Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

September 27, 2022, 11:14:32 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 42
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 35
Total: 35

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Mungkinkah mengubah oksigen menjadi ozone???

Dimulai oleh Nabih, Juni 03, 2009, 09:07:05 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

nandaz

...mungkin karena, ultraviolet yang mempunyai energy tinggi, Ikatan atom oksigen  dalam  molekul ozon  ini  agak lemah  dibandingkan  dengan  molekul oksigen yang terdiri  atas dua atom. Salah  satu dari  ketiga atom oksigen  ini sangat  mudah  lepas dan  bereaksi  dengan  molekul lain. Keberadaan  ozon di  atmosfer  kita  sangat sedikit, secara rata-rata sekitar  tiga molekul  ozon  setiap 10 juta  molekul  udara (kalo ngga salah sih, baca artikel dimana ya?).
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Nabih

Ada yang bisa jawab:

bukanya semakin banyak ikatan kimia molekul makin berat (massa jenisnya), kenapa O2 lebih berat dari O3, selain karena jenis ikatan ada penyebab lain ga??

nandaz

#17
Kutip dari: Nabih pada Juni 09, 2009, 07:06:49 PM
Ada yang bisa jawab:

bukanya semakin banyak ikatan kimia molekul makin berat (massa jenisnya), kenapa O2 lebih berat dari O3, selain karena jenis ikatan ada penyebab lain ga??
...seperti carbondioksida, juga molekulnya lebih berat dari udara, asap pembakarannya ke atas langit ya...ozone layer yang distratosphere juga lebih ringan, helium diatomik pun begitu..alasan selain ikatan? lebih mirip dengan cerita asap, pendapatku karena mempunyai massa jenis lebih kecil dari massa jenis udara sekitarnya. Itu sebabnya gas seperti O3, CO2, He2, H2 naik ke atas. Pada peristiwa ini ada gaya ke atas dari udara pada asap yang mampu mengalahkan gaya gravitasi...

rumus mol  n=\frac{gr}{(Mr/Ar)} dan massa jenis \rho=\frac{m}{V}
m=\rho V, bolehkah kalo aku masukkan persamaan itu dalam mol, jadi seperti ini? n=\frac{\rho V}{(Mr/Ar)}..tinggal menyetarakan dalam satuan SI, dah dari situ dapatkah kita ambil setiap satu mol ozone(O3) misalnya, di ringan kan oleh masa molekulnya...(jikalau dibuat dalam SI untuk tidak dalam gram dan liter)
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

OOOOO


Nabih

#19
@ atas

salah satu masalah terbesar dala kimia kan adalah menyusun zat yang berguna dan setimbang

salah satu tujuan adanya forum ini kan untuk menginspirasi itu semua agar para penemu banyak yang dari indonesia, hahahaha

MuhammadBz

Kutip dari: Nabih pada Juni 15, 2009, 11:08:20 AM
@ atas

salah satu masalah terbesar dala kimia kan adalah menyusun zat yang berguna dan setimbang

salah satu tujuan adanya forum ini kan untuk menginspirasi itu semua agar para penemu banyak yang dari indonesia, hahahaha
Kesetimbangan kimia?

Syaratnya apa ya?

semut-ireng

#21
Kutip dari: Nabih pada Juni 03, 2009, 09:07:05 PM
Mungkin ga???

Kalo mungkin bisa buat menghindari pemanasan global

Mengubah oksigen menjadi ozon buat menghindari pemanasan global  ?   Maksudnya bagaimana,   apa mau menutup / memperkecil lubang ozon ?    ::)

Jangan2 entar justru makin bertambah banyak penyakit2 misterius. ;D

Secara alami ozon terbentuk dalam jumlah yang besar di atmosfer bumi ketika terjadi kilat / petir,   sebagian naik ke atas dan sebagian lagi terbawa oleh air hujan turun ke bumi.   Saat2 terjadi hujan dan banyak petir di suatu wilayah,  itulah di zaman dulu yang dikatakan saat2 terjadinya ' udara buruk '.


Keseimbangan ozon

Jumlah ozon dalam atmosfer berubah menurut lokasi geografi dan musim. Ozon ditentukan dalam satuan Dobson (Du) di mana, sebagai contoh, 300 Du setara dengan 3 mm tebal lapisan ozon yang tulen jika dimampatkan ke tekanan permukaan laut.

Sebagian besar ozon stratosfer dihasilkan di kawasan tropis dan diangkut ke ketinggian yang tinggi dengan skala-besar putaran atmosfer semasa musim salju hingga musim semi. Umumnya kawasan tropis memiliki ozon yang rendah.

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

syx

lapisan ozon pelindung di stratosper sebenarnya secara alami konstan karena adanya kesetimbangan dinamik antara reaksi pembentukan ozon dan disosiasinya. nah, masalahnya kesetimbangan ini dirusak oleh aktivitas manusia dengan menyebarkan secara luar biasa polutan seperti oksida nitrogen (NOx) dan chlorine dari CFC yang digunakan sebagai refrigeran pada alat pendingin yang keluar ke lingkungan. menurut Molina dan Rowland (1974), satu atom chlorine aja dapat merusak ribuan molekul ozon. ini yang bikin bolong lapisan ozon di atas antartika. Schrope (2000) menyebutkan dengan adanya upaya penggantian CFC diharapkan dapat menjadikan lapisan ozon kembali ke normal pada 2050.

semut-ireng

Lapisan ozon di stratosfer termasuk ozon ' baik ',  karena dia berfungsi melindungi bumi dari overexposure UV.   Tapi ozon yang berada dekat permukaan bumi mungkin berbahaya,  dan termasuk ozon ' jahat ',  mereka ini bisa terbawa aliran udara / angin dan menyebar dari satu wilayah dunia ke wilayah dunia lainnya.   Contohnya,  meningkatnya level ozon di Amerika Utara tiap musim semi konon kabarnya berasal dari ozon yang terbentuk di Asia Timur khususnya Cina ..........

Suatu saat di salah  satu kota di Amerika  pernah diberikan warning,  warga kota agar tidak keluar rumah selama sekian hari,  karena ozon diketahui berada dalam level yang membahayakan bagi kesehatan,  dan sudah banyak pasien yang rawat inap di rumah sakit karena flu ........................ ::)

Farabi

Mungkin terbentuknya ozone ada kaitannya dengan sinar matahari, maksudnya, air terurai menjadi oksigen, oksigen yang bergabung di udara paling atas dihajar sinar sampai yang terikat hanya okigen dengen oksigen, karena udara itu dengan gravitasi kecenderungannya naik keatas loh, contohnya asap rokok. Mungkin saja di lapisan atmosfer terluar isinya oksigen semua karena paling ringan. Ada yang bisa koreksi?
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

mhyworld

once we have eternity, everything else can wait

syx

Kutip dari: Farabi pada Januari 14, 2012, 06:42:09 AM
Mungkin terbentuknya ozone ada kaitannya dengan sinar matahari, maksudnya, air terurai menjadi oksigen, ...
apa yang mengurai air menjadi oksigen? yang pasti bukan sinar matahari yang melakukannya. tugas itu dilakukan oleh tumbuhan, pada kondisi awal, pelakunya adalah cyanobacteria. emisi sinar matahari hanya mengkatalisis pembentukan ozone melalui mekanisme chapman:
O2 + UV (<242 nm) --> O + O
2O2 + 2O --> 2O3

semut-ireng

Mungkin belum banyak diketahui,  bahwa dalam tubuh kita ada mekanisme yang mengubah oksigen menjadi ozon.  :)   

didi dom din cer

asal dijawab nih ! :

ozon itu sudah terbuat sendiri jika kita teorinya  dari asal usul bumi itu sendiri
 
Pada tahun 1940, C.Von Weizsaecker, seorang ahli astronomi Jerman mengemukakan tata surya pada mulanya terdiri atas matahari yang dikelilingi oleh massa kabut gas. Sebagian besar massa kabut gas ini terdiri atas unsur ringan, yaitu hidrogen dan helium. Karena panas matahari yang sangat tinggi, maka unsur ringan tersebut menguap ke angkasa tata surya, sedangkan unsur yang lebih berat tertinggal dan menggumpal.Gumpalan ini akan menarik unsur - unsur lain yang ada di angkasa tata surya dan selanjutnya berevolusi membentuk palnet - planet, termasuk Bumi.

kesimpulan nya sama dengan proses kelahiran bayi  http://www.youtube.com/watch?v=dGJgt-nDuJU
sulit ya ... ngejelasin nya singkat nya  : ketika   Allah menciptan 2 unsur yang menyatu(gumpalan awan hitam dan debu) ,lama kelamaan terjadi unsur  baru ( ketika terjadi gesekan antara 2 unsur tsb kengakibat kan terjadinya gumpalan yang sangat  panas ) ,gumpalan panas itu terus berputardan mencari cari sesuatu yang dingin dengan izin allah dingin pun diciptakan  ,jika sudah bertemu akan menjadi dataran dan lautan .( di ibarat kan seperti embiro akan tumbuh daging dan tulang). jika panas dan dingin terus menyatu disinilah Allah memunculkan  unsur kehidupan muncul ,akan air , tanah , dan penciptaan lapisan lapisan atmosfer gunung dan dengan izin Allah tanaman diciptakan beserta dilengkapi mahluk hidup.

nah dimanakah ozon  tersebut? pastinya dilapisan atmosfer  .salah nya kenapa di abat ini aja ya... terjadi ozon itu bolong
padahal umur bumi itu sudah sampai ratusan juta yaa .ini pasti salah manusia katanya  CO2 semakin banyak dibumi kita ini
saya mempunyai kesimpulan bahwa  menutupi lobang ozon itu dikarenakan letusan gunung berapi .hanya gas CO2 lebih banyak dari ozon .
Atmosfer tersusun oleh:

    * Nitrogen (N_2, 78 \%)
    * Oksigen (O_2, 21 \%)
    * Argon (Ar, 1 \%)
    * Air (H_2O, 0-7 \%)
    * Ozon (O, 0-0.01 \%)
    * Karbondioksida (CO_2, 0.01-0.1 \%

yah... aku dapat dari sini :     [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
jadi mari sama- sama kita menciptakan alat - alat yang ramah lingkungan .berhubung minyak bumisemakin habis, mari kita ciptakan energi baru yang ramah lingkungan.  ;D

syx

Kutip dari: didi dom din cer pada Januari 17, 2012, 11:36:03 PM
salah nya kenapa di abat ini aja ya... terjadi ozon itu bolong padahal umur bumi itu sudah sampai ratusan juta yaa .ini pasti salah manusia katanya  CO2 semakin banyak dibumi kita ini saya mempunyai kesimpulan bahwa  menutupi lobang ozon itu dikarenakan letusan gunung berapi .hanya gas CO2 lebih banyak dari ozon .
alam memiliki kesetimbangan dalam menjaga ozone. setiap waktu ozone dibentuk, setiap waktu pula terjadi peruraian. namun keseimbangan ini dirusak oleh aktivitas manusia, sehingga laju peruraian lebih cepat dari waktu pembentukan. bahan yang paling banyak andilnya dalam perusakan ozone adalah CFC dari refrigerant. ada penelitian yang menyebutkan bahwa satu atom chlorine saja bisa merusak ribuan molekul ozone. Schrope menyebutkan bahwa dengan keputusan penggantian CFC secara global lapisan ozone bisa kembali normal di 2050.