Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Kimia => Topik dimulai oleh: fitrie pada Agustus 27, 2008, 07:57:35 AM

Judul: oli bekas jadi solar, mungkinkah?
Ditulis oleh: fitrie pada Agustus 27, 2008, 07:57:35 AM
dear all....
aku pernah baca ttg pemanfaatan pelumas bekas menjadi solar melalui proses adsorpsi dan distilasi.
disana dikatakan bahwa pelumas bekas dengan bahan dasar hydrokarbon (seperti pelumas bukan sintetik) dapat diubah kembali (re-refining) utk menjadi minyak mentah kembali, kemudian dijadikan minyak solar. tentunya setelah menyerapan kontaminan dengan mengadsorpsinya dengan menggunakan lempung aktif.

kira2 apa bisa ya?
Judul: Re: oli bekas jadi solar, mungkinkah?
Ditulis oleh: dopamine pada Agustus 27, 2008, 09:36:35 AM
ada literature komplitnya? misalnya dari source mana lo baca ini.
btw..
bisa jadi alternatif energi?
Judul: Re: oli bekas jadi solar, mungkinkah?
Ditulis oleh: fitrie pada Agustus 27, 2008, 10:39:10 AM
kalo aku si bacanya disini

http://apriphysics.blogspot.com/2008/03/pemanfaatan-oli-bekas-sebagai-bahan.html

apa iya bisa ya  ::) ::) ::) ::)
energi alternatif? boleh juga nih
Judul: Re: oli bekas jadi solar, mungkinkah?
Ditulis oleh: reborn pada Agustus 27, 2008, 12:04:11 PM
wah, panjang amat bacaannya nih. ntar deh, baca2 dulu.
setidaknya lebih bermanfaat dibanding oli bekas buat minyak goreng ya ;D
Judul: Re: oli bekas jadi solar, mungkinkah?
Ditulis oleh: dopamine pada Agustus 27, 2008, 02:47:43 PM
kita butuh energi alternatif yang besar. gw tunggu masa-masa nanoteknologi...
Judul: Re: oli bekas jadi solar, mungkinkah?
Ditulis oleh: fitrie pada Agustus 27, 2008, 05:44:13 PM
kita butuh energi alternatif yang besar. gw tunggu masa-masa nanoteknologi...

kalo emang itu bisa dilakukan, paling enggak kita bisa berhemat donkkk  :D :D :D :D :D :D

wah, panjang amat bacaannya nih. ntar deh, baca2 dulu.
setidaknya lebih bermanfaat dibanding oli bekas buat minyak goreng ya ;D

jangan serius amat bacanya ya...
ntar stress lage, "gara2 link yang dikasi fitri nih. gw jadi stresss"
khan fitri jadi gak enakkk   :D :D :D :D :D :D :D :D :D
Judul: Re: oli bekas jadi solar, mungkinkah?
Ditulis oleh: dopamine pada Agustus 28, 2008, 01:26:07 AM
mba fitrie kayaknya doyan kimia ya? atau fisika terapan, bidangnya apa mba? metalurgi?

kalo tertarik ama teknologi nano udah baca artikelnya?
http://en.wikipedia.org/wiki/Nanotechnology
Judul: Re: oli bekas jadi solar, mungkinkah?
Ditulis oleh: fitrie pada Agustus 28, 2008, 09:42:06 AM
makasi linknya ya :) :) :) :)

tapi belum sempet baca  ;D ;D ;D ;D ;D