Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Januari 18, 2022, 06:10:12 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 45
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 20
Total: 20

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Yang Berbahaya di Lingkungan Kita  (Dibaca 17946 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Yang Berbahaya di Lingkungan Kita
« Jawab #15 pada: Agustus 03, 2008, 02:14:06 AM »
1. BEKAS BOTOL PLASTIK

Mungkin sebagian dari kita mempunyai kebiasaan memakai dan memakai ulang botol plastik (Aqua, VIT , etc) dan menaruhnya di mobil atau di kantor. Kebiasaan ini tidak baik, karena bahan plastik botol (disebut juga sebagai polyethylene terephthalate or PET) yang dipakai di botol2 ini mengandung zat2 karsinogen (atau DEHA). Botol ini aman untuk dipakai 1-2 kali saja, jika anda ingin memakainya lebih lama, tidak boleh lebih dari seminggu, dan harus ditaruh ditempat yang jauh dari matahari. Kebiasaan mencuci ulang dapat membuat lapisan plastik rusak dan zat karsinogen itu bisa masuk ke air yang kita minum. Lebih baik membeli botol air yang memang untuk dipakai ber-ulang2, jangan memakai botol plastik.
pernyataan International Bottled Water Association (IBWA):
"DEHA is neither regulated nor classified as a human carcinogen. Further, DEHA is not inherent in PET plastic as raw material, byproduct or decomposition product. DEHA has been cleared by FDA for food contact applications and would not pose a health risk even if present. DEHA is a common plasticizer used in many plastic items, many of which are found in the lab setting. For this reason, the student's detection (see comment above) is likely to have been the result of inadvertent lab contamination."

jadi kalo pun produsen air dalam kemasan tidak merekomendasikan penggunakan kembali botol bekas lebih terkait pada tingkat kebersihannya, bisa jamin tercuci bersih ato tidak. jika tidak dicuci dan dikeringkan dengan benar maka ada kemungkinan terjadi kontaminasi mikroorganisme.

lebih jauh bisa dibaca di:
Snopes.com: Bottle Royale
Break the Chain: Don't Use, Recycle

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Yang Berbahaya di Lingkungan Kita
« Jawab #16 pada: Agustus 03, 2008, 06:30:44 AM »
@syx
Dengan tulisan itu berarti jelas point 1 salah ya. DEHA bukan termasuk karsinogen.
Eh, tapi itu pernyataan International Bottled Water Association (IBWA), hehehe.... kurang netral nih keknya :P

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Yang Berbahaya di Lingkungan Kita
« Jawab #17 pada: Agustus 04, 2008, 10:24:11 PM »
ini yg resmi dari FDA: Plastics and the Microwave. sedikit kutipan dari artikel tersebut:

One chemical called diethylhexyl adipate (DEHA) has received a lot of media attention. DEHA is a plasticizer, a substance added to some plastics to make them flexible. DEHA exposure may occur when eating certain foods wrapped in plastics, especially fatty foods such as meat and cheese. But the levels are very low. The levels of the plasticizer that might be consumed as a result of plastic film use are well below the levels showing no toxic effect in animal studies.
Other claims have asserted that plastics contain dioxins, a group of contaminants labeled as a "likely human carcinogen" by the Environmental Protection Agency. "The FDA has seen no evidence that plastic containers or films contain dioxins and knows of no reason why they would," Machuga says.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Yang Berbahaya di Lingkungan Kita
« Jawab #18 pada: Agustus 04, 2008, 11:05:35 PM »
2 . PENGGEMAR SATE

Kalau Anda makan sate, jangan lupa makan timun setelahnya. Karena ketika kita makan sate sebetulnya ikut juga karbon dari hasil
pembakaran arang yang dapat menyebabkan kanker. Untuk itu kita punya obatnya yaitu timun yang disarankan untuk dimakan setelah makan sate. Karena sate mempunyai zat Karsinogen (penyebab kanker) tetapi timun ternyata punya anti Karsinogen. Jadi jangan lupa makan timun setelah makan sate.
zat karsinogen yang dimaksud adalah benzo[a]pyrene. bahan lainnya polycyclic aromatic hydrocarbons (PAHs) dan heterocyclic amines (HCAs). PAHs berasal dari asap pembakaran yg tidak sempurna, jadi kalo kita ngerasain aroma asap dalam makanan bisa jadi bahan ini ada di dalamnya. HCAs dihasilkan dari reaksi kimia antara daging dan pemanasan suhu tinggi atau dalam waktu lama. kita ga bisa menghindari bahan ini dari pembakaran sate atau bbq, tapi kita bisa membatasi dengan tidak membakarnya sampe item gosong. untuk menghindari pembakaran terlalu lama juga bisa dengan mengiris dagingnya tipis-tipis untuk menjamin daging cepat matang sempurna.


benzopyrene

sumber:
Barbeque Carcinogens
Ask the Expert: The Danger of Barbecued Meat

Offline insan sains

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Insan Sains
Re: Yang Berbahaya di Lingkungan Kita
« Jawab #19 pada: Agustus 05, 2008, 08:55:11 AM »
@Syx
wah... saya doyan banget sama sate tuh. Tapi ribet dong kalo sama si tukangnya harus bilang "bang, tipisin dulu dong dagingnya biar cepet matang dan gak harus dibakar sampe gosong!". Ada solusi lain gak? Kalo dibakar (dimatangkan) secara elektrik bisa gak?
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Yang Berbahaya di Lingkungan Kita
« Jawab #20 pada: Agustus 06, 2008, 10:28:39 PM »
biasanya kalo sate kan udah tipis... tinggal bilang aja 'Pak, jangan sampe gosong ya...'
ga tau entar gimana respon tukang satenya...

Offline tj_david

  • Bebas tak terbatas
  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 38
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
Re: Yang Berbahaya di Lingkungan Kita
« Jawab #21 pada: Agustus 14, 2008, 05:08:52 AM »
Wah kalo satenya tipis-tipis, rugi donk ;D
Bilang aja pak daging satenya tipis aja tapi didouble ya ;D

Wah biar aman kayaknya minum pake kendi aja ya?

Mie...
denger-denger sih bahayanya dari lapisan lilin di mienya, bukan plastiknya. makanya kalo makan mie instan mentah, perutku agak mules gitu
Wkwkwkwk
Tanda tangan

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Yang Berbahaya di Lingkungan Kita
« Jawab #22 pada: Agustus 14, 2008, 05:10:10 AM »
lapisan lilin dari mana?

Offline Melnick

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 381
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Melnick
Re: Yang Berbahaya di Lingkungan Kita
« Jawab #23 pada: Agustus 14, 2008, 08:10:32 AM »
itu yang ngelapisin mie mungkin.. supaya ga menempel satu sama lain waktu dimasak..  ::)
“Crystals are like people, it is the defects in them which tend to make them interesting!” -Colin Humphreys.

@melissaniken ;D

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Yang Berbahaya di Lingkungan Kita
« Jawab #24 pada: Agustus 15, 2008, 02:32:27 AM »
bukannya pake tepung aja?

Offline Melnick

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 381
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Melnick
Re: Yang Berbahaya di Lingkungan Kita
« Jawab #25 pada: Agustus 15, 2008, 08:01:27 AM »
mie instan maksudnya (kayaknya) ::)

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Yang Berbahaya di Lingkungan Kita
« Jawab #26 pada: Agustus 15, 2008, 11:05:20 PM »
beneran ga yakin kalo mi instan tuh pake lilin ato semacamnya... baik buat cegah lengket ato pun bikin kaku.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
28 Jawaban
33436 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 05, 2010, 06:05:36 AM
oleh goe
0 Jawaban
2272 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 16, 2009, 12:00:54 AM
oleh raisuien
1 Jawaban
3632 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 25, 2011, 10:01:52 PM
oleh syx
4 Jawaban
10267 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 28, 2011, 01:42:49 AM
oleh 12
0 Jawaban
2195 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 17, 2011, 01:48:37 AM
oleh Chanz99