Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 27, 2021, 03:47:35 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26729
  • Latest: Apblack
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 45
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 20
Total: 20

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Minyak dan Kertas  (Dibaca 18648 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Minyak dan Kertas
« pada: Desember 02, 2009, 10:34:54 PM »
kenapa minyak bisa bikin kertas jadi lebih transparan?  ;D

Offline cassle

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 89
  • IQ: 5
  • Gender: Wanita
Re: Minyak dan Kertas
« Jawab #1 pada: Desember 05, 2009, 11:45:01 PM »
hmm mungkin karena panjang gelombang yang dipantulkan menjadi berbeda karena minyak terserap di kertas kali ya..

tapi kok larutan lain kayak air gak bisa memberikan efek yang sama ya?

(bingung sendiri deh akhirnya)

menurut syx bagaimana nih? mohon pencerahannya. Thanks.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Minyak dan Kertas
« Jawab #2 pada: Desember 08, 2009, 07:11:55 AM »
saya yang nanya malah ditanya...

Offline cassle

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 89
  • IQ: 5
  • Gender: Wanita
Re: Minyak dan Kertas
« Jawab #3 pada: Desember 08, 2009, 11:37:59 AM »
lho lhoooo....

kalo yang saya baru ketemu malah cara menghilangkan noda minyak pada kertas, katanya:

"Jangan panik, noda tersebut dapat dihilangkan dengan cara yang cukup mudah. Ambil saja garam dapur secukupnya lalu gosok-gosokkan pada bagian yang terkena minyak. Jemur halaman buku tersebut di bawah panas matahari maka noda minyak akan hilang."

dikutip dari http://woman.kapanlagi.com/kuliner/tips_dapur/551_tips_menghilangkan_noda_minyak_pada_kertas.html

Pertanyaannya, apa hubungannya garam dengan reaksi ini yah? Mungkin dari sini syx ada ide tambahan tentang masalah ini? :D

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Minyak dan Kertas
« Jawab #4 pada: Desember 08, 2009, 10:36:35 PM »
blom ada...

Offline cassle

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 89
  • IQ: 5
  • Gender: Wanita
Re: Minyak dan Kertas
« Jawab #5 pada: Desember 10, 2009, 10:34:37 AM »
setelah saya diskusikan dengan guru saya, mungkinkah ini ada hubungannya dengan polaritas minyak?

atau mungkin saja ini karena minyak tersebut menyerap sepenuhnya ke kertas sehingga warna yang tampak sebenarnya adalah warna minyak. Sedangkan larutan lain kan juga membekaskan warnanya, hanya saja berbeda warna yang ditimbulkan.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Minyak dan Kertas
« Jawab #6 pada: Desember 10, 2009, 10:02:23 PM »
membekaskan warna... tapi tidak menyebabkan transparan seperti yg dilakukan minyak kan?

Offline cassle

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 89
  • IQ: 5
  • Gender: Wanita
Re: Minyak dan Kertas
« Jawab #7 pada: Desember 11, 2009, 10:18:10 AM »
Tapi mungkinkah warna minyak itu sendiri yang membuat transparan? Kalo dibandingkan dengan larutan lain, misalkan minyak gosok yang warnanya coklat, kan ada warna transparan juga ada bercak coklatnya, jadi menurutku ini gara-gara si minyak punya warna transparan. Tapi mengapa minyak punya warna transparan, diriku belum ada gambaran.

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 823
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: Minyak dan Kertas
« Jawab #8 pada: Desember 11, 2009, 10:43:49 AM »
kenapa minyak bisa bikin kertas jadi lebih transparan?  ;D
lho, bukannya sema zat cair begitu?
Itu kan karena zat cair mengisi ruang pori2 kertas.
Lantas kenapa kok bisa jadi transparan? Hipotesa saya (CMIIW ya..) pori2 kertas yang kering dapat diibaratkan sebagai bangunan berkerangka berlapis. Saat terkena cahaya, kerangka tadi membuat bayangan (hitam) yang juga diserap oleh kerangka pori, hal ini akan membuat kertas jadi dop. Saat terkena zat cair, cahaya yang tersosrot ke pori kertas, akan diteruskan ke molekul zatcair yang ada pada lapisan berikutnya sampai ke lapisan terdepan. Hal ini akan membuat efek transparan karena penghasilan bayangan oleh kerangka pori kertas serta peneyrapan cahaya dan bayangan kerangka pori oleh kerangka pori menjadi berkurang.
Visit My Site ! ! !
Download Soal Matematika SMA ZyuProject



Offline cassle

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 89
  • IQ: 5
  • Gender: Wanita
Re: Minyak dan Kertas
« Jawab #9 pada: Desember 11, 2009, 12:06:45 PM »
kalau begitu kenapa air tidak dapat menghasilkan efek yang sama ya? Selain itu bedanya, kalau basah karena air jika digosok kertas bisa berbulu dan sobek sedangkan basah karena minyak tidak demikian kan? Apa ini menandakan ada hubungannya pula dengan seberapa erat air / minyak berikatan dengan kerangka pori kertas?

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 823
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: Minyak dan Kertas
« Jawab #10 pada: Desember 11, 2009, 10:28:10 PM »
kalau begitu kenapa air tidak dapat menghasilkan efek yang sama ya?
sama kok, air kena kertas juga menimbulkan efek transparan. Cuma kalau air langsng mengering, jadi kertas kembali dop. Kalau minyak sulit menguap pada suhu kamar, jadi ia tetap terlihat transparan.

Selain itu bedanya, kalau basah karena air jika digosok kertas bisa berbulu dan sobek sedangkan basah karena minyak tidak demikian kan? Apa ini menandakan ada hubungannya pula dengan seberapa erat air / minyak berikatan dengan kerangka pori kertas?
Perasaan saya sama juga, cuma lebih mudahd engan air. Mungkin akrena molekul air lebih kecil dari minyak sehingga mudah meresap.
Mohon moderasinya...

Offline cassle

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 89
  • IQ: 5
  • Gender: Wanita
Re: Minyak dan Kertas
« Jawab #11 pada: Desember 13, 2009, 11:33:18 AM »
Owwwh begitu... oke-oke, saya cukup setuju dengan jawaban dari bung Idad. :D Thanks atas pencerahannya.

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 823
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: Minyak dan Kertas
« Jawab #12 pada: Desember 13, 2009, 11:19:10 PM »
Owwwh begitu... oke-oke, saya cukup setuju dengan jawaban dari bung Idad. :D Thanks atas pencerahannya.
Whe.., jangan2.., itu bukan jawaban pasti lho..,:: Itu cuma teori saya aja yang saya gabungkan dari pelajaran SMA selama ini..,
Ada baiknya cassle tanya  dan kroscek lagi ke sumber-sumber yang terkait..,
soalnya saya bukan orang fisika.., hhe.. (makanya saya tulis : mohon moderasinya)
« Edit Terakhir: Desember 13, 2009, 11:29:42 PM oleh Idad »

Offline cassle

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 89
  • IQ: 5
  • Gender: Wanita
Re: Minyak dan Kertas
« Jawab #13 pada: Desember 13, 2009, 11:40:01 PM »
hooo.. oke-oke... :D thanks.. :)

nanti kita tunggu siapa tau syx punya jawaban lain. :D

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Minyak dan Kertas
« Jawab #14 pada: Desember 14, 2009, 10:47:47 AM »
..air juga bisa bikin transparan...kok, tetapi memang ngga sejelasnya dari minyak...bukannya karena pengaruh higroskopisnya kertas, kertas kayu yang lebih dekat pada vessel kayu lebih mudah nyerap cairan, dan lagi kalo diolah lebih tebal dan sangat baik nyerap minyak dan air...coba buat warna maka kertasnya jadi berwarna juga khan...kalo bening ya transparan...
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
18253 Dilihat
Tulisan terakhir April 05, 2019, 02:45:01 AM
oleh CustomEO
8 Jawaban
28809 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 09, 2009, 02:44:07 AM
oleh nandaz
Air dan Kertas

Dimulai oleh syx « 1 2 » Kimia

16 Jawaban
11536 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 24, 2009, 11:39:57 PM
oleh Idad
5 Jawaban
175050 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 06, 2016, 01:37:35 AM
oleh Monox D. I-Fly
10 Jawaban
5952 Dilihat
Tulisan terakhir September 16, 2011, 10:02:05 PM
oleh syx