Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Agustus 09, 2022, 05:05:34 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,760
  • Latest: Hormide
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 88
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 61
Total: 61

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Obat Panas Dalam dan Soda (Effervescent)

Dimulai oleh faenscy, Oktober 18, 2010, 07:43:53 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

faenscy

knp ya obat pnyembuh panas dalam (ex:adem sari) harus diminum saat masih ada soda/gas nya?? bagaimana y mekanisme kerja obat itu?? ???

sisca, chemistry

emang musti waktu bersoda ya?
saya baru tau.

Mungkin jawabannya ada hubungan sama soda yang merupakan koloid kali ya.. ^^"
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

riandono

saya sndr masih bingung dgn definisi panas dalam, istilah medis nya apa ya?

kalo ttg sodanya, di dunia farmasi, itu dikenal dengan istilah sediaan saturasi. biar enjoy, googling aja apa itu sediaan saturasi... hehehe

galihutomo

Bingung.... ikut bingungg aj  ??? ???

tapi yang jelas dampak minuman bersoda....


  • Dapat merusak pankreas dan menimbulkan diabetes
  • Rawan osteoporosis
  • Berakibat buruk pada saluran pencernaan (mulut, kerongkongan, dan ulu hati)
  • Pemicu sindrom metabolik
  • Bisa menimbulkan kerusakan sel yang serius
  • Merusak ginjal

riandono

itu efek minuman bersoda atau softdrink?

sisca, chemistry

wwkwkkwkw~ pada bingung semua..
Kalo di kedokteran katanya gak ada istilah masuk angin lo..
softdrink sepertinya..
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

galihutomo

btw, minuman softdrink tu ada sodanya juga.....

klo minum dikit gpp sih....

lebih bahaya lg klo minum soda api....  ;D

syx

Kutip dari: riandono pada Oktober 18, 2010, 08:36:54 PM
saya sndr masih bingung dgn definisi panas dalam, istilah medis nya apa ya?
definisi pernah saya berikan berdasarkan chinese pharmacopeia.

Kutip dari: riandono pada Oktober 18, 2010, 08:36:54 PM
kalo ttg sodanya, di dunia farmasi, itu dikenal dengan istilah sediaan saturasi. biar enjoy, googling aja apa itu sediaan saturasi... hehehe
sediaan saturasi? bukan effervescent ya?

dampak minuman bersoda yang disebut galih itu lebih ke arah softdrink, dan bukan karena sodanya. misalnya terkait diabetes. itu kan lebih karena gula yang ada dalam softdrink. soda ato natrium mungkin lebih berpengaruh pada orang yang hipertensi.
bubble CO2 dari minuman bersoda berasal dari reaksi antara NaHCO3 dengan asam (sitrat, tartrat). kalo soda api itu NaOH.

riandono

o iya, saya yg salah, adem sari itu serbuk ya, bayanganku dipack cair.. maaf

tp gpp kalo sudah temen2 sudah terlanjur googling saturasi, prinsip carbonatednya sama kok hehe
(ngeles mode: ON)

adisae

wah kayaknya ni salah kamar apa yah?
;)
harusnya masuk fisika..

gini
proses perubahan cair jadi gas..akan menyerap kalor disekitarnya..
jadi ketika soda masih ada pelepasan gasnya akan menarik kalor dalam tubuh..
efeknya ya lambung jadi bertambah gas (mungkin ga terlalu pengaruh)

terus bisa dilihat juga pada kulkas/lemari es..


  A. Bagian Panas
  B. Bagian Dingin
  I. Isolasi (Pemisah)
  1. Unit Pengembunan (jadi cair)
  2. Katup
  3. Unit Penguapan
  4. Kompresor/Pompa

jadi yang terjadi pada no. 1 adalah zat (freon) dari bagian dingin berwujud gas dimampatkan oleh kompresor dan ditahan oleh katup sehingga mengembun dan melepas panas ke sekitarnya..

kemudian sebaliknya di no. 3, zat (freon) cair dari Bagian panas keluar sedikit demi sedikit dari katup dan ditarik oleh kompresor sehingga tekanan turun dan menguap..dan menyerap panas di sekitarnya..

nandaz

#10
menarik, sampai-sampai kulkas pun masuk jadi bahan diskusi :P
Kutipgini
proses perubahan cair jadi gas..akan menyerap kalor disekitarnya..
jadi ketika soda masih ada pelepasan gasnya akan menarik kalor dalam tubuh..
efeknya ya lambung jadi bertambah gas (mungkin ga terlalu pengaruh)
iya sih, pasalnya gas yang bikin kembung itu kan CO2 miripan sama Cola.
tetapi kalo pada evervescent, CO2 dibikin dalam bentuk padatan melalui tekanan tertentu(ehm..tentunya senyawa tersebut larut dalam air ::)). terus padatan CO2 itu ditambah mineral dan vitamin tertentu. Ketika tablet dilarutkan maka, gas juga ikut larut. dan secara otomatis granular dari obat, mineral dan vitamin ikut larut. pelarutan gas CO2 di air akan menghasilkan asam karbonat, zat inilah yang bikin semriwing saat diminum, kenapa saat berdesis diminum, karena gas itu akan menghilang jika tidak diminum langsung.
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

riandono


sebenarnya ga seribet itu kok bikinnya. Efervesen dibuat dengan cara mencampurkan garam karbonat dan asam dalam air, raksi ini akan melepaskan CO2. Cm gt aja..
Jd bukan CO2 direaksikan dengan air menghasilkan karbonat, tp sebaliknya, karbonat yg menghasilkan CO2, jadinya minuman ber bubble.. ssssss seger
H2CO3->H2O + CO2

fabrikasinya juga sama dengan pembuatan tablet atau pulveres biasa, bahannya pengisi dan pengikat serta tambahan lain diusahakan yang larut air dengan kondisi fabrikasi yg bebas air.

galihutomo

 :-\ Hmmm.... kembali dulu ke masalah awal... jadi ada efeknya gak sih minuman bers0da dengan penyembuhan sariawan...?

apa biar menambah nilai jual aj y??    >:D

syx

sepertinya sodanya itu cuma untuk penyegar, bukan sebagai bahan berkhasiat. bahan berkhasiatnya pasti ada dari komponen lain yang ada dalam produk tersebut.

Rebοrn

setuju ma moderator yang diatas :)