Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Agustus 09, 2022, 04:56:11 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,760
  • Latest: Hormide
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 71
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 48
Total: 48

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

penetapan kadar kafein di kopi and teh

Dimulai oleh moonshine, Juni 19, 2008, 10:45:16 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

moonshine

bro,gimana cr kita netepin kadar kafein pada kopi dan teh dg  spektro dg metode yg sederhana tp hasilnya dapat dipercaya....
plzzzz bro tolongin penting banget ???

peregrin

Paling sederhana ya separasi dengan reversed-phase HPLC (C18 column), mobile phase metanol-water, deteksi UV spektrofotometri.
Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

syx

kalo pake spectro aja ribet juga karena perlu penghilangan komponen pengganggu pake kromatografi. berdasarkan literatur di bawah, cara penetapan kafein dalam kopi dimulai dari menggerus halus biji kopi, membuat infusi di bawah kondisi tertentu, penjernihan infusi pake MgO, filtrasi, pengasaman filtrat ke pH 4, pembersihan pake C-18 Sep Pak C18, dan dielusi dengan etanol untuk selanjutnya ditentukan kadar kafeinnya secara spektrofotometri pada 272 nm. mending pake HPLC aja deh... lebih simpel dan ga ribet.

Cepeda, A., Paseiro, P., Simal, J., and Rodriguez, J.L., Determination of caffeine by UV spectrometry in various types of coffee: green coffee and natural roasted coffee, Anales de Bromatologia, 42,241,1990.