Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juli 03, 2022, 12:56:45 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 75
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 49
Total: 49

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

oli bekas jadi solar, mungkinkah?

Dimulai oleh fitrie, Agustus 26, 2008, 04:57:35 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

fitrie

dear all....
aku pernah baca ttg pemanfaatan pelumas bekas menjadi solar melalui proses adsorpsi dan distilasi.
disana dikatakan bahwa pelumas bekas dengan bahan dasar hydrokarbon (seperti pelumas bukan sintetik) dapat diubah kembali (re-refining) utk menjadi minyak mentah kembali, kemudian dijadikan minyak solar. tentunya setelah menyerapan kontaminan dengan mengadsorpsinya dengan menggunakan lempung aktif.

kira2 apa bisa ya?
semua itu hanya karena kasih dan sayang...........tidakkah engkau pahami itu.........

dopamine

ada literature komplitnya? misalnya dari source mana lo baca ini.
btw..
bisa jadi alternatif energi?

fitrie

kalo aku si bacanya disini

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

apa iya bisa ya  ::) ::) ::) ::)
energi alternatif? boleh juga nih
semua itu hanya karena kasih dan sayang...........tidakkah engkau pahami itu.........

reborn

wah, panjang amat bacaannya nih. ntar deh, baca2 dulu.
setidaknya lebih bermanfaat dibanding oli bekas buat minyak goreng ya ;D

dopamine

kita butuh energi alternatif yang besar. gw tunggu masa-masa nanoteknologi...

fitrie

Kutip dari: dopamine pada Agustus 26, 2008, 11:47:43 PM
kita butuh energi alternatif yang besar. gw tunggu masa-masa nanoteknologi...

kalo emang itu bisa dilakukan, paling enggak kita bisa berhemat donkkk  :D :D :D :D :D :D

Kutip dari: reborn pada Agustus 26, 2008, 09:04:11 PM
wah, panjang amat bacaannya nih. ntar deh, baca2 dulu.
setidaknya lebih bermanfaat dibanding oli bekas buat minyak goreng ya ;D

jangan serius amat bacanya ya...
ntar stress lage, "gara2 link yang dikasi fitri nih. gw jadi stresss"
khan fitri jadi gak enakkk   :D :D :D :D :D :D :D :D :D
semua itu hanya karena kasih dan sayang...........tidakkah engkau pahami itu.........

dopamine

mba fitrie kayaknya doyan kimia ya? atau fisika terapan, bidangnya apa mba? metalurgi?

kalo tertarik ama teknologi nano udah baca artikelnya?
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

fitrie

makasi linknya ya :) :) :) :)

tapi belum sempet baca  ;D ;D ;D ;D ;D
semua itu hanya karena kasih dan sayang...........tidakkah engkau pahami itu.........