Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Kimia => Topik dimulai oleh: raisuien pada Februari 22, 2010, 05:44:54 AM

Judul: Molibednum oksida berbentuk struktur berbentuk donat
Ditulis oleh: raisuien pada Februari 22, 2010, 05:44:54 AM
FORMASI DONAT. Sebuah video simulasi pemasangan Mo150 donat menunjukkan suatu golongan perakitan pertama Mo36, lalu berperan sebagai model dasar dalam pembentukan struktur seperti donat. Blok pembangun molibdenum oksioda ditunjukkan sebagai golongan yang meliputi satu (kuning), dua (merah), atau delapan (biru) atom Mo.

DONAT PENUH. Golongan Mo36 (pusat) bertindak sebagai model dalam pembentukan donat Mo150 (Mo berwarna biru dan O berwarna abu – abu).

Untuk membuat suatu donat anorganik, pada dasarnya dimulai dengan lubang donat—seorang ahli strategi kimia mungkin saja mampu untuk menggunakannya di masa mendatang dalam perakitan molekular.

Sebuah tim internasional melaporkan bahwa struktur “donat” molibdenum oksida dibentuk dengan menggunakan pemberian model pada golongan molibdenum terkecil yang mana kemudian dikeluarkan untuk membuat lubang tersebut (Science 2010, 327, 72). Dalam bahan studi, tim ini juga mengembangkan sebuah system arus baru yang dapat digunakan untuk memelajari ilmu kimia pada kondisi yang jauh dari keseimbangan.

Mekanisme pemberian model ini dalam pembentukan molecular donat menjelaskan bahwa “beberapa strategi baru dalam penciptaan struktur terbuka lainnya dengan kombinasi ion yang wajar dari metal berbeda dan/atau metal sama dalam membedakan keadaan oksidasi,” Kenton H. Whitmire, seorang professor ilmu kimia pada Universitas Rice, yang mengatakannya menyertakan pandangannya dalam laporan ini.

Kelompok ini, yang diketuai oleh professor ilmu kimia yaitu Leroy Cronin dari Universitas Glasgow di Skotlandia dan Achim Müller dari Universitas Bielefeld di Jerman, memelajari pembentukan struktur Mo150 yang berbentuk donat dengan ukuran diameternya 3.6-nm dengan rumus [Mo150O442(OH)10(H2O)61]14– dari larutan sodium molibdate. Para peneliti menggunakan suatu system arus yang memberikan control waktu akurat dari pH dan konsentrasi reagen.

Dengan menambahkan kondisi system ini, para peneliti mampu mengisolasi dan mengkristalisasikan suatu intermediate dengan golongan ikatan [Mo36O112(H2O)16]8– didalam donat Mo150 melalui 22 kation sodium, yang menyeimbangkan muatan negative dari donat dan golongan tersebut. Ketika larutan dikurangi, golongan  Mo36 memisahkan diri dari donat itu dan dua spesies dapat diisolasi secara terpisah.

Golongan Mo36 dikenal untuk pembentukan secara spontan pada larutan pengasaman molybdate, jelas penulisnya. Mereka memberi hipotesa bahwa golongan ini bertindak sebagai pemberian model structur langsung bagi pembentukan dari sebuah donat. “Hasilnya menunjukkan bagaimana suatu system arus dapat digunakan untuk memahami dan mengoptimalkan proses perakitan kompleks dari bawah – keatas yang menghasilkan jumlah gram materi nano dengan ukuran yang tepat, bentuk dan komposisinya,” kata Cronin.

Suatu system arus juga menarik dikarenakan potensinya dalam memelajari ilmu kimia pada kondisi ketidak seimbangan seperti yang diketemukan pada system biology yang responsive dan adaptif, jelas Jonathan W. Steed, seorang professor ilmu kimia pada Universitas Durham di Inggris.
Judul: Re: Molibednum oksida berbentuk struktur berbentuk donat
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Februari 22, 2010, 01:28:18 PM
ini hasil sintesis lagi ya..?
atau emang uda ada..?
Judul: Re: Molibednum oksida berbentuk struktur berbentuk donat
Ditulis oleh: raisuien pada Februari 22, 2010, 01:43:51 PM
kurang taw Sis...
tp kayaknya dah ada...
Judul: Re: Molibednum oksida berbentuk struktur berbentuk donat
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Februari 22, 2010, 01:46:04 PM
ogh~
sip dah,, ^^

TQ ya... :D  :D :D ;) ;) :) :) ;D ;D
Judul: Re: Molibednum oksida berbentuk struktur berbentuk donat
Ditulis oleh: syx pada Februari 22, 2010, 11:05:01 PM
kan udah ada beberapa molekul yang bentuk donat seperti gitu... misalnya siklodekstrin.
Judul: Re: Molibednum oksida berbentuk struktur berbentuk donat
Ditulis oleh: No pada Juni 05, 2011, 06:39:41 AM
molibdenum dalam bentuk heteropoli atau polioksometalat memang keren2 bentuknya, seperti struktur keggin, dawson, Dexter dll