Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juni 27, 2022, 09:41:22 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 85
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 41
Total: 41

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Pembodohan oleh iklan

Dimulai oleh paladin-x, Mei 16, 2009, 08:45:25 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

syx

mengenai kandungan... kalo emang air murni dan oksigen ya emang lainnya 0. jadi sesuai aja. cuma persyaratan dalam pendaftaran makanan dalam label musti ngasi tabel akg gitu.
yg cukup menggelitik adalah pernyataan kandungan ozone dalam minuman tersebut. ozone adalah oksidator yang sangat kuat hingga bisa digunakan untuk membunuh mikroorganisme dalam air. namun ozone ini ga boleh ada dalam air minum karena berbahaya banget bagi tubuh. karena itu sebelum masuk ke kemasan biasanya ozone dirusak dulu, biasanya dengan uv. jadi, kalo emang ada ozone dalam proses maka kemungkinan besar zat tersebut sudah dirusak hingga tidak terdeteksi lagi sebagai ozone. kalo emang ozone masih ada maka minuman tersebut bisa dikategorikan berbahaya. tapi kemungkinan besar yang pertama yg bener. entah kenapa BPOM ngasi registrasi untuk produk ini meski pencantuman komposisinya rada aneh.

nandaz

...dalam air minum memang ngga ada ozone, karena itu juga merupakan racun sih, tapi , pada pengolahan airnya memang ada yang disebut ozonasi....nah, ozonisasi itu sendiri maksudnya penyaringan dengan jalan menguapkan air sehingga junk2 mineral yang masih melekat dalam air menjadi hilang.

bedanya di kandungannya deh, kalo yang udah diozonisasi airnya bener2 air murni tanpa ada kandungan apa2 lagi sedangkan misalnya air pam masih mengandung sisa-sisa mineral mati (junk) yang belum dapat dibersihkan...jadi memang bukan ozone yang ada dalam air itu...
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

paladin-x

Kutip dari: nandaz pada Mei 21, 2009, 10:39:46 AM
...dalam air minum memang ngga ada ozone, karena itu juga merupakan racun sih, tapi , pada pengolahan airnya memang ada yang disebut ozonasi....nah, ozonisasi itu sendiri maksudnya penyaringan dengan jalan menguapkan air sehingga junk2 mineral yang masih melekat dalam air menjadi hilang.

bedanya di kandungannya deh, kalo yang udah diozonisasi airnya bener2 air murni tanpa ada kandungan apa2 lagi sedangkan misalnya air pam masih mengandung sisa-sisa mineral mati (junk) yang belum dapat dibersihkan...jadi memang bukan ozone yang ada dalam air itu...
sepengetahuan saya ozonisasi adalah metode untuk membunuh mikroba, selain dengan melarutkan gas klor ke dalam air.
kalo metode dengan jalan menguapkan kemudian diembunkan lagi itu mungkin destilasi.

soni sascori

NAMA PRODUK NYA LUCU YA???

AIR AKTIF BEROKSIGEN
emang ada ya air tidak ber oksigen??? trus jadi rumus kimianya apa?? bukan H2O donk???
hahahahha
n_COn

syx

Kutip dari: nandaz pada Mei 21, 2009, 10:39:46 AM
...dalam air minum memang ngga ada ozone, karena itu juga merupakan racun sih, tapi , pada pengolahan airnya memang ada yang disebut ozonasi....nah, ozonisasi itu sendiri maksudnya penyaringan dengan jalan menguapkan air sehingga junk2 mineral yang masih melekat dalam air menjadi hilang.
om nandaz, ozonisasi bukan sistem filtrasi. seperti udah disebut ama paladin, ozon ini untuk pembantaian mikroorganisme. dalam sistem pengolahan air murni biasanya ada proses sterilisasi ini. tapi seterusnya ozon ini ga boleh sampe lepas dari air karena sifat oksidator kuatnya sangat berbahaya. karena itu air yang telah diberi ozon disinari dengan sinar uv untuk merusak ozonnya menjadi oksigen.

marshall

fakta dari produk :

tidak ada kandungan lain selain " actived water, ozone, oxygen." didalam air kemasan tersebut.

padahal,
-air + ozone = berbahaya
-oxygen memang merupakan bagian dari air.

.'. isi dari air kemasan tersebut adalah...air..iya, hanya air biasa..?! (yang kemudian jadi berbahaya karena di masukin ozone?)

oh s**t damn, trus koq masih bisa dapet izin dari BPOM..??

eh, actived water tuh maksudnya apa yah..?;D
".............

nandaz

...sungguh, begitu ya...tapi, sama2 bertujuan membunuh kuman dan organik(junk)yang buruk bukan...
Kutip dari: paladin-x pada Mei 21, 2009, 03:52:06 PM
melarutkan gas klor ke dalam air.

jadi inget, ama kolam renang yang airnya juga dilarutkan klor, agar penyakit kulit orang lain yang berenang ngga berpindah-pindah...sama2 tujuannya bukan...i can see
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Nabih

Mmang rata-rata produk yang ada itu bisa

Btw air minum RO itu apa ya???

Mars

Kutip dari: marshall pada Mei 23, 2009, 11:37:29 AM
fakta dari produk :
padahal,
-air + ozone = berbahaya
-oxygen memang merupakan bagian dari air.
kenapa berbajhaya ??? bukannya dalm air isi ulang juga mengalami proses ozonisasi untuk membersihkan bakteri yang ada di air ?
::)

ksatriabajuhitam

Kutip dari: paladin-x pada Mei 16, 2009, 08:45:25 PM
...
Apakah fakta seperti itu bisa dikatakan sebagai pembodohan? Sebab dapat menimbulkan persepsi kalo bahan kimia itu pasti berbahaya.
senasib dengan nuklir dalam fisika
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

marshall

Kutip dari: Mars pada Mei 31, 2009, 07:05:07 PM
kenapa berbajhaya ??? bukannya dalm air isi ulang juga mengalami proses ozonisasi untuk membersihkan bakteri yang ada di air ?
::)

yang dimaksud di situ, air kemasan itu memang mencantumkan ozone sebagai komposisi dalam air mineral tersebut. bukan ozonisasi
(simak komen nya syx)
".............

syx

Kutip dari: Nabih pada Mei 30, 2009, 11:44:30 PM
Btw air minum RO itu apa ya???
RO adalah nama proses pemurniannya, yaitu reverse osmose. air ditekan dan dipaksa melalui membran semipermeabel yang memungkinkan airnya lewat tapi zat terlarutnya tertinggal.

clarasy

Kutip dari: paladin-x pada Mei 16, 2009, 08:45:25 PM
saya pernah/sering dengar iklan yang mengatakan produk "X" aman/tidak berbahaya karena tidak mengandung bahan kimia. Terus ada produk yang menuliskan TANPA BAHAN KIMIA (lanjutannya Mengandung banyak vitamin c dan vitamin lainnya). Pertanyaan saya emang produk-produk tersebut tersbuat dari apa kok tanpa bahan kimia? emangnya vitamin c bukan bahan kimia?

Apakah fakta seperti itu bisa dikatakan sebagai pembodohan? Sebab dapat menimbulkan persepsi kalo bahan kimia itu pasti berbahaya.

kalau menurut ku iklan bukanlah upaya pembodohan. Yang dimaksud "tidak mengandung bahan kimia" disini lebih kepada bahan kimia yang berbahaya. Vit. C memang kimia mungkin...tapi tidak berbahaya. dikonsumsi dengan jumlah yang disarankan justru sangat baik untuk kesehatan.

bahan kimia yang di maksud itu intinya ya..bahan kimia yang berbahaya, yang merusak kesehatan seperti mercuri, bahan2 yang dapat merusak fungsi kerja otak dll.....

kalau bahan kimia berbahayanya disebut semua iklannya jadi kepanjangan dg....jadi kl di bilang "tidak mengandung bahan kimia" orang juga udah tau berarti tidak berbahaya....

bagaimana?

marshall

ya kan tinggal bilang "tidak mengandung bahan kimia berbahaya.." simple khan..?!
;D
".............

Nabih

Kutip dari: marshall pada Juni 03, 2009, 08:16:24 PM
ya kan tinggal bilang "tidak mengandung bahan kimia berbahaya.." simple khan..?!
;D

Tapi kalau mengandung bahan kimia "setengah berbahaya" sama saja