Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Kimia => Topik dimulai oleh: wonderfull wind pada Mei 09, 2008, 09:35:57 AM

Judul: Mau Tanya Tentang Pemurnian Minyak dong..
Ditulis oleh: wonderfull wind pada Mei 09, 2008, 09:35:57 AM
SkR9 kan Lagi marak pemurnian minyak, baik yang aman (biasanya industri) atau tdk aman (orang2 awam dgn menggunakan bahan kimia berbahaya dan dosis yg berlebihan).

Nah, ada jg beberapa peda9ang yg memurnikan minyaknya dgn memanaskan minyak goreng bekasnya yg telah dicampur dgn nasi kering/ tepung beras/ kentang. Stelah saya coba, ternyata warnany memang menjadi lebih bening dan bilangan peroksidanya (titik awal ketengikan) juga menurun..

Ada yg tau mekanismenya ga? ko bahan2 tersebut bisa nurunin bilangan peroksida siY?? ???  ???
Mohon Bantuannya.. ud cari di buku n e book tp blum dpt euy.. :-\  :-\

Makasiy.. :)
Judul: Re: Mau Tanya Tentang Pemurnian Minyak dong..
Ditulis oleh: peregrin pada Mei 19, 2008, 05:29:32 PM
hm... saya nyari2 juga belum ketemu nih ... mungkin ada hubungannya dg kandungan starch di nasi/tepung/kentang ya? ... atau harusnya ada kandungan lain yg bisa mereduksi balik minyak yg sdh teroksidasi itu ... bentar, cari2 lagi ya  :)

btw, bahan2 berbahaya yg kadang digunakan masyarakat itu apa aja ya? sorry, saya ngga mengikuti beritanya  :-\
Judul: Re: Mau Tanya Tentang Pemurnian Minyak dong..
Ditulis oleh: reborn pada Juni 30, 2008, 11:16:35 AM
oalah, dah ada toh topiknya di sini. Gw buat topik baru :
http://www.forumsains.com/kedokteran/oplosan-minyak-goreng-curah-dan-oli-bekas/

Dari yang gw baca sih, bahan berbahaya yang dicampur itu selain nasi kering/tepung beras/kentang : oli bekas, plastik, H2O2, benzena... apalagi ???
Judul: Re: Mau Tanya Tentang Pemurnian Minyak dong..
Ditulis oleh: syx pada Juli 06, 2008, 05:27:40 AM
Dari yang gw baca sih, bahan berbahaya yang dicampur itu selain nasi kering/tepung beras/kentang : oli bekas, plastik, H2O2, benzena... apalagi ???
ote-ote dan tahu isi juga bahaya banget kalo dicampur minyak goreng panas... bikin ketagihan.