Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 23, 2021, 04:36:51 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 46
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 42
Total: 42

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Minyak Bumi  (Dibaca 47750 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Minyak Bumi
« Jawab #105 pada: Mei 24, 2010, 04:18:56 AM »
aa..?
oh ye.. erm... -.,-
padahal kan,, ini ada digunain buat biogas juga toh.?
dari kotoran hewan.. sapi sapi contohne...
~ You are what you eat ~

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Minyak Bumi
« Jawab #106 pada: Mei 24, 2010, 06:16:19 AM »
Iye..
OOT OOT OOT..!!!

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Minyak Bumi
« Jawab #107 pada: Mei 24, 2010, 06:24:22 AM »
wah wah.. singkat kali... bakalan jadi bahan hapusan om syx nih.. wele2...

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Minyak Bumi
« Jawab #108 pada: Mei 24, 2010, 06:49:46 AM »
hahahahaa..
Lanjut deh.
Uda tau cara mencari minyak mentah.
Sekarang pemrosesannya..

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Minyak Bumi
« Jawab #109 pada: Mei 24, 2010, 07:20:32 AM »
soal pemrosesan bisa lihat diatas, karena itu masalah lapindo itu disebabkan prognosis....gasnya yang metana itu merupakan hidrokarbon yang paling sederhana, dan hasilnya juga cuma satu molekul CO2, jadi lebih parahin yang hidrokarbon tingkat berat2...jadi sebetulnya kita (indonesia) yang ngga memiliki teknologi lebih untuk menanganinya.
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Minyak Bumi
« Jawab #110 pada: Mei 24, 2010, 07:34:22 AM »
Prognosis?
Prognosis disini artinya apa?

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Minyak Bumi
« Jawab #111 pada: Mei 24, 2010, 07:47:34 AM »
salah membor....

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Minyak Bumi
« Jawab #112 pada: Mei 24, 2010, 09:52:58 AM »
....kali pertama yang mempertanyakan gimana pengolahan minyak.  ::)
jawabannya singkat, dengan destilasi bertingkat. mula2 temukan daerah yang berkemungkinan ada minyak bumi yang aslinya juga dari jasat renik yang mati dimakan waktu. Biasanya berada pada kedalaman 3-5 km dibawah permukaan laut. Kemudian dibor layaknya sumur bor. nah yang ditampung itu adalah minyak mentah(crude oil) yang berwarna item dan berbau menyengat(wajar ini kan mengandung benzen). Minyak mentah yang diperoleh ditampung  dalam kapal tanker atau dialirkan melalui pipa ke stasiun tangki atau ke kilang minyak...
...dalam minyak mentah terkandung hampir 500 hidrokarbon dengan C maksimum berjumlah 50...Titik didih hidrokarbon meningkat seiring bertambahnya jumlah atom C yang berada di dalam molekulnya. Oleh karena itu, pengolahan minyak bumi dilakukan melalui destilasi bertingkat, dimana minyak mentah dipisahkan ke dalam kelompok2 (fraksi) dengan titik didih yang mirip.


selajutnya kalo melihat proses destilasi bertingkat itu seperti ini..


Pindahin kemari biar gampang liatnya..

Jadi, prognosis di pengeboran artinya salah bor?
Oke oke...
Lain dengan prognosis di kedokteran.

Jadi destilasi itu dilakukan dengan cara dipanaskan?
Atau diapakan?

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.585
  • IQ: 59
  • Gender: Pria
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: Minyak Bumi
« Jawab #113 pada: Mei 25, 2010, 01:06:43 AM »
Issue yang penting untuk didiskusikan ialah masalah "peak oil" atau puncak minyak bumi yang menyatakan bahwa produksi minyak bumi sudah mencapai puncaknya, sedangkan pemakaiannya akan bertambah terus sebanding dengan pertambahan penduduk.

Jika kecendrungan ini berlanjut maka minyak , batu bara dan gas Indonesia akan habis dalam jangka waktu sekitar 30 tahun dari sekarang.

Apa pengganti energi migas ini ? Bagaimana menangani krisis energi ini ?
HouwLiong

Offline muhamadTOTTI

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 49
  • IQ: 1
Re: Minyak Bumi
« Jawab #114 pada: Mei 25, 2010, 01:19:42 AM »
^tenaga air??

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.585
  • IQ: 59
  • Gender: Pria
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: Minyak Bumi
« Jawab #115 pada: Mei 25, 2010, 01:27:23 AM »
^tenaga air??
Pemakaian tenaga air di Indonesia kurang dari 5% kebutuhan energi di Indonesia.

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Minyak Bumi
« Jawab #116 pada: Mei 26, 2010, 03:43:15 AM »
benar, dipanasin....yang namanya destilasi pasti ada hubungannya dengan pemanasan, dan hasilnya adalah hidrokarbon yang berantai berbeda dimasing2 temperatur....yang paling mudah menguap akan berada pada tabung teratas sampai ke yang kental, karena itu khan semakin panjang rantai ikatan hidrokarbon maka massa jenisnya juga bertambah.... fasanya juga berubah
« Edit Terakhir: Mei 26, 2010, 04:22:35 AM oleh nandaz »

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Minyak Bumi
« Jawab #117 pada: Juni 17, 2010, 01:05:30 AM »
benar, dipanasin....yang namanya destilasi pasti ada hubungannya dengan pemanasan, dan hasilnya adalah hidrokarbon yang berantai berbeda dimasing2 temperatur....yang paling mudah menguap akan berada pada tabung teratas sampai ke yang kental, karena itu khan semakin panjang rantai ikatan hidrokarbon maka massa jenisnya juga bertambah.... fasanya juga berubah
sorry, salah nulis..seharusnya bukan massa jenis tetapi massa relatif(Mr) ;D
ini gara2 sibuk bikin tulisan di mading yang berhubungan humor massa jenis

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Minyak Bumi
« Jawab #118 pada: Juni 17, 2010, 03:16:05 AM »
Gimana bikin humor tentang massa jenis?
Kayaknya gak ada yang lucu disitu.
hahaha...

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Minyak Bumi
« Jawab #119 pada: Juni 17, 2010, 03:39:44 AM »
ehem... di sini bukan topik humor, om.

kira-kira gimana yang penanganan cemaran minyak di teluk meksiko? apakah minyak yang sudah tercampur air itu masih bisa digunakan (dimurnikan)? kan sayang kalo harus dimusnahkan.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
13 Jawaban
14519 Dilihat
Tulisan terakhir September 26, 2008, 10:33:16 PM
oleh fitrie
1 Jawaban
67639 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 29, 2009, 07:57:10 PM
oleh orker
5 Jawaban
174993 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 06, 2016, 01:37:35 AM
oleh Monox D. I-Fly
3 Jawaban
181798 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 06, 2016, 01:01:54 AM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
5936 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 29, 2011, 05:20:37 AM
oleh skuler