Inggris. Selain utk menambah pengetahuan dan membantu kita dlm membaca dan menulis artikel sains, juga bisa ikut mempopulerkan penggunaan bhs Indonesia asli (cieeeh  8)).


Usul saya, sementara kita kompilasi dg format spt di bawah ini dulu. Nanti kalau sudah banyak, bisa saja saya bikin satu tabel dan berurutan sesuai abjad.

Istilah bhs Indonesia = ...
Bhs Inggris = ...
Arti (dlm bhs Indonesia) = ...



Contoh:

Dapar / larutan penyangga
Bhs Inggris = buffer
Arti = campuran asam lemah dan basa konjugatnya, atau basa lemah dan asam konjugatnya (sesuai teori asam-basa Bronsted-Lowry), yg dilarutkan dalam air dan berfungsi utk mempertahankan pH larutan tsb.



Kalau ada teman2 yg tdk tahu istilah tertentu, juga bisa di-post di sini, biar kita bisa saling membantu  :)
Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

nandaz

...mulai ah,
kalo inflamasi apa itu?  ???
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Izart

Inflamasi (radang) merupakan respons protektif setempat yang ditimbulkan oleh cedera atau kerusakan jaringan, yang berfungsi menghancurkan, mengurangi, atau mengurung (sekuestrasi) baik agen pencedera maupun jaringan yang cedera itu
[move]Duduk diam tak berarti Istirahat[/move]

Balya

bahasa inggris kayanya agak susah ...
sementara kimia identik dengan bahasa latin...


tapi arti KImia sendiri
English :Chemistry, Alchemist
Arab : Al- Kimiya
Arti : adalah ilmu yang mempelajari komposisi materi dan perubahan-peerubahan nya (Seingat saya )

:)


nice topik...
aku akan mengenalkan pendahulu ku lagi pada dunia dan akan mengikuti mereka.

Farabi

Teroksidasi=Terpapar oksigen
Termodinamika=Perubahan suhu, umumnya menyatakan istilah dari tempat panas ke tempat dingin.
Chain reaction=Reaksi berantai, seperti TnT yang menyebabkan ledakan, antara tumbukan satu atome ke atom lain.
Codon=3 Basa/Code/Huruf dari Pita/Rantai DNA
AntiCodon=Kebalikan dari Codon normal. Ada 4 Tipe Codon, CUAG dengan pasangan pasangan masing masing.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

mhyworld

Kutip dari: Farabi pada Oktober 20, 2011, 06:28:44 PM
Teroksidasi=Terpapar oksigen
Termodinamika=Perubahan suhu, umumnya menyatakan istilah dari tempat panas ke tempat dingin.
Chain reaction=Reaksi berantai, seperti TnT yang menyebabkan ledakan, antara tumbukan satu atome ke atom lain.
Codon=3 Basa/Code/Huruf dari Pita/Rantai DNA
AntiCodon=Kebalikan dari Codon normal. Ada 4 Tipe Codon, CUAG dengan pasangan pasangan masing masing.

tanggapan :
proses oksidasi tidak selalu melibatkan oksigen.
Kutip dari: wikipediaThe term comes from the two concepts of reduction and oxidation. It can be explained in simple terms:

    Oxidation is the loss of electrons or an increase in oxidation state by a molecule, atom, or ion.
    Reduction is the gain of electrons or a decrease in oxidation state by a molecule, atom, or ion.

Though sufficient for many purposes, these descriptions are not precisely correct. Oxidation and reduction properly refer to a change in oxidation number — the actual transfer of electrons may never occur. Thus, oxidation is better defined as an increase in oxidation number, and reduction as a decrease in oxidation number. In practice, the transfer of electrons will always cause a change in oxidation number, but there are many reactions that are classed as "redox" even though no electron transfer occurs (such as those involving covalent bonds).

Kutip dari: wikipediaThermodynamics is a physical science that studies the effects on material bodies, and on radiation in regions of space, of transfer of heat and of work done on or by the bodies or radiation. It interrelates macroscopic variables, such as temperature, volume and pressure, which describe physical properties of material bodies and radiation, which in this science are called thermodynamic systems.
Jadi termodinamika tidak terbatas pada perubahan suhu. Pada proses isotermik bisa terjadi perpindahan energi tanpa adanya perubahan suhu. Proses ini masih termasuk dalam cakupan termodinamika.

Kutip dari: wikipediaA chain reaction is a sequence of reactions where a reactive product or by-product causes additional reactions to take place. In a chain reaction, positive feedback leads to a self-amplifying chain of events.

sorry nih cuma copas-copas. Kuatir salah malah menyesatkan yang lain. ::)
once we have eternity, everything else can wait

bagoes

sekdar informasi,,, mengenai istilah-istilah kimia,,, say punya refrensi buku,,: judulnya KIMIA ARTI DAN PENJELASAN ISTILAH,,, karangan ARSYAD NATSIR

Fachni Rosyadi

Kalau cuma istilah, wikipedia mungkin cukup membantu kan?  :)

A

Yah Forsa kayak rumah kosong, apalagi forum kimianya :(