Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 06, 2021, 06:11:20 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 26
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 20
Total: 20

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Mau Tanya Tentang Pemurnian Minyak dong..  (Dibaca 9912 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline wonderfull wind

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 90
  • IQ: 7
  • Gender: Wanita
    • winds blo9
Mau Tanya Tentang Pemurnian Minyak dong..
« pada: Mei 09, 2008, 09:35:57 AM »
SkR9 kan Lagi marak pemurnian minyak, baik yang aman (biasanya industri) atau tdk aman (orang2 awam dgn menggunakan bahan kimia berbahaya dan dosis yg berlebihan).

Nah, ada jg beberapa peda9ang yg memurnikan minyaknya dgn memanaskan minyak goreng bekasnya yg telah dicampur dgn nasi kering/ tepung beras/ kentang. Stelah saya coba, ternyata warnany memang menjadi lebih bening dan bilangan peroksidanya (titik awal ketengikan) juga menurun..

Ada yg tau mekanismenya ga? ko bahan2 tersebut bisa nurunin bilangan peroksida siY?? ???  ???
Mohon Bantuannya.. ud cari di buku n e book tp blum dpt euy.. :-\  :-\

Makasiy.. :)
Akal itu mentri yang menasehati, hati itu adalah raja yang menentukan, harta itu adalah satu tamu yang akan pergi, dan kesenangan itu satu masa yang ditinggalkan. (anonim)

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
Re: Mau Tanya Tentang Pemurnian Minyak dong..
« Jawab #1 pada: Mei 19, 2008, 05:29:32 PM »
hm... saya nyari2 juga belum ketemu nih ... mungkin ada hubungannya dg kandungan starch di nasi/tepung/kentang ya? ... atau harusnya ada kandungan lain yg bisa mereduksi balik minyak yg sdh teroksidasi itu ... bentar, cari2 lagi ya  :)

btw, bahan2 berbahaya yg kadang digunakan masyarakat itu apa aja ya? sorry, saya ngga mengikuti beritanya  :-\
Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Mau Tanya Tentang Pemurnian Minyak dong..
« Jawab #2 pada: Juni 30, 2008, 11:16:35 AM »
oalah, dah ada toh topiknya di sini. Gw buat topik baru :
http://www.forumsains.com/kedokteran/oplosan-minyak-goreng-curah-dan-oli-bekas/

Dari yang gw baca sih, bahan berbahaya yang dicampur itu selain nasi kering/tepung beras/kentang : oli bekas, plastik, H2O2, benzena... apalagi ???

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Mau Tanya Tentang Pemurnian Minyak dong..
« Jawab #3 pada: Juli 06, 2008, 05:27:40 AM »
Dari yang gw baca sih, bahan berbahaya yang dicampur itu selain nasi kering/tepung beras/kentang : oli bekas, plastik, H2O2, benzena... apalagi ???
ote-ote dan tahu isi juga bahaya banget kalo dicampur minyak goreng panas... bikin ketagihan.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
3 Jawaban
5651 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 11, 2009, 05:53:19 AM
oleh Sky
19 Jawaban
18663 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 19, 2010, 12:54:10 PM
oleh Idad
0 Jawaban
3109 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 14, 2011, 12:11:00 PM
oleh zilonks
7 Jawaban
7324 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 14, 2011, 09:23:19 PM
oleh semut-ireng
0 Jawaban
1370 Dilihat
Tulisan terakhir September 25, 2013, 01:40:54 AM
oleh fasto90