Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 26, 2021, 05:53:45 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 63
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 46
Total: 46

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Materi vs Energi  (Dibaca 11658 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Pebri

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 1
Materi vs Energi
« pada: Juli 22, 2008, 09:53:54 AM »
mau tanya, apa sih perbedaannya materi dan energi?
teruz, apa sih perbedaan perubahan fisika dengan perubahan kimia?
« Edit Terakhir: Mei 23, 2010, 01:55:12 AM oleh syx »

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: perbedaan materi dan enrgi
« Jawab #1 pada: Juli 22, 2008, 05:45:26 PM »
waduh berat pertanyaannya, lagi2 tentang bahasa dan definisi, pasti bnyk yg bakal protes nih ;D
Yang pasti materi itu kaitannya dengan wujud bendanya (massa benda), seperti meja, besi, dan partikel. Nah, energi ini bisa macem2 definisinya. Energi dalam fisika artinya suatu besaran yang menyatakan kemampuan suatu sistem fisis untuk melakukan kerja. Satuan energi yg digunakan adalah Joule.

Perubahan fisika artinya perubahan yang terjadi berhubungan dengan sifat-sifat fisisnya.
Perubahan kimia berarti perubahan yang berhubungan dengan sifat-sifat kimiawinya, ada reaksi kimia.

Wekss... susah juga bikin definisi ternyata ya  ???

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: perbedaan materi dan enrgi
« Jawab #2 pada: Juli 22, 2008, 10:35:26 PM »
perubahan fisika... ya perubahan bentuk fisik dari suatu bahan, misalnya air dalam bentuk padat (es), cair, dan gas (uap). ato perubahan bentuk kristalnya (kristal ato amorf). perubahan ini tidak mengubah bahannya sendiri.
perubahan kimia melibatkan reaksi kimia hingga terbentuk bahan baru. begitulah kira-kira...

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: perbedaan materi dan enrgi
« Jawab #3 pada: Juli 23, 2008, 12:51:32 AM »
he eh, masih inget dulu ada soalnya di sekolah, nentuin mana perubahan kimia mana perubahan fisika. Yang gw inget banget itu semen, hehe entah kenapa gw masih inget terus jawabannya semen (dulu pilihan berganda :P). Intinya memang ada reaksi kimia (perubahan bahan) atau ngga.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: perbedaan materi dan enrgi
« Jawab #4 pada: Juli 23, 2008, 03:24:59 AM »
semen yg mana nih? semen bangunan ato semen pria?

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: perbedaan materi dan enrgi
« Jawab #5 pada: Juli 23, 2008, 08:30:35 AM »
si dudul, lagi serius malah becanda  >:(
Ya semen pria lah!! eh, semen  bangunan  :-[

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: perbedaan materi dan enrgi
« Jawab #6 pada: Juli 23, 2008, 08:42:01 AM »
mana gw tau yg mana yg dimaksud... kan semen pria kalo dipapar di udara terbuka bakal mengalami penurunan viskositas, tanda ada perubahan di dalamnya. nah, perubahannya ini karena ada reaksi kimia ato perubahan pola aliran aja. kalo semen bangunan malah gw ga nangkep... kan itu disuspensikan terus mengeras lagi setelah airnya nguap. emang pake acara reaksi kimia juga ya?

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: perbedaan materi dan enrgi
« Jawab #7 pada: Juli 23, 2008, 08:51:34 AM »
ya masa sih soal ujian sekolah pilihannya semen maksudnya semen yang itu *sigh
harusnya sih bener (waktu itu paling ga bener :P). semen+pasir+air ini reaksi kimia dong harusnya, jelas setelah tercampur sifat2nya kan berubah. Nah, detil reaksinya gmn, tolong tanyakan yang lain ya ;D

Vinchemz

  • Pengunjung
Re: perbedaan materi dan enrgi
« Jawab #8 pada: Juli 25, 2008, 05:36:22 AM »
Maaf, saya orang baru..
Materi itu adalah bendanya, kalo dalam fisika, sesuatu itu disebut benda karena memiliki massa..

Kalo energi itu...
Apa ya?? Jadi bingung,hehehe..
Energi itu sesuatu 'aura' yang dimiliki suatu benda, tersimpan di dalam suatu materi tersebut.. Hehehe..

Biasanya kalo masa dikali kecepatan itu membentuk energi..


Terus perbedaan perubahan Fisika dan perubahan Kimia itu,
Kalo perubahan Fisika, cuma wujudnya aja yamh berubah, dari Gas jadi cair..
Kalo perubahan kimia, berubah komponen atom2nya..

Misalnya dari es batu jadi cair (itu perubahan Fisika)..
Kalo Air dielektrolisis, jadi gas oksigen (itu perubahan Kimia, dari H2O jadi O2)..

Salam kenal semuanya!!

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Materi dan Anti Materi

Dimulai oleh humaam dz. « 1 2 ... 5 6 » Fisika

78 Jawaban
56855 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 08, 2016, 08:19:36 AM
oleh RHINO
20 Jawaban
13820 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 07, 2009, 11:05:14 PM
oleh The Houw Liong
47 Jawaban
26793 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 09, 2014, 12:45:13 PM
oleh rynmaru
Materi adalah abadi

Dimulai oleh Farabi « 1 2 ... 5 6 » Fisika

82 Jawaban
39421 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 10, 2012, 09:43:26 AM
oleh Farabi
6 Jawaban
12028 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 09, 2012, 08:27:42 AM
oleh superstring39