Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juni 26, 2022, 07:04:38 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 62
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 48
Total: 48

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Minta tolong, ada laporan yg harus diselesaikan dalam 2 hari ini. Plz....

Dimulai oleh Qenx, Mei 09, 2009, 08:22:00 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Qenx

Hi...
Saya dapat tugas untuk menyelesaikan laporan praktikum, nah semuanya hampir lengkap, tapi tinggal pertanyaan2 ini aja yg belum terjawab , habisnya jawaban di berbagai buku kurang mencukupi, di google search-pun juga kurang memuaskan :'(, jadi saya minta tolong di sini.
Pertanyaannya:
1.Apakah minuman bersoda mengandung lar. penyangga? Jelaskan..
2.Peran lar penyagga dlm tubuh makhluk hidup; dlm kehidupan sehari-hari.Masing2 3 contoh beserta penjelasan.(Biasanya cuma ada obat tetes mata, tolong yg lain dong)
3.Bagaimanakah sifat asam asetat dlm air?Mengapa bersifat seperti itu?
4.Apa yg dimaksud dgn zat pengemulsi?
5.Fungsi zat pengemulsi dlm kehidupan sehari-hari, beserta contohnya.

Mohon bantuannya ;D
Terima kasih banyak^^

skuler

WUA HA666x... tingggal 2 hareee.... mampus, mampus dah...
sori bro ga bisa bantu... gw kaga ngartii..

hayo bang syx bantuin tu... tinggal 2 hari katanya dedlainnya...
"Who controls the present now controls the past. Who controls the past now controls the future."-- RATM, 1999.

syx

wah... telat nih critanya.
1. kabarnya sih ada. kalo ga salah menggunakan citrate dan phosphate. nah yang terakhir ini yang perlu diwaspadai karena bisa menyebabkan dekalsifikasi tulang dan gigi, terutama pada wanita.
2. penyangga ato buffer ato dapar dalam tubuh pastilah mempertahankan pH cairan tubuh hingga tidak membahayakan sel-sel yang dilewatinya. kalo pH terlalu asam atau basa bisa terjadi kerusakan sel. contoh penggunaan dapar dalam kehidupan sehari-hari biasanya dalam sediaan sirup ato beberapa sediaan obat cair. dapar yang diatur pada pH tertentu dimaksudkan untuk meningkatkan stabilitas bahan aktif. pada sediaan injeksi, dapar juga membantu meningkatkan penerimaan tubuh terhadap cairan injeksi tersebut, karena kalo pH-nya ga cocok rentan bikin bengkak pada area yang disuntikkan. contoh dapar yang sering digunakan antara lain citrate, acetate, dan phosphate.
3. sifat asetat dalam air? maksudnya ketercampuran?
4. zat pengemulsi ato emulgator adalah senyawa yang dapat menjaga stabilitas emulsi. emulsi sendiri adalah sistem yang terdiri dari setidaknya dua fase cairan yang tidak tercampur satu sama lain dengan mendispersikan sebagai ... istilah awamnya apa ya? globulus dari satu cairan ke dalam cairan yang lain.
5. fungsi emulsi... apa ya? kalo dalam sediaan farmasi sih bisa untuk meningkatkan penerimaan pasien. misalnya minyaknya bau dan ga enak, seperti minyak ikan. minyak ini diemulsikan dengan fase luarnya air. air (biasanya mengandung bahan lain seperti pemanis, flavorant) ini mengisolasi minyak dari lidah hingga rasanya minyaknya tertutupi. emulsi alam antara lain santan kelapa, susu, dan yang dalam tubuh adalah cairan empedu sebagai emulgatornya, yaitu untuk membantu penyerapan lemak dengan membentuk emulsinya.

skuler

wwaaaaa... tengkyu jawabannya oom syx..

@ Qenx: telat sehari ga papa kan?!... asisten praktikum nya sapa si? angkatan brapa? klo macem2 laporin k saya aja... gmana? uda kelar tugasnya?

ptanyaan n jawaban laen masi terbuka... buat anak2 yg ada tugas kimianya, silahkan ikutan curhat disini... moga2 ada jagoan kimia kaya oom syx yg baek hati bisa membantu...
"Who controls the present now controls the past. Who controls the past now controls the future."-- RATM, 1999.

Muztank

yg menggumpal itu bs di sebut koloid kan?
kllo mentega juga termasuk emulsi kan?
klo keju?


tuh juga bisa menyebabkan osteoporosis brarti..trutama wanita..

syx

gw bukan jagoan kimia!

@muztang: gumpalan yang di mana ya? koloid sistem dispersi, emulsi lebih khusus lagi yaitu sistem dispersi cair dalam cair.


Siapa_saya