Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 02, 2021, 08:02:37 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 30
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 20
Total: 20

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: kimia fisika  (Dibaca 16823 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline chemjr125

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 28
  • IQ: 4
kimia fisika
« pada: Agustus 12, 2009, 10:54:06 AM »
kimia fisika tu sebenarnya mbahas apaan sich? kira2 kalau daftar di jurusan tersebut bisa jadi apa (pekerjaan) ya?

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: kimia fisika
« Jawab #1 pada: Agustus 12, 2009, 11:01:09 AM »
yg pastinya sich membahas ttg kimia yg ada b'campur dgn fisika,,,
wkwkwkwkwkwkwk,,,,

aq jarang dgr kimia ama fisika,,,
yg sering kimia biologi,,,,

coba kita liat jwbn2 yg lain dech,,,,
hhe...
~ You are what you eat ~

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
Re: kimia fisika
« Jawab #2 pada: Agustus 12, 2009, 06:03:44 PM »
Kimia fisika merupakan cabang ilmu kimia yang mengkaji hubungan antara sifat kimia dan sifat fisika suatu zat berdasarkan pada gejala fisik, dan atau perubahan energinya. Termasuk dalam rumpun kimia fisika diantranya termodinamika kimia, kinetika kimia, kimia koloid, kimia permukaan, kimia listrik, ikatan kimia, termokimia, spektroskopi, dll.

Offline Hand15

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 45
  • IQ: 4
Re: kimia fisika
« Jawab #3 pada: Agustus 12, 2009, 08:12:41 PM »
Emang ada jurusan kimia fisika? Setau saya kimia fisika itu masuk ke dalam jurusan kimia MIPA, jadi bukan cuma belajar kimia fisika doank, tapi kimia lain juga musti dipelajari.

Offline chemjr125

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 28
  • IQ: 4
Re: kimia fisika
« Jawab #4 pada: Agustus 12, 2009, 11:57:47 PM »
masa' kimia fisika g ada? coba donk, yang tahu tolong beri tahu aku ya! n itu 2 di perguruan mana?

Offline Hand15

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 45
  • IQ: 4
Re: kimia fisika
« Jawab #5 pada: Agustus 14, 2009, 07:36:12 AM »
masa' kimia fisika g ada? coba donk, yang tahu tolong beri tahu aku ya! n itu 2 di perguruan mana?

Sayang sekali memang tidak ada jurusan kimia fisika (physical chemistry), kecuali untuk S2 dan S3 (pembagian jurusan kimia). Karena untuk mempelajari kimia fisika, musti kudu bisa doloe kimia.

Offline irul_platinum

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 64
  • IQ: 5
  • Gender: Pria
Re: kimia fisika
« Jawab #6 pada: Agustus 31, 2009, 07:29:14 PM »
masa' kimia fisika g ada? coba donk, yang tahu tolong beri tahu aku ya! n itu 2 di perguruan mana?

umhh,, kayaknya ga ada deh jurusan kimia fisika di tingkat saarjana. paling juga itu merupakan keloompok keahlian atau sub-jurusan di jurusan kimia. atau merupakan konsentrasi ketika mengambil s2 atau s3. setau saya, untuk tingkat s1, belum denger ada jurusan kiimia-fisika deh,,,
NOT JUST WIN, BUT DESTROY YOUR ENEMY...!!![/b][/font][/font][/size][/size][/size]

Offline M101A

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 238
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • Let's do iT
Re: kimia fisika
« Jawab #7 pada: Agustus 31, 2009, 07:43:40 PM »
yang pernah denger teknik kimia, teknik fisika, selain itu belum pernah denger lagi..
kalo dilihat dari namanya "kimia fisika" berarti mata kuliahnya kimia yang didukung fisika, atau mata kuliah fisika yang didukung kimia..

Offline riandono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 622
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
Re: kimia fisika
« Jawab #8 pada: Januari 25, 2010, 02:58:18 PM »
Kimia fisika itu salah satu pelajaran yang khas dimiliki pendidikan s1 farmasi (jaman saya kuliah, ntah skrg). Saya tidak tau apakah di fakultas lain ada mata kuliah tsb

Offline Haryanto

  • Staff
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 272
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • What do you care what other people think
    • my_papers
Re: kimia fisika
« Jawab #9 pada: Januari 29, 2010, 08:13:54 AM »
saya pikir kimia fisik itu ngebahas kimia dari aspek fisisnya.. diluar reaksi nuklir, sebenarnya khan rekasi kimia itu tidak lain adalah interaksi elektromagnetik oleh elektron-elektron di kulit atom bukan, makanya bisa ada ion.. adanya ikatan antar atom dalam molekul juga demikian.. nah interaksi elektromagnetik khan dipelajarinya di fisika.. atau mungkin lebih jauh struktur atom, pake teori kuantum.. para pendiri teori kuantum (yg paling berkontribusi yaitu: Bohr, Heisenberg, Pauli, Dirac, Born, Jordan, dst mgkn) disebut (ehmmm...) fisikawan, bukan kimiawan.. sorry, no offense.. ;D
makanya harusnya dinamakan fisika kimia, bukan kimia fisika.. tapi ternyata yg terakhir juag sering dipakai :(
We must know — we will know!
-David Hilbert -

Offline laZr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 155
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
Re: kimia fisika
« Jawab #10 pada: Januari 30, 2010, 10:41:20 AM »
@kak haryanto...
Style physician bgt...
jadi ingat signaturenya om superstring...
dulunya 'bledug' sekarang udah jadi laZr ya...

Keep Moving Forward!!

Offline laZr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 155
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
Re: kimia fisika
« Jawab #11 pada: Januari 30, 2010, 10:43:28 AM »
tapi, setau saya kimia fisika itu membahas aspek fisika di kimia, seperti termodinamika...
jadi yang dibahas itu aspek fisik (Fisika) yang mempengaruhi reaksi materi (kimia)...

Offline Haryanto

  • Staff
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 272
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • What do you care what other people think
    • my_papers
Re: kimia fisika
« Jawab #12 pada: Januari 31, 2010, 06:26:16 AM »
@laZr: o ya saya lupa thermodinamika.. ya otu juga fisika khan, tentu larutan-larutan kimia dalam percobaan memiliki properti thermodinamika: suhu, dkk..
O ya, mirip Prof. Superstring, dari namanya jelas donk: string yang supersimetrik.. :)
Barangkali satu almamater... ;D

Offline riandono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 622
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
Re: kimia fisika
« Jawab #13 pada: Januari 31, 2010, 06:31:08 AM »

Oya.. selain di farmasi, kalo di fakultas lain ada nggak yang mata kuliahnya bernama "kimia-fisika"?

Offline Haryanto

  • Staff
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 272
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • What do you care what other people think
    • my_papers
Re: kimia fisika
« Jawab #14 pada: Januari 31, 2010, 07:33:57 AM »
jurusan kimia pasti, teknik kimia mungkin..

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
kimia atmosfer

Dimulai oleh raptor Kimia

3 Jawaban
6823 Dilihat
Tulisan terakhir November 20, 2010, 01:50:58 PM
oleh maharindu
Kimia Organik

Dimulai oleh Alicha « 1 2 » Kimia

17 Jawaban
39149 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 19, 2009, 11:32:14 AM
oleh raisuien
Cerpen Kimia

Dimulai oleh raisuien « 1 2 » Bimbel Kimia

21 Jawaban
22612 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 24, 2011, 12:03:14 PM
oleh Balya
1 Jawaban
3870 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 01, 2010, 11:56:12 PM
oleh Haryanto
0 Jawaban
1765 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 24, 2014, 08:47:43 AM
oleh HilchaMON