Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 09, 2021, 05:01:01 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 32
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 23
Total: 23

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: oli bekas jadi solar, mungkinkah?  (Dibaca 12449 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline fitrie

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 145
  • IQ: 36
  • Gender: Wanita
  • semua itu hanya karena kasih dan sayang...........
oli bekas jadi solar, mungkinkah?
« pada: Agustus 27, 2008, 07:57:35 AM »
dear all....
aku pernah baca ttg pemanfaatan pelumas bekas menjadi solar melalui proses adsorpsi dan distilasi.
disana dikatakan bahwa pelumas bekas dengan bahan dasar hydrokarbon (seperti pelumas bukan sintetik) dapat diubah kembali (re-refining) utk menjadi minyak mentah kembali, kemudian dijadikan minyak solar. tentunya setelah menyerapan kontaminan dengan mengadsorpsinya dengan menggunakan lempung aktif.

kira2 apa bisa ya?
semua itu hanya karena kasih dan sayang...........tidakkah engkau pahami itu.........

Offline dopamine

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 29
  • IQ: 29
Re: oli bekas jadi solar, mungkinkah?
« Jawab #1 pada: Agustus 27, 2008, 09:36:35 AM »
ada literature komplitnya? misalnya dari source mana lo baca ini.
btw..
bisa jadi alternatif energi?

Offline fitrie

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 145
  • IQ: 36
  • Gender: Wanita
  • semua itu hanya karena kasih dan sayang...........
Re: oli bekas jadi solar, mungkinkah?
« Jawab #2 pada: Agustus 27, 2008, 10:39:10 AM »
kalo aku si bacanya disini

http://apriphysics.blogspot.com/2008/03/pemanfaatan-oli-bekas-sebagai-bahan.html

apa iya bisa ya  ::) ::) ::) ::)
energi alternatif? boleh juga nih

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: oli bekas jadi solar, mungkinkah?
« Jawab #3 pada: Agustus 27, 2008, 12:04:11 PM »
wah, panjang amat bacaannya nih. ntar deh, baca2 dulu.
setidaknya lebih bermanfaat dibanding oli bekas buat minyak goreng ya ;D

Offline dopamine

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 29
  • IQ: 29
Re: oli bekas jadi solar, mungkinkah?
« Jawab #4 pada: Agustus 27, 2008, 02:47:43 PM »
kita butuh energi alternatif yang besar. gw tunggu masa-masa nanoteknologi...

Offline fitrie

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 145
  • IQ: 36
  • Gender: Wanita
  • semua itu hanya karena kasih dan sayang...........
Re: oli bekas jadi solar, mungkinkah?
« Jawab #5 pada: Agustus 27, 2008, 05:44:13 PM »
kita butuh energi alternatif yang besar. gw tunggu masa-masa nanoteknologi...

kalo emang itu bisa dilakukan, paling enggak kita bisa berhemat donkkk  :D :D :D :D :D :D

wah, panjang amat bacaannya nih. ntar deh, baca2 dulu.
setidaknya lebih bermanfaat dibanding oli bekas buat minyak goreng ya ;D

jangan serius amat bacanya ya...
ntar stress lage, "gara2 link yang dikasi fitri nih. gw jadi stresss"
khan fitri jadi gak enakkk   :D :D :D :D :D :D :D :D :D

Offline dopamine

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 29
  • IQ: 29
Re: oli bekas jadi solar, mungkinkah?
« Jawab #6 pada: Agustus 28, 2008, 01:26:07 AM »
mba fitrie kayaknya doyan kimia ya? atau fisika terapan, bidangnya apa mba? metalurgi?

kalo tertarik ama teknologi nano udah baca artikelnya?
http://en.wikipedia.org/wiki/Nanotechnology

Offline fitrie

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 145
  • IQ: 36
  • Gender: Wanita
  • semua itu hanya karena kasih dan sayang...........
Re: oli bekas jadi solar, mungkinkah?
« Jawab #7 pada: Agustus 28, 2008, 09:42:06 AM »
makasi linknya ya :) :) :) :)

tapi belum sempet baca  ;D ;D ;D ;D ;D

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
3 Jawaban
11255 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 31, 2009, 01:17:01 PM
oleh Hendy wijaya, MD
75 Jawaban
40582 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 18, 2009, 11:05:37 AM
oleh loser1942
17 Jawaban
29774 Dilihat
Tulisan terakhir November 22, 2011, 08:41:22 AM
oleh denha81
0 Jawaban
3251 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 01, 2011, 05:38:59 AM
oleh azzkirananta
4 Jawaban
4925 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 28, 2011, 05:23:28 AM
oleh Mr.Smiley