Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Kimia => Topik dimulai oleh: Herputra pada Juli 22, 2009, 11:48:51 AM

Judul: Minyak Bumi
Ditulis oleh: Herputra pada Juli 22, 2009, 11:48:51 AM
Harga minyak dunia semakin lama semakin melambung seiring dengan semakin berkurangnya cadangan minyak bumi di dunia ini.
Memang minyak bumi dijadikan bahan dasar dalam memproduksi batang-barang kebutuhan kita sehari-hari dan bahkan minyak bumi juga dapat dibakar dijadikan sebagai bahan bakar penggerak kendaraan bermotor walaupun sebenarnya sayang sekali jika emas hitam tersebut hanya dibakar dan diubah menjadi gas buangan yang tidak bermanfaat saja.

Yang menjadi pertanyaan saya adalah apakah kita dapat membuat minyak bumi sendiri di laboratorium?? ???

______________________________________________________________________________
Sebenarnya saya bingung mau naruh topik ini di board mana ya sudah akhirnya saya putuskan untuk menaruhnya di ilmu alam-kimia. Terimakasih atas perhatiannya.  ;D
Judul: Re: membuat minyak bumi
Ditulis oleh: nandaz pada Juli 24, 2009, 10:04:40 AM
...kalo kita pengen membuat minyak bumi, kurasa namanya bukan lagi membuat minyak bumi, melainkan memperbaharui sumber daya alam dengan materi lain...yang namanya minyak bumi kan terdapatnya juga dari bumi khan...
Judul: Re: membuat minyak bumi
Ditulis oleh: Karno Giyantono pada Juli 24, 2009, 02:40:07 PM
kemungkinan si bisa, dulu pernah mencoba untuk memikirkan hal ini, namun kurang data-data...
Judul: Re: membuat minyak bumi
Ditulis oleh: The Houw Liong pada Juli 24, 2009, 11:45:05 PM
Prinsip fisika-kimiawi menyatakan bahwa BBM dapat dibuat dari air dan karbon (blue energy).
Caranya : Lakukan elektrolisa sehingga air H2O terurai menjadi H, O2, OH, HHO, kemudian reaksikan dengan karbon C, maka akan terjadi senyawa CH4, C2H6, ........    BBM.

Namun, berlu diperhitungkan energi yang dipakai untuk elektrolisa itu dan biaya yang diperlukan.
Judul: Re: membuat minyak bumi
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Juli 29, 2009, 02:33:10 PM
hasilnya nanti ramah lingkungan gag???

oh ya,, HHO itu maksudnya g'mana sich???
Judul: Re: membuat minyak bumi
Ditulis oleh: raisuien pada Agustus 12, 2009, 06:09:44 PM
Di tengah cadangan minyak semakin menipis dan harga yang bergejolak, siapa menyangka kalau nun jauh di luar angkasa terdapat sumber minyak yang sangat melimpah dan lebih besar dari seluruh cadangan minyak di Bumi. Baru-baru ini para peneliti menyiarkan bahwa Titan, salah satu bulannya Planet Saturnus yang beratmosfer tebal, menyimpan kandungan gas alam dan cairan hidrokarbon lain ratusan kali lipat lebih banyak dari yang terkandung di Bumi.

Sejauh ini telah ditemukan beberapa ratus danau dan laut di daerah kutub utara Titan. Untuk mendapatkan gambaran potensi sumber daya alam disana, ilmuwan mengukur kedalaman perairan disana dengan menggunakan pembanding danau-danau di Bumi, dimana kedalaman danau seringkali kurang dari 10 meter.

"Dengan demikian kita tahu kedalaman beberapa danau lebih dari 10 meter, karena mereka tampak sangat gelap di radar. Kalau dangkal, kita akan dapat melihat dasarnya," kata Ralph Lorenz dari laboratorium fisika terapan di John Hopkins University.

Kesimpulan tersebut didapat berdasarkan pemantauan melalui wahana Cassini milik NASA, yang telah menuntaskan survei terhadap 20 persen permukaan Titan. Hasil pantauan tersebut juga memperlihatkan bahwa kandungan sumber daya alam di beberapa wilayah di bulan itu saja sudah lebih banyak dari semua kandungan sumber daya alam di bumi (minyak bumi, gas alam dan batu bara).

Meskipun demikian, para peneliti juga mengatakan bahwa Titan tidak dapat ditinggali manusia. Menurut mereka, permukaanya tidak mengandung air, melainkan hidrokarbon cair dalam bentuk methane dan ethane, sementara daratannya terbentuk dari tholins. Kondisi ini diduga serupa dengan Bumi pada waktu sebelum ada kehidupan.

"Kami memperkirakan kodisi serupa juga terdapat di daerah kutub selatan, namun kami belum tahu berapa jumlah kandungan cairan disana," kata Ralph. Menurut dia, data ini penting karena umur hidup Titan tergantung dari berapa banyak jumlah methane yang terkandung dalam zat cair disana.

Lanjutnya, jika kandungan methane habis, maka suhu disana akan semakin dingin, yang saat ini diketahui minus 179 derajat Celcius. Asumsi sementara, kandungan methane tersebut semakin berkurang melalui letusan gunung api, yang diperkirakan telah menyebabkan fluktuasi suhu yang dramatis di masa lalu.

"Memahami kompleksitas yang terjadi di Titan dapat membantu kita memahami asal-usul kehidupan di alam semesta,” kata Ralph.

Judul: Re: membuat minyak bumi
Ditulis oleh: biobio pada Agustus 13, 2009, 10:54:40 PM
kemungkinan si bisa, dulu pernah mencoba untuk memikirkan hal ini, namun kurang data-data...
bung karno kan emang bisa segalanya?
Judul: minyak bumi
Ditulis oleh: Ginji pada Agustus 27, 2009, 06:30:21 AM
buat temen-temen aq mo nanya ada yang tau

1. cara pengolahan minyak bumi sampai jadi bahan bakar buat kendaraan bermotor?
2. Hasil dari pembakaran di kendaraan bermotor ? (seinget aq sih kayaknya ada CO, SO, logam   macam timbal gitu sih >.<)

3. Trus nilai oktan premium kita kalo gak salah sekitar 80 (tepatnya mungkin 82/86/87 yang pasti lupa ) tapi seinget yang gw denger dari temen gw nilai oktan premium di malaysia mendekati nilai oktan pertamax kita  ?

4. Dalam pelajaran SMA khan minyak bumi yang telah diolah misalkan (avtur, BBM, parafin, dll) punya nilai C- yang berbeda... nah kenapa itu harus terjadi ? / (kenapa bisa gitu?)

Judul: Re: minyak bumi
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Agustus 27, 2009, 12:26:59 PM
minyak bumi itu awalnya dibuat dari minyak mentah,,, (crude oil)

klo soal tahapannya, gini...
1. distilasi / penyulingan : cra pemisahan campuran snyawa b'dasarkan pd p'bedaan titik didih
2. cracking : penguraian / pemecahan molekul2 snyawa hidrokarbon yg besar menjadi lbh kecil.
   cth : pengubahan minyak solar / tanah (kerosin) menjadi bensin.
   ada 2 cara cracking :
   a. cara panas ( thermal cracking)
   b. cara katalis ( catalytic cracking)
3. reforming / isomerisasi : utk mengubah btk molekul bensin yg kurang baik (rantai lurus) jadi baik (rantai cabang)
    reforming dpt dilakukan dgn menggunakan katalis dan pemanasan.
4. polimerisasi : proses penggabungan molekul2 kcil menjadi besar
    cth : penggabungan isobutena + isobutana menjadi isooktana,,, yaitu bensin b'kualitas tinggi.
5. treating : proses pemurnian minyak bumi dgn cara menghilangkan pengotor2nya.
    prosesnya:
    a. copper sweetening & doctor treating
    b. acid treatment
    c. desulfurizing (desulfurisasi)
6. blending : utk mmp'oleh bensin dgn kualitas yg baik, skitar 22 bhn pencampur (zat aditif) ditambahin,,,
    spt :
    a. TEL (tetra ethyl lead) = Pb(C2H5)4
    b. MTBE = bil oktan 118
    C. etanol = bil oktan 123
    d. metanol


buat p'tanyaan nmr 3.
premium 82
premix 94
pertamax 92
pertamax plus 95 (ada yg bilang 98 jg,,,)

soal nmr 2.
kyknya sich yg dihasilkan CO,,,
tpi krna kita pke knalpot makanya diproses lge,,, trus diubah jadi CO2..

buat soal 4.
C- nya b'bda,,,
klo mnrt aq sich y,,,
kan mkin tinggi tingkatan suhunya makin tinggi jg Mrnya,,,
jadi klo aspal C 25 - lbh

klo buat gas petroleum C1-C5
kan krna gas,,, jdi ringan,,
jdi C- nya jg dkit,,,
hha,,,,
mnrt aq,,,

;D
Judul: Re: minyak bumi
Ditulis oleh: M101A pada Agustus 27, 2009, 09:49:20 PM
wah, makasih nich.
Judul: Re: minyak bumi
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Agustus 28, 2009, 05:07:11 AM
klo ada yg gag ngerti tnya ajah y....
^^

Judul: Re: minyak bumi
Ditulis oleh: syx pada Agustus 28, 2009, 06:58:31 AM
kirain minyak bumi itu crude oil ato minyak mentah... ternyata beda definisi?
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: Joe Fourier pada Agustus 28, 2009, 08:19:04 AM
Kalo pertanyaannya bisa ga bikin di laboratorium, saya yakin pasti bisa. Tapi untuk produksi massal dengan cara yang efisien dan menguntungkan itu yang perlu penelitian lebih lanjut dan itu bukan perkara yang mudah.
Dan sekarang saja yang bisa dilihat, harga etanol (yang bisa digunakan sebagai bahan bakar) masih memerlukan biaya lebih tinggi daripada minyak bumi (mis bensin).
Dengan kata lain, untuk saat ini biaya eksplorasi & pengolahan minyak bumi masih lebih rendah dibanding sintesis sendiri.
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Agustus 28, 2009, 11:51:33 AM
kirain minyak bumi itu crude oil ato minyak mentah... ternyata beda definisi?

kyknya seh beda om syx..
soalnya kan minyak bumi itu yg buat minyak mentah (crude oil)
ho5,,,,
^^
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: syx pada Agustus 28, 2009, 10:09:39 PM
minyak bumi itu awalnya dibuat dari minyak mentah,,, (crude oil)

soalnya kan minyak bumi itu yg buat minyak mentah (crude oil)

yang bener yang mana nih?
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Agustus 29, 2009, 11:59:43 AM
maksudnya,,,,
minyak bumi dibuat oleh minyak mentah,,,,

aduh,,,
susah bgt bhsa indo,,,
hha,,,
^^
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: M101A pada Agustus 29, 2009, 12:04:45 PM
pake bahasa jawa jugab boleh..
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Agustus 29, 2009, 12:07:08 PM
kgak bisa bhsa jowo,,,
hha,,,
;D
;D

klo bhsa batak,,, nanti gag ada yg ngerti,,,
wkwkwkkwkwkwk,,,
;D
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: raisuien pada Agustus 29, 2009, 12:09:10 PM
pake  bahasa siantar ja...
boleh kok...
^^
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Agustus 29, 2009, 12:11:09 PM
bhsa siantar ya bhsa indonesia yg kyk aq pke skrng,,,

he.,,
klo bhsa batak kan asli pnya medan,,,
hha,,,
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: M101A pada Agustus 29, 2009, 01:15:20 PM
minyak bahasa medannya ap??
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: nandaz pada Agustus 30, 2009, 03:13:58 AM
...crude oil atau minyak mentah itu merupakan hasil murni tambangnya... untuk di jadikan minyak lagi perlu diolah...biasanya dalam bentuk minyak mentah juga bisa dipasarkan...tetapi di indonesia pabrik pengolahan kayak destilasi bertingkat tidak begitu banyak jadi banyak yang beli mahal keluar....
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Agustus 30, 2009, 04:12:51 AM
jadi minyak mentah ntuw yg dijual biasanya dipake buat apa...?

buat diolah lage....?
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: nandaz pada Agustus 30, 2009, 04:17:33 AM
jadi minyak mentah ntuw yg dijual biasanya dipake buat apa...?

buat diolah lage....?
well, dah ngerti kan....
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: irul_platinum pada Agustus 30, 2009, 04:40:36 AM
eh, eh,, pengeboran minyak kan kyaknya rumit tuh??
terus,, gimana dengan tekanan yang ditimbulkan minyak dibawah tanah itu??? ada yang tau?
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Agustus 30, 2009, 06:48:06 AM
tekanan minyak di bawah tanah....?
minyak ada jg di laut,,,,
ho5,,,

klo tekanan,,,,
ntah la,,,,
pengeborannya rumit bagi kita,,, bgi mreka yg uda ahli mah gmpng,,,
hha,,,,

tnya ajah ama mbah surriiipp,,,
hha,,,
;D
;D

dy jago perminyakan tuch,,,
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: M101A pada Agustus 30, 2009, 10:00:31 AM
Tentu saja tekanan di dalam tanah itu memberikan gaya dorong ke atas, sehingga perlu adanya antisipasi untuk menahannya <kayaknya sudah diperhitungkan oleh ahli ngebor>..
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Agustus 30, 2009, 10:33:33 AM
ouwh,,,,
gtu,,,

klo soal ngebornya aq gag tau,,,
klo soal pengolahannya,,,
okre lah,,,,
^^
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: irul_platinum pada Agustus 30, 2009, 10:47:53 AM
wahh,, klo masalah ngebornya itu penuh dengan perhitungan.
misalnya, kondisi geologi batuannya gimana??
kekuatan tanahnya,, (kan di lepas pantai juga, yang ada minyaknya kan bukan airnya, tapi di bawah tanahnya)...
biasanya, klo pengeboran di lepas pantai itu dilakukan dengan membangun anjungan terlebih dahulu. kemudian di anjungan tersebut dilakkan proses pengeboran dan pengolahan.. peengeboran minyak juga sering dilakukan dengan menggunakan kapal laut. yang pasti, di wilayah pengolahan miinyak bumi lepas pantai itu banyak pipa2 yang besar untuk menyalurkan minyak bumi hasil pengeboran untuk di olah lebih lanjut. belum lagi ik untuk proses pemetaan bawah lautnya (isitilahnya pake teknologi 'remote sensing',,wah, kayaknya rumit dan menantang, tapi sangat menarik untuk dipelajari. hehe :D
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: M101A pada Agustus 30, 2009, 11:54:57 AM
waduh, infonya lengkap dech.. makasih, makasih,

Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Agustus 30, 2009, 12:13:59 PM
ouwh,,,
thx dech,,,
^^

jadi tau aq,,,
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: M101A pada Agustus 30, 2009, 12:32:52 PM
emang harus tau..

kalo pengeboran minyak itu katanya menggunakan emas di ujung alat bor'y yaa??
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Agustus 30, 2009, 12:35:33 PM
 i don't know,,,
hha,,,
;D
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: M101A pada Agustus 30, 2009, 12:38:32 PM
yach,, harus tahu dunzz..
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: raisuien pada Agustus 30, 2009, 12:40:40 PM
emang harus tau..

kalo pengeboran minyak itu katanya menggunakan emas di ujung alat bor'y yaa??

bukannya pake berlian y?
aku gag taw jg sih...
tp denger2 pake berlian..
bener gag sih?
???
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: irul_platinum pada Agustus 30, 2009, 12:45:56 PM
bukan menggunakan emas,, tapi menggunakan batu intan (batu intan itu batu yang kuat, ikatan carbonnya kuat),,,

tapi, mata bor itu bisa menimbulkan banyak kerugian bagi lingkungan kita, makanya setiap kegiatan pengeboran (eksploitasi sumber daya alam) harus dibarengi dengan upaya reklamasi (pengembalian fungsi lahan tambang), supaya tidak merusak ekosistem yang ada..
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Agustus 30, 2009, 12:47:34 PM
weuw,,,
bru tau,,,

seeeppzz,,,,
makci,,,
;D
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: M101A pada Agustus 30, 2009, 12:50:59 PM
bukan menggunakan emas,, tapi menggunakan batu intan (batu intan itu batu yang kuat, ikatan carbonnya kuat),,,

tapi, mata bor itu bisa menimbulkan banyak kerugian bagi lingkungan kita, makanya setiap kegiatan pengeboran (eksploitasi sumber daya alam) harus dibarengi dengan upaya reklamasi (pengembalian fungsi lahan tambang), supaya tidak merusak ekosistem yang ada..
ohh,, emang gak ada bahan lain yang lebih kuat lagi dan tidak sebagus inta,, kan sayang banget barang berharga seperti Intan dipake buat borr..
selain reklamasi juga diadakan reboisasi <penghijauan> lagi..
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: raisuien pada Agustus 30, 2009, 12:53:35 PM
tampaknya gak ada lg..
soalnya intan emang yg paling keras...
untuk memotong intan ja mesti pake intan jg...
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: irul_platinum pada Agustus 30, 2009, 12:54:50 PM
kalo dibandingkan dengan hasil yang kita peroleh dari eksploitasi sumber daya alam (terutama migas dan bahan tambang lainnya),, harga sebuah intan itu jauh lebih kecil dibanding dengan keuntungan yang didapat.
oia, sekedar iinformasi, dalam pengeboran minyak itu tidak ada yang pasti,, yang pasti adalah minyak bumi akan habis,,,
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: M101A pada Agustus 30, 2009, 12:58:04 PM
huhu,, mulai cari pengganti dunzz..
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: raisuien pada Agustus 30, 2009, 01:00:25 PM
kan dah ada yg pake sinar matahari...
yg dr tumbuhan jg dah ada...
yg masih lom dibudidayakan kepada masyarakat yaitu pake gas...
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Agustus 30, 2009, 01:01:08 PM
iyah,,
makanya,,,,,
ayok ajari aq dunkz,,,
buat energi alternatif dari kotoran sapi,,,
ho5....
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: raisuien pada Agustus 30, 2009, 01:02:51 PM
iya jg sih...
tp prosesnya klo gak salah lambat kan?
apalagi gas yg dihasilkan masih sedikit...
bener gak? ???
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: irul_platinum pada Agustus 30, 2009, 01:07:35 PM
kalo untuk masalah energi alternatif, sangat banyak sekali yang bisa bnerpotensi, apalagi di indonesia,, misalnya saja, energi angin, energi pasang-surut air laut, energi gelombang air laut,energi angin, energi cahaya matahari, energi geothermal,, dan banyak yang lainnya. tapi permasalahannya adalah sifat yang tidak berani untuk mencoba, terlalu terlena dengan situasi yang ada. susah untuk diajak berfikir kritis..
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Agustus 30, 2009, 01:11:55 PM
aq gag susah koq,,,
ajak aq la,,,,
ho5..
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: irul_platinum pada Agustus 30, 2009, 01:17:06 PM
ya, makanya, sekarang, di forum ini aku ajak semuanya untuk berfikir kritis, dengan segala pemasalahan yang mungkin timbul di depan kita,, solusinya?? kkita pikirkan bersama..

ayo sisca....
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: M101A pada Agustus 30, 2009, 01:21:54 PM
ayo, ayo
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Agustus 30, 2009, 01:37:12 PM
ayok,,,
ayokkk la,,,
cpetzz,,,
ha5...
;D
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: irul_platinum pada Agustus 30, 2009, 01:51:02 PM
ayo sih ayo,,
cepetan ajak yang lainnya,,
jangan cuma beberapa orang saja,,
bila perlu kita buat thread kontribusi sains..
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: M101A pada Agustus 30, 2009, 01:52:58 PM
pernah denger, selain intan udah ada bahan yang sama kuatnya <dengan ikatan carbon yang sedikit mirip>, dan tidak semahal intan, jadi bisa lebih murah biaya pengeborannya..
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Agustus 30, 2009, 01:55:08 PM
cari dlu dech,,,
ho5...
;D
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: raisuien pada Agustus 30, 2009, 02:02:43 PM
@M101A
maksud kamu silikon kristalin bukan?
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: M101A pada Agustus 30, 2009, 02:14:07 PM
kayaknya bukan dech,, setelah q search sich ada wurtzite boron nutride (w-BN) dan lonsdaleite (disebut juga hexagonal diamond yang terbauat dari karbon dan mirip berlian

http://odeyn.wordpress.com/2009/02/18/lebih-keras-dari-berlian/
gtu..
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: irul_platinum pada Agustus 30, 2009, 02:16:53 PM
kalo yang lebih keras seh emang pasti ada, tapi dalam hal ini, jika dipakai dalam proses pengeboran, seberapa besar dampak yang akan ditimbulkan jika mata bor nya diganti selain dengan intan???
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: raisuien pada Agustus 30, 2009, 02:20:58 PM
klo gak salah ada mata bor yg memakai baja tungsten?
apakah itu bisa menggantikan intan?
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: irul_platinum pada Agustus 30, 2009, 02:27:52 PM
umh, baja tungsten??
saya baru denger nih,,

mungkin ada yang lebih tau mengenai baja tungsten???
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: M101A pada Agustus 30, 2009, 02:35:26 PM
saya juga baru dengar
cari dulu achh...
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: M101A pada Agustus 30, 2009, 02:52:16 PM
Tungsten murni adalah logam yang berwarna putih timah hingga abu-abu baja. Tungsten yang sangat murni dapat dipotong dengan gergaji besi dan bisa dibentuk dengan mudah. Dalam keadaan tidak murni, tungsten rapuh dan membutuhkan kerja keras untuk bisa membentuknya. Tungsten memiliki titik cair tertinggi darisemua unsur logam, dan pada suhu 1650oC memiliki kekuatan regang tertinggi. Tungsten teroksidasi di udara dan harus dilindungi bila disimpan pada suhu yang meningkat. Pemuaian akibat panasnya hampir sama dengan kaca borosilikat, yang membuatnya berguna untuk segel dari kaca ke logam.
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: raisuien pada Agustus 30, 2009, 02:57:05 PM
Mata bor putar super tipis (baja wolfram intan super mikro/ baja bertepung kobalt tingkat tinggi)
http://www.lzqtool.com.cn/dzyb/95/95id.html
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Agustus 30, 2009, 03:01:38 PM
wah,, wah,,,,
aq kira tungsen itu jenis cahaya,,, ato lampu,,
hha,,,,
;D
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: M101A pada Agustus 30, 2009, 03:07:54 PM
waduh,, itu mah patromax..<lampu>
atau damar <penerang yang pake sumbu kain dan berbahan bakar minyak>

(http://www.epochtimes.co.id/fotokeluarga/10_besar.gif)
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Agustus 30, 2009, 03:11:33 PM
ouwh,,,
di HP aq ada mode pencahayaannya tungsen,,,
ho5,,,
kirain tuch sejenijs lampu,,,,
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: raisuien pada Agustus 30, 2009, 03:15:22 PM
Tungsten dan alloynya, digunakan secara besar-besaran untuk pembuatan filamen lampu pijar, tabung elektron dan televisi,  dalam proses penguapan logam, untuk titik kontak listrik pada distributor mobil, target sinar X, unsur windings (proses pencairan logam dalam tungku listrik) dan pemanas pada tungku listrik, dan dalam peralatan untuk suhu tinggi dan pesawat luar angkasa. Alloy yang digunakan untuk peralatan berkecepatan tinggi seperti Hastelloy ®, Stellite ® mengandung tungsten. Tungsten karbida sangat penting digunakan dalam proses penempaan logam, penambangan logam dan industri minyak bumi. Kalsium dan magnesium tungstate sangat luas digunakan dalam pencahayaan fluoresen; dan garam tungsten lainnya digunakan dalam industri pewarna dan kimia. Tungsten disulfida adalah pelumas yang kering, dan mampu stabil pada suhu setinggi 500 oC. Perunggu tungsten dan senyawa lainnya digunakan dalam industri cat.
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Agustus 30, 2009, 03:22:44 PM
ouwh,,,,
ho5,,,,
nambah lge info,,
thx y,,,
^^
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: M101A pada Agustus 30, 2009, 03:48:49 PM
dipake buwat cat juga yaa???
he 33x...
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: raisuien pada Agustus 30, 2009, 03:53:45 PM
dr informasi yg kudapat sih katanya gitu...
^^
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: M101A pada Agustus 30, 2009, 04:12:39 PM
oohh,, banyak juga mnfaatnya..
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Agustus 30, 2009, 04:14:42 PM
bisa buat nge-cat kain...?

nge-warnain kain,,,,
???
(http://i.mynicespace.com/438/43857.gif)
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: raisuien pada Agustus 30, 2009, 04:17:12 PM
gak taw jg..
tp kayaknya gak bisa....
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: M101A pada Agustus 30, 2009, 04:26:23 PM
lagian udah ad cat kain kali,, kalo bahan kayak tungsten ini bukannya susah didapet ya.. ngapain susah2..
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: irul_platinum pada Agustus 30, 2009, 07:18:58 PM
wah wah,,kembalikan ke awal lagi neh,,
penggunaan tungsten khususnya di dalam industru migas ddi bagian mananya?? spessifiknya di proses mananya neh..???
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: raisuien pada Agustus 30, 2009, 08:45:21 PM
cuma ketemu yg mata bor ja..
spesifiknya buat migas masih lom ketemu...

http://www.lzqtool.com.cn/dzyb/95/95id.html
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: M101A pada Agustus 30, 2009, 10:09:09 PM
makacih buwat infonya ya..
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: irul_platinum pada Agustus 31, 2009, 12:09:39 AM
ummhh,, sangat berguna..
makasih infonya..
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: M101A pada Agustus 31, 2009, 12:41:18 AM
tapi masih kurang pengetahuan nich, q cari lagi.. dan didapatkan ini :
http://mining.itb.ac.id/file/bahan_kuliah/TA3231__Karakteristik%20Teknik%20Batuan%20-%20Bagian%201.pdf

silahkan.. ???
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: raisuien pada Agustus 31, 2009, 09:22:58 AM
@M101A dan irul....
sama2...
sama2 bagi2 info ^^
thanx jg buat infonya....
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: M101A pada Agustus 31, 2009, 09:53:03 AM
yoi,, kita harus saling share informasi,
kalo nggak kayak gini pasti ketinggalan <gaptek dech..>
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: Ginji pada September 02, 2009, 11:29:13 AM
nah gw balik lagi
dan mo balik ke semula
jadi yang nilai oktan premium kita lebih kecil dari luar itu napa?
apa pengolahan kita kurang baik ?
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: raisuien pada September 02, 2009, 11:32:06 AM
premium di luar negeri gag pake timbal
klo di Indonesia masih ada timbalnya...
klo gak salah sih...
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada September 02, 2009, 11:37:38 AM
hm.,.,.
ntah jg y,,,
tpi klo emang mo dpt minyak yg bguz n tinggi nilai oktannya kan bisa pke blending,,,,
y kan,,,
.....
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: Ginji pada September 02, 2009, 12:03:58 PM
nah tuh dia napa gak dibuat aja yang lebih tinggi jadi khan polusi gak bertambah dgn cepet
kalo ada timbalnya, nah napa gak timbalnya gak disaring khan bisa dipake hal berguna
BTW harusnya gw nanya ke Pertamina ya
tapi berhubung gw gak punya kenalan ada yg punya ;D
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada September 02, 2009, 12:11:44 PM
iyah,,,,
emang sich klo Pb-nya yg b'bahaya,,,
krna bisa menurunkan kecerdasan anak, penyebab kelumpuhan, n menghambat p'tmbuhan...
bisa ngerusak saraf otak juga,,,

klo soal Pbnya sndri,,,
kyknya tuch Pb kan ada krna hasil dari dimtambahnya 1,2 dibromo metana supaya hasil pembakaran gag t'timbun dlm mesin,,,,
hasilnya PbBr2.... yg mudah menguapmdan bebas ke udara....

gtu dech yg aq tau,,,
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: Ginji pada September 02, 2009, 12:18:13 PM
nah tuh dia gw lagi mikirin gimana bisa dapetin yang murni kalo gak yang hampir murni trus sisa "sampah" bisa dipake buat yang lain
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada September 02, 2009, 12:29:20 PM
hm.,.,
silahkan dipikirkan dech.,,
klo uda tau jwbnnya bru kaci tau aq,,,
ho5,,,
^^
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: Ginji pada September 02, 2009, 12:32:25 PM
hm.,.,
silahkan dipikirkan dech.,,
klo uda tau jwbnnya bru kaci tau aq,,,
ho5,,,
^^
gak usah terlalu dipikirin khan sekarang juga dah mulai banyak energi alternatif
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada September 02, 2009, 12:41:33 PM
nah,,,,,
energi alternatif dari sampah,,,
ajarin dunkz ngolahnya g'mana...
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: Ginji pada September 02, 2009, 12:52:59 PM
nah,,,,,
energi alternatif dari sampah,,,
ajarin dunkz ngolahnya g'mana...
hmm gw juga cuma denger doang gak liat sedetailnya
coba liat dulu aja ada yang lebih tau ato mari kita cari sama mbah googleatau om yahoo
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada September 02, 2009, 12:54:49 PM
nyari lge,,,?

silahkan dech ginji,,
hhe,,
sisca orgnya pemalezzz,,,
hha,,
^^
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: M101A pada September 02, 2009, 07:20:01 PM
@sisca
jangan terlalu jujur tentang diri kita..
hehe

ya dah cari dulu,, ditunggu nich
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: irul_platinum pada September 02, 2009, 07:33:51 PM
gak usah terlalu dipikirin khan sekarang juga dah mulai banyak energi alternatif

wah, energi alternatif seh emang banyak, tapi penerapan di lingkungan kita??? masih sangat minim,,, apalagi dari sampah, ga sedikit masyarakat yang demo gara2 lingkungannya ga mau dijadiin tempat pembuangan akhir sampah,,
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: Ginji pada September 04, 2009, 12:15:17 PM
hmm khan gak selalu pabrik di sebelah sumber
kalo pabrik di sebelah sumber biar pengeluaran berkurang ;D
Judul: Minyak bumi
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Mei 22, 2010, 09:41:10 AM
Apa ini?
Apa kandungannya?
Gimana caranya bisa dibuat jadi solar, premium, PERTAMAX, avtur, minyak tanah, minyak wangi, minyak goreng, dan minyak2 lainnya..
Sapa PERTAMAX?
Judul: Re: Minyak bumi
Ditulis oleh: nandaz pada Mei 22, 2010, 01:22:50 PM
....kali pertama yang mempertanyakan gimana pengolahan minyak.  ::)
jawabannya singkat, dengan destilasi bertingkat. mula2 temukan daerah yang berkemungkinan ada minyak bumi yang aslinya juga dari jasat renik yang mati dimakan waktu. Biasanya berada pada kedalaman 3-5 km dibawah permukaan laut. Kemudian dibor layaknya sumur bor. nah yang ditampung itu adalah minyak mentah(crude oil) yang berwarna item dan berbau menyengat(wajar ini kan mengandung benzen). Minyak mentah yang diperoleh ditampung  dalam kapal tanker atau dialirkan melalui pipa ke stasiun tangki atau ke kilang minyak...
...dalam minyak mentah terkandung hampir 500 hidrokarbon dengan C maksimum berjumlah 50...Titik didih hidrokarbon meningkat seiring bertambahnya jumlah atom C yang berada di dalam molekulnya. Oleh karena itu, pengolahan minyak bumi dilakukan melalui destilasi bertingkat, dimana minyak mentah dipisahkan ke dalam kelompok2 (fraksi) dengan titik didih yang mirip.
(http://kimia.upi.edu/utama/bahanajar/kuliah_web/2008/Riski%20Septiadevana%200606249_IE6.0/acessories/bgan%20alir.gif)

selajutnya kalo melihat proses destilasi bertingkat itu seperti ini..
(http://img2.uploadhouse.com/fileuploads/1619/1619078ef933185a2ab29c599d7b66c5cd5ce84.jpg)

BTW, mana ada produk minyak bumi yang sampe menghasilkan minyak goreng...emang manusia mau makan senyawa hidrokarbon karsinogenik ::).
pertamax itu pengganti premix, jenis fuel baru sih kalo ngga salah karena premix mengandung MTBE. soal kandungan tanya orang USA karena mereka yang mateninkan..... :kribo:
Judul: Re: Minyak bumi
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Mei 22, 2010, 01:29:47 PM
Bercanda juga tuh mas.. hahaha...
Pelan2 dulu deh ya.
Pertama, gimana cara mereka mencari sumber minyak bumi?
Judul: Re: Minyak bumi
Ditulis oleh: muhamadTOTTI pada Mei 22, 2010, 07:13:57 PM
thread menarik.. dan pertanyaan menarik dari pak huriah.. ibarat kate klo mo nyari dragonball disearch pake radar dragonnya bulma. hehe..

nah mo detect minyak dibumi gimana yah?? :D
Judul: Re: Minyak bumi
Ditulis oleh: nandaz pada Mei 23, 2010, 01:40:58 AM
...kalo dilaut bisa secara teknik biologis, menemukan fitoplankton foraminifera(kalo ngga salah namanya ini, kalo salah seach ndiri di google)...biasanya tuh mikroorganisme merupakan salah satu petunjuk keberadaan minyak bumi, karena dia bertugas sebagai dekomposer renik juga sich... :)
Judul: Re: Minyak bumi
Ditulis oleh: muhamadTOTTI pada Mei 23, 2010, 01:43:27 AM
klo di daratan gimana???
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Mei 23, 2010, 04:45:01 AM
eh.?
minyak mentah di daratan..?

Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: nandaz pada Mei 23, 2010, 11:20:37 AM
...sulit menemukan minyak mentah kalo didarat, karena minyak juga merupakan tambang dari fossil karena didalam tanah banyak ditemukan hidrokarbon, kalopun bisa dideteksi pake spektofotometri itu sangat-sangat sulit. Biasanya penemuan didarat terlebih dahulu ditemukannya gas yang nyembur kepermukaan dan dari gas itu para ahli mulai meneliti apa ada minyak didalam. Kasusnya mirip lumpur lapindo kalo bis ditanganin bisa untung besar, karena gas alam juga ditemukan ditempat yang sama dengan minyak bumi....
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Mei 23, 2010, 12:09:03 PM
Oooooh...
Jadi kalo di laut, emank dicari.
Dari mikroba2 yang tukang membusukkan.
Kalo di darat, kebetulan.
Kalo di darat gak bisa pake cara yang sama kayak di laut?
Kalo gak salah, ada kan bakteri2 atau apa gitu yang makan minyak.
Bisa dideteksi dari situ mungkin..
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Mei 23, 2010, 01:48:37 PM
oh ya,, ngomong2 soal lapindo..
katanya bisa buat hidupin api tuh.. karna ada gas metan kata TV..
kenapa mreka ga mau coba teliti aja tuh lumpur.. kali ada bisa dibikin buat gantinya LPG.. atau jadi bahan bakar lain lah.. dari pada mreka pusing2 mikirin gimana caranya berhentiin tuh semburan kan...
gas metan itu ramah lingkungan kan..?
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Mei 23, 2010, 02:03:24 PM
Metana bukannya penyebab global warming terbesar..?
Kedua baru CO2..
Paling gak ini yang dikoar2kan aktivis vegetarian.
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Mei 23, 2010, 02:07:08 PM
oh ya.?
pembakaran CH4 paling dikit CO2 lo..
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Mei 23, 2010, 03:51:20 PM
Katanya CH4nya yang langsung merusak ozon.
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Mei 24, 2010, 04:18:56 AM
aa..?
oh ye.. erm... -.,-
padahal kan,, ini ada digunain buat biogas juga toh.?
dari kotoran hewan.. sapi sapi contohne...
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Mei 24, 2010, 06:16:19 AM
Iye..
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Mei 24, 2010, 06:24:22 AM
wah wah.. singkat kali... bakalan jadi bahan hapusan om syx nih.. wele2...
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Mei 24, 2010, 06:49:46 AM
hahahahaa..
Lanjut deh.
Uda tau cara mencari minyak mentah.
Sekarang pemrosesannya..
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: nandaz pada Mei 24, 2010, 07:20:32 AM
soal pemrosesan bisa lihat diatas, karena itu masalah lapindo itu disebabkan prognosis....gasnya yang metana itu merupakan hidrokarbon yang paling sederhana, dan hasilnya juga cuma satu molekul CO2, jadi lebih parahin yang hidrokarbon tingkat berat2...jadi sebetulnya kita (indonesia) yang ngga memiliki teknologi lebih untuk menanganinya.
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Mei 24, 2010, 07:34:22 AM
Prognosis?
Prognosis disini artinya apa?
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: nandaz pada Mei 24, 2010, 07:47:34 AM
salah membor....
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Mei 24, 2010, 09:52:58 AM
....kali pertama yang mempertanyakan gimana pengolahan minyak.  ::)
jawabannya singkat, dengan destilasi bertingkat. mula2 temukan daerah yang berkemungkinan ada minyak bumi yang aslinya juga dari jasat renik yang mati dimakan waktu. Biasanya berada pada kedalaman 3-5 km dibawah permukaan laut. Kemudian dibor layaknya sumur bor. nah yang ditampung itu adalah minyak mentah(crude oil) yang berwarna item dan berbau menyengat(wajar ini kan mengandung benzen). Minyak mentah yang diperoleh ditampung  dalam kapal tanker atau dialirkan melalui pipa ke stasiun tangki atau ke kilang minyak...
...dalam minyak mentah terkandung hampir 500 hidrokarbon dengan C maksimum berjumlah 50...Titik didih hidrokarbon meningkat seiring bertambahnya jumlah atom C yang berada di dalam molekulnya. Oleh karena itu, pengolahan minyak bumi dilakukan melalui destilasi bertingkat, dimana minyak mentah dipisahkan ke dalam kelompok2 (fraksi) dengan titik didih yang mirip.
(http://kimia.upi.edu/utama/bahanajar/kuliah_web/2008/Riski%20Septiadevana%200606249_IE6.0/acessories/bgan%20alir.gif)

selajutnya kalo melihat proses destilasi bertingkat itu seperti ini..
(http://img2.uploadhouse.com/fileuploads/1619/1619078ef933185a2ab29c599d7b66c5cd5ce84.jpg)

Pindahin kemari biar gampang liatnya..

Jadi, prognosis di pengeboran artinya salah bor?
Oke oke...
Lain dengan prognosis di kedokteran.

Jadi destilasi itu dilakukan dengan cara dipanaskan?
Atau diapakan?
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: The Houw Liong pada Mei 25, 2010, 01:06:43 AM
Issue yang penting untuk didiskusikan ialah masalah "peak oil" atau puncak minyak bumi yang menyatakan bahwa produksi minyak bumi sudah mencapai puncaknya, sedangkan pemakaiannya akan bertambah terus sebanding dengan pertambahan penduduk.

Jika kecendrungan ini berlanjut maka minyak , batu bara dan gas Indonesia akan habis dalam jangka waktu sekitar 30 tahun dari sekarang.

Apa pengganti energi migas ini ? Bagaimana menangani krisis energi ini ?
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: muhamadTOTTI pada Mei 25, 2010, 01:19:42 AM
^tenaga air??
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: The Houw Liong pada Mei 25, 2010, 01:27:23 AM
^tenaga air??
Pemakaian tenaga air di Indonesia kurang dari 5% kebutuhan energi di Indonesia.
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: nandaz pada Mei 26, 2010, 03:43:15 AM
benar, dipanasin....yang namanya destilasi pasti ada hubungannya dengan pemanasan, dan hasilnya adalah hidrokarbon yang berantai berbeda dimasing2 temperatur....yang paling mudah menguap akan berada pada tabung teratas sampai ke yang kental, karena itu khan semakin panjang rantai ikatan hidrokarbon maka massa jenisnya juga bertambah.... fasanya juga berubah
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: nandaz pada Juni 17, 2010, 01:05:30 AM
benar, dipanasin....yang namanya destilasi pasti ada hubungannya dengan pemanasan, dan hasilnya adalah hidrokarbon yang berantai berbeda dimasing2 temperatur....yang paling mudah menguap akan berada pada tabung teratas sampai ke yang kental, karena itu khan semakin panjang rantai ikatan hidrokarbon maka massa jenisnya juga bertambah.... fasanya juga berubah
sorry, salah nulis..seharusnya bukan massa jenis tetapi massa relatif(Mr) ;D
ini gara2 sibuk bikin tulisan di mading yang berhubungan humor massa jenis
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Juni 17, 2010, 03:16:05 AM
Gimana bikin humor tentang massa jenis?
Kayaknya gak ada yang lucu disitu.
hahaha...
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: syx pada Juni 17, 2010, 03:39:44 AM
ehem... di sini bukan topik humor, om.

kira-kira gimana yang penanganan cemaran minyak di teluk meksiko? apakah minyak yang sudah tercampur air itu masih bisa digunakan (dimurnikan)? kan sayang kalo harus dimusnahkan.
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Juni 17, 2010, 08:08:30 AM
Nah..
Wa juga penasaran itu.
Gimana diatasi?
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: nandaz pada Juni 17, 2010, 12:24:35 PM
ehem... di sini bukan topik humor, om.

kira-kira gimana yang penanganan cemaran minyak di teluk meksiko? apakah minyak yang sudah tercampur air itu masih bisa digunakan (dimurnikan)? kan sayang kalo harus dimusnahkan.
minyak ngga bisa nyampur sama air...kalo kasus yang serupa dieropa(kapal tanker tenggelam) juga ngga bisa ditanganin, hasilnya malah bakteri Cereus yang memakan minyak...
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Juni 17, 2010, 12:50:30 PM
Gak bisa diangkat tuh minyak?
Memang gak bisa bercampur kan?
Minyak selalu di atas air.
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: syx pada Juni 17, 2010, 11:49:00 PM
nah, pake bakteri? kalo bisa jangan dirusak lah... sedapat mungkin dimanfaatin.
minyak emang di atas air, tapi kabarnya minyaknya masuk sampe kedalaman tertentu. mungkin karena bobot jenis minyak bumi mentah relatif lebih tinggi.
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: nandaz pada Juli 04, 2010, 11:42:09 AM
...ada satu metode lain untuk misahin minyak dalam air (maksudnya minyak diatas air ;D), pake stocking nenek2 saja ;D....(sebetulnya aku udah pernah melakukan eksperimen ginian dan ternyata benar)... caranya mudah, bungkus stocking itu pada tangan lalu tangkap minyak yang ada dipermukaan air...tadaaa, nanti minyaknya dapat diambil.
 alasan kenapa karena stocking kaki bisa mengikat minyak karena stocking juga terbuat dari nylon, nylon juga merupakan polimer sintetik yang juga terbuat minyak maka bisa mengikat sesama jenisnya....
Judul: Re: Minyak Bumi
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Juli 04, 2010, 01:30:05 PM
Mari kita kerja bakti mengangkat minyak di lautan sana pake stocking nenek2..
ahahaha...