Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Oktober 01, 2022, 05:36:59 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 50
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 36
Total: 36

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Pasir menjadi Air

Dimulai oleh Farabi, April 16, 2010, 02:14:03 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Farabi

Konon kata temen saya, salah satu unsur dari pasir itu adalah h2o, jadi kalau pasir di panaskan sampai pada suhu tertentu, molekul pembentuk dasarnya akan kembali ke unsur utamanya yaitu air, tapi membutuhkan suhu yang sangat tinggi. Jadi, pertama pasir dipanaskan akan menghasilkan uap, terus uapnya itu yang bisa dijadikan air. Katanya sih, entah saya salah tangkap.

Trus air laut kan asin? Tapi kenapa setelah jadi hujan tidak asin lagi ya?
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

sisca, chemistry

yg menguap itu airnya...
larutan garam menguap dikit aja...
inget.. masssa molekulnya beda loo..
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Takagi Fujimaru

Ia, betul tuh sisca. Yang menguap cuman airnya doank. Tapi seingatq, garamnya ga menguap deh? Kalopun ada hujan asam, itu disebabkan unsur lain kan?
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

sisca, chemistry

iye. bisa bisa.. unsur laen...
kyk SO2..
NO..
CO2....
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Farabi

Berarti dengan modal sinar matahari, dan mungkin plastik bisa dihasilkan air tawar dari air laut ya?
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Takagi Fujimaru

Bisa juga sih, tapi efisiensinya kurang! Mungkin kalau pakai cermin cekung raksasa/ lensa cembung raksasa sinar matahari bisa lebih panas... (Baca: kompor uap)
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Farabi

Uap air bisa menembus plastik tidak?
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

nandaz

Kutip dari: Farabi pada April 16, 2010, 02:14:03 PM
Konon kata temen saya, salah satu unsur dari pasir itu adalah h2o, jadi kalau pasir di panaskan sampai pada suhu tertentu, molekul pembentuk dasarnya akan kembali ke unsur utamanya yaitu air, tapi membutuhkan suhu yang sangat tinggi. Jadi, pertama pasir dipanaskan akan menghasilkan uap, terus uapnya itu yang bisa dijadikan air. Katanya sih, entah saya salah tangkap.

Trus air laut kan asin? Tapi kenapa setelah jadi hujan tidak asin lagi ya?
ngga ada unsur yang namanya h2o ...tuh? temen kamu penemunya ya?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Farabi

Kutip dari: nandaz pada April 18, 2010, 05:40:57 PM
Kutip dari: Farabi pada April 16, 2010, 02:14:03 PM
Konon kata temen saya, salah satu unsur dari pasir itu adalah h2o, jadi kalau pasir di panaskan sampai pada suhu tertentu, molekul pembentuk dasarnya akan kembali ke unsur utamanya yaitu air, tapi membutuhkan suhu yang sangat tinggi. Jadi, pertama pasir dipanaskan akan menghasilkan uap, terus uapnya itu yang bisa dijadikan air. Katanya sih, entah saya salah tangkap.

Trus air laut kan asin? Tapi kenapa setelah jadi hujan tidak asin lagi ya?
ngga ada unsur yang namanya h2o ...tuh? temen kamu penemunya ya?

Sori salah, mungkin saya salah tangkep, maklum newbie nih :D
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

eirdnehl

Kutip dari: nandaz pada April 18, 2010, 05:40:57 PM
Kutip dari: Farabi pada April 16, 2010, 02:14:03 PM
Konon kata temen saya, salah satu unsur dari pasir itu adalah h2o, jadi kalau pasir di panaskan sampai pada suhu tertentu, molekul pembentuk dasarnya akan kembali ke unsur utamanya yaitu air, tapi membutuhkan suhu yang sangat tinggi. Jadi, pertama pasir dipanaskan akan menghasilkan uap, terus uapnya itu yang bisa dijadikan air. Katanya sih, entah saya salah tangkap.

Trus air laut kan asin? Tapi kenapa setelah jadi hujan tidak asin lagi ya?
ngga ada unsur yang namanya h2o ...tuh? temen kamu penemunya ya?

Hehehe, maksudnya H2O itu senyawa, bukan unsur...

Btw, mungkin maksud temennya Farabi, salah satu kandungan pasir itu H2O (air) sekian persen...
Kalau gitu sih, sebagian besar benda di dunia ini juga punya kandungan air...
Dan kalau mau menghasilkan air dari hasil penguapan (misal: menguapkan kandungan air dari suatu bahan atau air laut menjadi air tawar), itu sangat memungkinkan, tapi energi panas yang dibutuhkan untuk menguapkan air tersebut sangat besar sehingga tidak efisien...

nandaz

ya..begitulah, dipasir itu juga terkandung hidrat...
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl