Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

September 28, 2022, 07:55:47 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 33
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 18
Total: 18

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

kandungan senyawa dalam air

Dimulai oleh acung, April 20, 2013, 09:28:47 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

acung

Tman2 mau nanya' ni, ..
Ada kasus air yang saya dapatkan.
Kasus 1
saat air pertama keluar dari pompa (pengambilan air menggunakan sumur pompa) warnahnya bening dan tidak berbau. Tetapi, ketika air itu dipakai untuk mengambil ekstrak kelapa (santan) warna dari air santan itu berubah menjadi keungu-unguan.
Kasus 2
Dengan kasus yang sama, yaitu saat pertama keluar dari keran (air tidak berasal dari sumur pompa) warnanya bening dan tidak berbau. Tetapi jika didiamkan selama 1 hari (24 jam) pada permukaan air tersebut  terbentuk seperti gelembung2 (nampak seperti berminyak) dan berbau.
Pertayaannya, kira-kira ada apa ya dengan air itu???  jika teman2 ada penjelasan mengenai kasus ini, harap bantuannya yah untuk memberikan jawaban.  Terima kasih....

biobio

1. Kalau ini saya curiga ada hubungan dengan pembusukan atau aktivitas microorganism
2. Kalau ini saya curiganya dari awal memang sudah ada minyaknya, karena dibiarkan jadi memisah
"The pen is mightier than the sword"

acung

trima kasih atas jawabanx....

law gitu, kira2 baikx pakai alat apa ya untuk deteksi masing2 air tsb?
ngomong2 untk air 2 dia adalah air berkapur. bhkan bisa dikatakan berkandungan kapur yang banyak. jika dia dipanasin, endapanya banyak,... tapi ngga ada tuh reaksi seperti menunjukkan adanya minyak...
maaf, sebenarnya saya tidak begitu tahu ttg reaksi kimia...
tapi, saya sangat penasaran dengan air2 ini...

MuhAlexander

Nah, kalo kasus pertama si kayaknya tu air mengandung Biuret gan. Biuret adalah hasil kondensasi dari dua molekul urea dan merupakan kotoran yang bermasalah di berbasis pupuk urea. mungkin aja sumur pembuangan dari WC agan mencemari sedikit dari air kolam. Mengingat kandungan Santan kelapa ada lemaknya, nah jika snatan kelapa direaksikan dengan biuret warnanya memang ungu gan, kalo reaksi biuret dengan protein juga ungu.  :D

Kalo masalah airnya memang mengandung minyak terus ada pelepasan waktu udah di angkut kayaknya kurang logis deh, soalnya kenapa nggak terjadi di sumur aja ya kan? kalo adanya reaksi termal mungkin nggak ya? soalnya suhu dalam tanah kan lebih stabil daripada diluar. jadi pas airnya udah diluar sumur baru bisa bereaksi dengan suhu.

Sekian penjelasan saya  8)
Seruan logika lebih tajam, sedangkan seruan perasaan lebih menusuk.