Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

November 30, 2021, 02:52:11 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 37
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 21
Total: 21

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Minyak Bumi  (Dibaca 48069 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline irul_platinum

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 64
  • IQ: 5
  • Gender: Pria
Re: Minyak Bumi
« Jawab #90 pada: September 02, 2009, 07:33:51 PM »
gak usah terlalu dipikirin khan sekarang juga dah mulai banyak energi alternatif

wah, energi alternatif seh emang banyak, tapi penerapan di lingkungan kita??? masih sangat minim,,, apalagi dari sampah, ga sedikit masyarakat yang demo gara2 lingkungannya ga mau dijadiin tempat pembuangan akhir sampah,,
NOT JUST WIN, BUT DESTROY YOUR ENEMY...!!![/b][/font][/font][/size][/size][/size]

Offline Ginji

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 978
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
Re: Minyak Bumi
« Jawab #91 pada: September 04, 2009, 12:15:17 PM »
hmm khan gak selalu pabrik di sebelah sumber
kalo pabrik di sebelah sumber biar pengeluaran berkurang ;D

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Minyak bumi
« Jawab #92 pada: Mei 22, 2010, 09:41:10 AM »
Apa ini?
Apa kandungannya?
Gimana caranya bisa dibuat jadi solar, premium, PERTAMAX, avtur, minyak tanah, minyak wangi, minyak goreng, dan minyak2 lainnya..
Sapa PERTAMAX?
OOT OOT OOT..!!!

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Minyak bumi
« Jawab #93 pada: Mei 22, 2010, 01:22:50 PM »
....kali pertama yang mempertanyakan gimana pengolahan minyak.  ::)
jawabannya singkat, dengan destilasi bertingkat. mula2 temukan daerah yang berkemungkinan ada minyak bumi yang aslinya juga dari jasat renik yang mati dimakan waktu. Biasanya berada pada kedalaman 3-5 km dibawah permukaan laut. Kemudian dibor layaknya sumur bor. nah yang ditampung itu adalah minyak mentah(crude oil) yang berwarna item dan berbau menyengat(wajar ini kan mengandung benzen). Minyak mentah yang diperoleh ditampung  dalam kapal tanker atau dialirkan melalui pipa ke stasiun tangki atau ke kilang minyak...
...dalam minyak mentah terkandung hampir 500 hidrokarbon dengan C maksimum berjumlah 50...Titik didih hidrokarbon meningkat seiring bertambahnya jumlah atom C yang berada di dalam molekulnya. Oleh karena itu, pengolahan minyak bumi dilakukan melalui destilasi bertingkat, dimana minyak mentah dipisahkan ke dalam kelompok2 (fraksi) dengan titik didih yang mirip.


selajutnya kalo melihat proses destilasi bertingkat itu seperti ini..


BTW, mana ada produk minyak bumi yang sampe menghasilkan minyak goreng...emang manusia mau makan senyawa hidrokarbon karsinogenik ::).
pertamax itu pengganti premix, jenis fuel baru sih kalo ngga salah karena premix mengandung MTBE. soal kandungan tanya orang USA karena mereka yang mateninkan..... :kribo:
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Minyak bumi
« Jawab #94 pada: Mei 22, 2010, 01:29:47 PM »
Bercanda juga tuh mas.. hahaha...
Pelan2 dulu deh ya.
Pertama, gimana cara mereka mencari sumber minyak bumi?

Offline muhamadTOTTI

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 49
  • IQ: 1
Re: Minyak bumi
« Jawab #95 pada: Mei 22, 2010, 07:13:57 PM »
thread menarik.. dan pertanyaan menarik dari pak huriah.. ibarat kate klo mo nyari dragonball disearch pake radar dragonnya bulma. hehe..

nah mo detect minyak dibumi gimana yah?? :D

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Minyak bumi
« Jawab #96 pada: Mei 23, 2010, 01:40:58 AM »
...kalo dilaut bisa secara teknik biologis, menemukan fitoplankton foraminifera(kalo ngga salah namanya ini, kalo salah seach ndiri di google)...biasanya tuh mikroorganisme merupakan salah satu petunjuk keberadaan minyak bumi, karena dia bertugas sebagai dekomposer renik juga sich... :)

Offline muhamadTOTTI

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 49
  • IQ: 1
Re: Minyak bumi
« Jawab #97 pada: Mei 23, 2010, 01:43:27 AM »
klo di daratan gimana???

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Minyak Bumi
« Jawab #98 pada: Mei 23, 2010, 04:45:01 AM »
eh.?
minyak mentah di daratan..?

~ You are what you eat ~

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Minyak Bumi
« Jawab #99 pada: Mei 23, 2010, 11:20:37 AM »
...sulit menemukan minyak mentah kalo didarat, karena minyak juga merupakan tambang dari fossil karena didalam tanah banyak ditemukan hidrokarbon, kalopun bisa dideteksi pake spektofotometri itu sangat-sangat sulit. Biasanya penemuan didarat terlebih dahulu ditemukannya gas yang nyembur kepermukaan dan dari gas itu para ahli mulai meneliti apa ada minyak didalam. Kasusnya mirip lumpur lapindo kalo bis ditanganin bisa untung besar, karena gas alam juga ditemukan ditempat yang sama dengan minyak bumi....

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Minyak Bumi
« Jawab #100 pada: Mei 23, 2010, 12:09:03 PM »
Oooooh...
Jadi kalo di laut, emank dicari.
Dari mikroba2 yang tukang membusukkan.
Kalo di darat, kebetulan.
Kalo di darat gak bisa pake cara yang sama kayak di laut?
Kalo gak salah, ada kan bakteri2 atau apa gitu yang makan minyak.
Bisa dideteksi dari situ mungkin..

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Minyak Bumi
« Jawab #101 pada: Mei 23, 2010, 01:48:37 PM »
oh ya,, ngomong2 soal lapindo..
katanya bisa buat hidupin api tuh.. karna ada gas metan kata TV..
kenapa mreka ga mau coba teliti aja tuh lumpur.. kali ada bisa dibikin buat gantinya LPG.. atau jadi bahan bakar lain lah.. dari pada mreka pusing2 mikirin gimana caranya berhentiin tuh semburan kan...
gas metan itu ramah lingkungan kan..?

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Minyak Bumi
« Jawab #102 pada: Mei 23, 2010, 02:03:24 PM »
Metana bukannya penyebab global warming terbesar..?
Kedua baru CO2..
Paling gak ini yang dikoar2kan aktivis vegetarian.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Minyak Bumi
« Jawab #103 pada: Mei 23, 2010, 02:07:08 PM »
oh ya.?
pembakaran CH4 paling dikit CO2 lo..

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Minyak Bumi
« Jawab #104 pada: Mei 23, 2010, 03:51:20 PM »
Katanya CH4nya yang langsung merusak ozon.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
13 Jawaban
14566 Dilihat
Tulisan terakhir September 26, 2008, 10:33:16 PM
oleh fitrie
1 Jawaban
67668 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 29, 2009, 07:57:10 PM
oleh orker
5 Jawaban
175415 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 06, 2016, 01:37:35 AM
oleh Monox D. I-Fly
3 Jawaban
182206 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 06, 2016, 01:01:54 AM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
5969 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 29, 2011, 05:20:37 AM
oleh skuler