Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

September 20, 2021, 12:35:31 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139666
  • Total Topik: 10406
  • Online Today: 53
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 41
Total: 41

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: perubahan wujud  (Dibaca 7422 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline hawari

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 57
  • IQ: 30
perubahan wujud
« pada: April 22, 2010, 06:06:55 AM »
perubahan wujud kan ada dua kimia n fisika. btw klo yang kimia banyak banget contohnya. aku sedikit bingung dengan contoh yang erubahan secara fisika. yang masih ktm ya perubahan wujud air. yang lain contohnya apa yan selain itu????

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: perubahan wujud
« Jawab #1 pada: April 22, 2010, 08:19:17 AM »
Banyak! Contohnya lilin, kapur barus, dll...
Yah, pokoknya yang bisa mencair, menguap, menyublim, menghablur, membeku, dll...
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: perubahan wujud
« Jawab #2 pada: April 22, 2010, 10:06:22 AM »
...pada kimia terjadi perubahan struktur molekul atau atomnya, sedangkan pada perubahan penampilan fisis lebih ke fisika(soalnya hal itu bisa dijawab secara fisika)...semula aku ragu dengan lilin, bisa dikatakan fisika tetapi bila dilihat secara kimia itu pembakaran hidrokarbon....
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: perubahan wujud
« Jawab #3 pada: April 22, 2010, 12:14:44 PM »
Bukan itu maksudq... Lilin yang dipanaskan, bukan dibakar!

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: perubahan wujud
« Jawab #4 pada: April 23, 2010, 04:40:41 AM »
oh, dipanesin...tulis yang jelas dong, takagi.....jadi menjelaskan kejadian wujud padat ke cair, bukan...

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: perubahan wujud
« Jawab #5 pada: April 23, 2010, 06:26:47 AM »
Yupz! Maaf2... hihihi... Yah, seperti es yang mencair. Lilin jika dipanaskan juga akan mencair kan?

Offline hawari

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 57
  • IQ: 30
Re: perubahan wujud
« Jawab #6 pada: April 24, 2010, 01:16:17 AM »
meleleh kali yang lilin???

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: perubahan wujud
« Jawab #7 pada: April 24, 2010, 03:43:16 AM »
Ah, secara teori sama saja. Meleleh, mencair, atau apa lah. Intinya perubahan wujud pada menjadi cair.

Offline Christyo

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 24
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
Re: perubahan wujud
« Jawab #8 pada: Mei 01, 2010, 04:51:40 AM »
perubahan fisika yang jelas sih kalau di rubah dari bentuk tertentu bisa kembali lagi jadi yang semula..
paling gampang es mencari jadi air,, nah kalo di dinginnin  sampai jadi beku akan jadi es lagi...
paling mudahnya begitu..
kalao kimia akan berubah total, karena pada materi yang baru terjadi pembentukan struktur atom yang berbeda dari sebelumnya..
seperti kayu yang di bakar,, kan jadi abu tuh,, ak mungkin dong kita bisa balikan lagi jadi kayu dengan proses yang sedrhana, seperti di dinginkan atau di bekukan... tetap akan jadi abu..

Offline galihutomo

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 184
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • Ayo kita kuasai Dunia....
    • Media Belajar Online
Re: perubahan wujud
« Jawab #9 pada: Mei 01, 2010, 02:28:21 PM »
@Christyo : truss beras ditumbuk jadi tepung menurutmu perubahan apa...?

setahuku sih fisika... klo bener fisika ....emang kmu bisa merubah tepung jadi beras lagi..??

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: perubahan wujud
« Jawab #10 pada: Mei 02, 2010, 01:07:40 AM »
@Christyo : truss beras ditumbuk jadi tepung menurutmu perubahan apa...?

setahuku sih fisika... klo bener fisika ....emang kmu bisa merubah tepung jadi beras lagi..??
beras jadi tepung itu peristiwa apa ya?...mencair, menyublim atau.... >:D

Offline galihutomo

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 184
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • Ayo kita kuasai Dunia....
    • Media Belajar Online
Re: perubahan wujud
« Jawab #11 pada: Mei 02, 2010, 04:31:43 AM »

beras jadi tepung itu peristiwa apa ya?...mencair, menyublim atau.... >:D

Hhe.... gak masuk semuanya deh..... tapi emang terjadi perubahan kan??


Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: perubahan wujud
« Jawab #12 pada: Mei 03, 2010, 11:45:30 AM »
wah, ntu mah cuma pertikelnya diperkecil...sama aja kyak gula. ada gula pasir, ada gula halus. cuman ukurannya yg beda...

Offline hawari

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 57
  • IQ: 30
Re: perubahan wujud
« Jawab #13 pada: Mei 06, 2010, 03:24:42 AM »
yups sepakat.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
25 Jawaban
29201 Dilihat
Tulisan terakhir April 27, 2009, 08:24:52 AM
oleh HyawehHoshikawa
12 Jawaban
6501 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 06, 2010, 05:06:57 AM
oleh Astrawinata G
1 Jawaban
2653 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 09, 2010, 03:58:43 AM
oleh raiiiz
14 Jawaban
8263 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 19, 2011, 12:49:02 AM
oleh faenscy
1 Jawaban
4749 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 09, 2011, 04:21:53 AM
oleh superstring39