Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Januari 28, 2022, 12:42:31 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26744
  • Latest: JohnCC
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 41
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 21
Total: 21

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Nomor massa n nomor atom  (Dibaca 19975 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline asma

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 34
  • IQ: 8
  • Lady Arwen n Aragon
Nomor massa n nomor atom
« pada: September 14, 2009, 10:57:59 PM »
ka,q ingin nanya nih........
proton,elektron n neutron itu mna sih nomor massa n nomor atom y?
tolong penjelasan y? :) :)
soal y masih bingung.........trimakasih. :-\ :-\
Many people will walk in and out of your life.But only true friends will leave footprints in your heart." ^-^"

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Nomor massa n nomor atom
« Jawab #1 pada: September 15, 2009, 05:02:18 AM »
klo nomor masa itu yg lbh byk dech,,,
biasanya ada di sebelah atas...
nomor atom itu yg dibawah,,,
nomor atom itu = jumlah elektron = jlh proton...
jumlah neutron = nomor massa - jumlah proton...

intinye,,,
proton = nomor atom,,,
neutron bisa dipake buat nyari nmr massa,,,
elektron bisa buat nentuin nomor atom jg,,,
tapi kadang kalo ada muatan dalm suatu unsur bisa beda nmr atomnye,,,
jadi buat liat nmr atom liat jmlh protonnye aje,,,

bgtu lah,,
klo gag ngerti,, tnya ajah,,,
;D
;D
~ You are what you eat ~

Offline asma

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 34
  • IQ: 8
  • Lady Arwen n Aragon
Re: Nomor massa n nomor atom
« Jawab #2 pada: September 16, 2009, 09:35:38 PM »
nomor atom itu = jumlah elektron = jlh proton...
jumlah neutron = nomor massa - jumlah proton...

@sisca ini rumus y ya?


Kutip
proton = nomor atom,,,
neutron bisa dipake buat nyari nmr massa,,,
elektron bisa buat nentuin nomor atom jg,,,
tapi kadang kalo ada muatan dalm suatu unsur bisa beda nmr atomnye,,,
jadi buat liat nmr atom liat jmlh protonnye aje,,,

@sisca boleh minta contoh y engga???
yg ada proton,elektron n neutron y....
trimakasih atas info y...... :) :) :)

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
Re: Nomor massa n nomor atom
« Jawab #3 pada: September 17, 2009, 01:39:34 AM »
nomer massa itu artinya massanya atom tsb(bukan dalam satuan kg, tetapi SMA(satuan massa atom))
jadi 1 sma itu (kasarnya) kira-kira seberat 1 netron atau 1 proton(massa proton ama netron kan mirip-mirip tuh), smentara massa elektron cenderung bisa diabaikan karena massanya cuman skitar 1/1000-nya massa proton.

nomer atom itu diliat dari kuat gaya tarik listrik statisnya, jadi tinggal diliat dari jumlah protonnya aja...(oh, iya nomer atom ini bertambah secara deret ukur(1,2,3,4,5....) dari unsur pertama, kedua dst)enw, atom dengan unsur berbeda pasti memiliki nomer atom yang berbeda pula, smentara nomer massa yang sama bisa didapatkan dari unsur yang berbeda dengan suatu trik-trik tertentu...
gitu...

hmm...inget kan kalo' bentuk tulisannya kayak gini...
<br />^a _x Z<br />

soalnya: skarang mana atom yang mungkin
a. ^{27} _{58} Z

ato

b. ^{56} _{25} Z
« Edit Terakhir: September 17, 2009, 01:43:48 AM oleh HyawehHoshikawa »
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Nomor massa n nomor atom
« Jawab #4 pada: September 17, 2009, 02:27:11 AM »
@sisca boleh minta contoh y engga???
yg ada proton,elektron n neutron y....
trimakasih atas info y...... :) :) :)


soalnya: skarang mana atom yang mungkin
a. ^{27} _{58} Z

ato

b. ^{56} _{25} Z


tuch soal dari hyaweh coba dijawabb,,,
dari situ tentuin mana nmr atom ato massa.
neutron, proton, elektron bisa dicari jg kalo diketahui yg mana nmr massa n nmr atom..

neutron = nmr massa - jmlh proton
jmlh proton = nomor atom
kalau tidak ada muatan
jmlh proton = nomor atom = jumlah elektron


Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Nomor massa n nomor atom
« Jawab #5 pada: September 17, 2009, 02:33:13 AM »
kalo gag ngerti tnya ajah y,,,

o,a buat ngejawab soal hyaweh...
biasanya nmr atom di bawah...
nomor massa diatas....

nmr atom biasanya yg lbh kecil dari nmr massa....
.......
uda tau kan jawabannya yg mana,..

truz tentuin dech jmlh proton, elektron, neutron dari rumus yg sisca kasi tau,,,
^^

Offline asma

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 34
  • IQ: 8
  • Lady Arwen n Aragon
Re: Nomor massa n nomor atom
« Jawab #6 pada: September 17, 2009, 09:37:08 PM »

soalnya: skarang mana atom yang mungkin
a. ^{27} _{58} Z

ato

b. ^{56} _{25} Z


jwbn y yg b, ya kn ???


nomor atom itu = jumlah elektron = jlh proton...
jumlah neutron = nomor massa - jumlah proton...


b.nmr atm y 25 n nmr massa y 56
   jmlh neutron y = 56 - 25 = 31
   jmlh proton = 25

bener ga @sisca n @hyaweh hoshika jwbn y???
« Edit Terakhir: September 17, 2009, 09:43:43 PM oleh asma »

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Nomor massa n nomor atom
« Jawab #7 pada: September 18, 2009, 03:10:03 AM »
othe2,,,

elektronnye...?

Offline asma

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 34
  • IQ: 8
  • Lady Arwen n Aragon
Re: Nomor massa n nomor atom
« Jawab #8 pada: September 19, 2009, 03:51:59 AM »
elektron y = 25
bnr ga ???

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Nomor massa n nomor atom
« Jawab #9 pada: September 19, 2009, 04:10:21 AM »
yuupyy,,,
btul tuchhh,,,

^^

Offline asma

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 34
  • IQ: 8
  • Lady Arwen n Aragon
Re: Nomor massa n nomor atom
« Jawab #10 pada: September 21, 2009, 10:15:59 PM »
trimakasih @sisca n @hyaweh hoshika..........
nanti kalo mau nanya lagi boleh ga??

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Nomor massa n nomor atom
« Jawab #11 pada: September 22, 2009, 02:34:21 AM »
boleee dunkzz...
^^

Offline asma

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 34
  • IQ: 8
  • Lady Arwen n Aragon
Re: Nomor massa n nomor atom
« Jawab #12 pada: Oktober 19, 2009, 03:21:24 AM »
ka...mau nanya
apa sih beda y isotop,isobar dan isoton???
tolong penjelasan n contoh nya....??
thanks.....

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Nomor massa n nomor atom
« Jawab #13 pada: Oktober 19, 2009, 03:25:16 AM »
isotop =  nomor atom dari 2 unsur ato lebih sama...
isobar = nomor massa dari 2 unsur ato lebih  sama
isoton = (nomor massa - nomor atom) dari 2 ato lebih unsur sama...

ngerti ga yach....?
hihihi~

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Nomor massa n nomor atom
« Jawab #14 pada: Oktober 19, 2009, 06:19:49 AM »
....mungkin aku mau nambah penjelasannya aja...singkatnya ada pada jawaban sebelumnya oleh, Made. sisca...
1. Isotop

2. Isobar

3. Isoton
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
26568 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 15, 2011, 06:19:41 AM
oleh sigumbagumba
0 Jawaban
4072 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 24, 2010, 11:59:52 AM
oleh raisuien
0 Jawaban
184603 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 20, 2011, 11:20:46 AM
oleh Chanz99
12 Jawaban
12719 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 07, 2012, 01:55:19 PM
oleh saipul
1 Jawaban
166672 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 24, 2014, 08:03:23 AM
oleh nʇǝʌ∀