Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juli 06, 2022, 04:49:27 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 67
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 31
Total: 31

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Minyak Bumi

Dimulai oleh Herputra, Juli 21, 2009, 08:48:51 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

sisca, chemistry

aq gag susah koq,,,
ajak aq la,,,,
ho5..
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

irul_platinum

ya, makanya, sekarang, di forum ini aku ajak semuanya untuk berfikir kritis, dengan segala pemasalahan yang mungkin timbul di depan kita,, solusinya?? kkita pikirkan bersama..

ayo sisca....
[move]NOT JUST WIN, BUT DESTROY YOUR ENEMY...!!![/move]

M101A


sisca, chemistry

ayok,,,
ayokkk la,,,
cpetzz,,,
ha5...
;D
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

irul_platinum

ayo sih ayo,,
cepetan ajak yang lainnya,,
jangan cuma beberapa orang saja,,
bila perlu kita buat thread kontribusi sains..
[move]NOT JUST WIN, BUT DESTROY YOUR ENEMY...!!![/move]

M101A

pernah denger, selain intan udah ada bahan yang sama kuatnya <dengan ikatan carbon yang sedikit mirip>, dan tidak semahal intan, jadi bisa lebih murah biaya pengeborannya..
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

sisca, chemistry

cari dlu dech,,,
ho5...
;D
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

raisuien

@M101A
maksud kamu silikon kristalin bukan?

M101A

kayaknya bukan dech,, setelah q search sich ada wurtzite boron nutride (w-BN) dan lonsdaleite (disebut juga hexagonal diamond yang terbauat dari karbon dan mirip berlian

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
gtu..

irul_platinum

kalo yang lebih keras seh emang pasti ada, tapi dalam hal ini, jika dipakai dalam proses pengeboran, seberapa besar dampak yang akan ditimbulkan jika mata bor nya diganti selain dengan intan???
[move]NOT JUST WIN, BUT DESTROY YOUR ENEMY...!!![/move]

raisuien

klo gak salah ada mata bor yg memakai baja tungsten?
apakah itu bisa menggantikan intan?

irul_platinum

umh, baja tungsten??
saya baru denger nih,,

mungkin ada yang lebih tau mengenai baja tungsten???
[move]NOT JUST WIN, BUT DESTROY YOUR ENEMY...!!![/move]

M101A

saya juga baru dengar
cari dulu achh...

M101A

Tungsten murni adalah logam yang berwarna putih timah hingga abu-abu baja. Tungsten yang sangat murni dapat dipotong dengan gergaji besi dan bisa dibentuk dengan mudah. Dalam keadaan tidak murni, tungsten rapuh dan membutuhkan kerja keras untuk bisa membentuknya. Tungsten memiliki titik cair tertinggi darisemua unsur logam, dan pada suhu 1650oC memiliki kekuatan regang tertinggi. Tungsten teroksidasi di udara dan harus dilindungi bila disimpan pada suhu yang meningkat. Pemuaian akibat panasnya hampir sama dengan kaca borosilikat, yang membuatnya berguna untuk segel dari kaca ke logam.

raisuien

Mata bor putar super tipis (baja wolfram intan super mikro/ baja bertepung kobalt tingkat tinggi)
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]